9 Hacker Indonesia Paling Ditakuti Kepresidenan dan NASA

Kemunculan hacker indonesia yang dikenal dengan nama Bjorka ini telah menggemparkan seluruh warganet yang ada di jagat maya namun tahukah kamu ternyata sebelum Bjorka sudah ada beberapa hacker Indonesia yang juga menghebohkan semua masyarakat Indonesia di dunia maya. Aksinya juga tak kalah viral, nah sebelum mengenal siapa saja hacker tersebut kamu juga perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan hacker itu sendiri.

hacker indonesia

Peretas atau yang sering disebut sebagai hacker merupakan sebutan untuk seseorang yang mempunyai keamanan bisa menembus sistem keamanan suatu jaringan komputer tanpa izin dari si pemilik aslinya.

Jadi, karena hal yang dilakukan tersebut hacker bisa mendapat akses data dengan tujuan yang bermacam-macam mulai untuk mengetes sistem keamanan yang dimiliki suatu situs sampai bertujuan melakukan tindakan kriminal. Hal inilah yang ditakutkan karena tindak kriminal bisa bermacam-macam bentuknya.

Daftar Hacker Indonesia Viral di Masanya yang Paling Ditakuti

Di bawah ini merupakan beberapa hacker Indonesia telah berhasil membobol situs Kepresidenan Negara hingga NASA.

hacker indonesia
  • HMEI7

Hacker Indonesia nomor satu yang paling ditakuti adalah HMEI7. Di kalangan hacker, HMEI7 sangat disegani karena mendapat julukan Master Of Mass Defacer dan telah terpampang di zone-h. Beberapa situs besar telah berhasil diretas di antaranya pizza hut, IBM bahkan HMEI7 juga berhasil mengacak-acak beberapa situs terkenal seperti blog dan juga wordpress.

Sebagai Master of Mass Defacer, HMEI7 terbukti telah berhasil melumpuhkan 294402 web yaitu 139721IP tunggal dan juga 154681 deface massa menurut zone-h.org. Aksi ini telah dilakukan HMEI7 sejak tahun 2001 dan hingga saat ini dikabarkan belum diketahui identitas pasti dari hacker HMEI7.

  • XSVSHACKER

Hacker indonesia selanjutnya yang sangat viral adalah XSVSHACKER, hacker ini telah melancarkan aksinya di tahun 2011 dan telah meretas database dari server NYPD dan juga CIA. Sangat hebat sekali aksi hacker yang satu ini karena telah berhasil meretas badan intelijen Amerika Serikat. Kabarnya XSVSHACKER telah mencuri data penting dan defacing ke hampir 430.000 situs di seluruh dunia salah satunya kepresidenan Israel bahkan XSVSHACKER juga pernah meretas database dari game terkenal yaitu Zynga.

  • Jim Geovedi
Baca Juga:  Apa itu Autentikasi? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya bagi Keamanan Data

Jim Geovedi menjadi salah satu hacker Indonesia yang paling ditakuti karena pernah mengubah arah orbit dua satelit milik Indonesia dan Tiongkok. Nah namun kenyataannya ternyata pada awalnya Jim hanya melakukan pengecekan pada kondisi sistem keamanan yang dimiliki satelit Indonesia itu sendiri dan pada akhirnya merubah arah orbitnya. Jim juga dikenal sebagai legenda hacker Indonesia karena keahlian luar biasa yang dimiliki ini ternyata berasal dari hasil belajar otodidaknya selama ini.

  • Bio666x

Hacker selanjutnya yang berasal dari Indonesia adalah Bio666x yang memiliki nama asli Yogi Nugraha, di tahun 2019 hacker ini telah berhasil mematