Belajar Java Pemula: Dasar dan Hal yang Perlu Dipersiapkan

Bahasa pemrograman pada masa sekarang ini memang ada banyak sekali pilihannya, salah satu yang cukup populer itu adalah Jawa. Belajar Java pemula menjadi salah satu hal yang mungkin dibutuhkan untuk bisa membuat program atau juga membuat aplikasi. Mempelajarinya memang tidak bisa sembarangan dan harus dilakukan dengan baik dan benar supaya bisa menguasainya dengan baik.

Bahasa pemrograman Java ini pun sudah menjadi salah satu bahasa pemrograman yang wajib dipelajari di berbagai kampus di Indonesia. Ini adalah bahasa pemrograman yang asli untuk membuat aplikasi android, dan perkembangannya saat ini pun sangat terlihat. Pada kesempatan kali ini kami akan coba jelaskan beberapa tips untuk kalian bisa belajar Java pemula.

belajar java pemula

Pengetahuan Dasar Belajar Java Pemula

Tips yang pertama itu adalah kalian itu harus memahami terlebih dahulu mengenai beberapa pengetahuan dasar mengenai Java. Apabila kalian menginginkan untuk belajar java pemula, maka ada beberapa poin yang terbilang cukup penting yang menjadi pengetahuan dasar pada Java. Pengetahuan ini menjadi dasar yang sangat penting, supaya kalian itu nantinya bisa memahami dan menguasai Java dengan baik.

Ada beberapa poin penting dan juga mendasar memang pada bahasa pemrograman Java yang mesti kalian pahami dengan baik. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa poin mendasar tersebut yang memang harus kalian ketahui bila ingin belajar Java pemula.

  • Mengenali Java

Java adalah bahasa pemrograman yang berada satu tingkat di atas C++ meskipun memang masih menggunakan orientasi objek. Teknik pemrograman dengan orientasi objek memang menjadi salah satu dasar yang harus kalian pahami untuk mempelajari Java. Objek ini akan membungkus fungsi dan variabel dan setiap objek akan berkomunikasi untuk membangun sebuah program tertentu.

  • Object

Objek itu adalah sesuatu yang memiliki keadaan dan juga memiliki perilaku seperti soal warna dan juga kegiatan yang dilakukan. Objek ini pun merupakan instance dari Class pada program Java ini.

  • Class
Baca Juga:  Presentasi Adalah: Pengertian, Tujuan dan Struktur

Class itu adalah sebuah konsep yang akan mendeskripsikan yang didukung oleh tipe kelas yang bersangkutan.

  • Method

Penulisan logika dan juga pengolahan data itu akan dilakukan pada Method di dalam bahasa pemrograman Java ini. Setiap kelas yang ada di dalam bahasa pemrograman Java ini akan memiliki Method.

  • Variable Instance

Pada belajar java pemula, bahasa pemrograman Java itu ada yang namanya variabel unik pada sebuah objek tertentu. Variabel Instance dengan nilai-nilai yang dimasukkan ke dalam variabel itu akan mempengaruhi keadaan dari suatu objek.

Pengetahuan dasar ini akan membangun kerangka berpikir kalian dalam mempelajari bahasa pemrograman Java itu seperti apa. Kalian pun akan bisa memahami konsepnya dan pada akhirnya akan bisa mempergunakan dan juga menguasai Java ini dengan lebih baik. Dalam belajar Java beberapa poin di atas adalah dasar yang sangat penting untuk dipelajari.

Perangkat yang Perlu Dipersiapkan

Dalam belajar java pemula, bahasa pemrograman Java itu sendiri memang tidak bisa sembarangan, ada beberapa perangkat yang harus dipersiapkan. Setelah kalian sudah memahami beberapa poin dasar, maka kalian pun harus tahu peralatan dan juga perangkat yang harus kalian siapkan. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa perangkat yang harus kalian miliki supaya bisa belajar Java pemula dengan baik dan lancar.

  • Java Development Kit
belajar java pemula

Java Development Kit ini memang menjadi salah satu tools yang harus kalian install untuk bisa membuat program dengan Java. Di dalam tools tersebut sudah ada banyak sekali library yang bisa kalian pergunakan untuk membuat program dengan bahasa pemrograman Jawa. Semua Library tersebut akan bisa mendukung penyusunan program agar supaya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Langkah pertama adalah kalian kunjungi link URL Oracle dan kemudian klik versi Java yang kalian ingin pergunakan. Selanjutnya cari link download Java yang sesuai dengan sistem operasi yang sedang kalian pergunakan. Setelah itu kalian tinggal download dan juga kemudian install tools Java Development Kit ini.

  • Integrated Development Environment
Baca Juga:  Macro Excel: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Tools yang berikutnya adalah Integrated Development Environment yang didesain untuk terintegrasi dengan teks editor. Tools ini akan terintegrasi juga dengan kompilasi file, komponen visual, dan juga performing yang sangat membantu pada penyusunan program. Saat akan belajar Java kalian itu harus memiliki Integrated Development Environment yang bisa membantu proses penyusunan program.

Ada 2 jenis IDE yang bisa kalian gunakan sebenarnya, berikut ini kami akan coba jelaskan keduanya seperti apa.

NetBeans

NetBeans adalah IDE di bahasa pemrograman Java yang memang cukup populer dan memiliki kelebihan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh NetBeans yang membuat IDE ini pun jadi banyak digunakan oleh programmer Java.

  1. Memiliki hampir semua plugin yang dibutuhkan untuk menyusun program seperti database driver, Applet Form, dan masih banyak lagi.
  2. Memiliki fitur yang sangat lengkap dan segalanya bisa dibilang serba otomatis.

Ada kekurangan pada IDE NetBeans yang harus kalian pahami yakni membebani sistem karena muatannya cukup berat.

Eclipse

belajar java pemula

IDE kedua yang mungkin tidak terlalu populer adalah Eclipse, ini karena tidak ada plugin yang lengkap di dalam IDE tersebut. Orang jadi perlu untuk mencari plugin tambahan atau bekerja secara manual apabila menggunakan IDE ini, dan hal itu membuatnya tidak populer. Tapi sebenarnya ada beberapa kelebihan yang dimiliki Eclipse yang layak menjadi pilihan IDE untuk kalian yang akan membuat program atau belajar Java.

  1. Memiliki konfigurasi yang mudah
  2. Memiliki segudang fitur dan juga library jadi bisa diandalkan membuat aplikasi android
  3. Performa sistem tidak akan terbebani karena proses kerja Eclipse tidak terlalu berat

Eclipse ini adalah IDE yang sebenarnya tepat untuk kalian yang sudah cukup mahir dalam bahasa pemrograman Java.

Media Mempelajari Java

Dalam mempelajari Java sendiri sebenarnya ada beberapa media yang bisa kalian pergunakan terutama di jaman modern seperti sekarang. Kalian bisa mencari beberapa media belajar java pemula yang mungkin membuat kalian nyaman dan juga lebih tenang dalam belajar. Berikut beberapa pilihan metode belajar.

  • Tutorial Online
Baca Juga:  Mempelajari Rumus Penjumlahan Excel

Media yang pertama itu adalah tutorial online, ini adalah salah satu media belajar java pemula yang saat ini sangat marak dilakukan. Sudah ada banyak sekali video yang menjelaskan tutorial mengenai bahasa pemrograman Java yang mungkin bisa kalian tonton. Ilmu dan penjelasannya pun cukup detail, jadi sudah pasti kalian akan bisa menguasainya dengan baik.

  • Kursus Online

Media yang kedua adalah kursus online, hampir sama dengan tutorial online namun kursus online ada guru yang akan menjelaskan. Kalau kalian mencari kursus online, maka kalian itu harus mencari yang kualitasnya terbaik seperti di Coding Studio yang bisa kalian kunjungi. Kalian akan bisa belajar Java pemula dengan lebih baik dan maksimal bila kalian kursus online di link tersebut. Klik disini untuk info lebih lengkap tentang kursus Java!

Related Articles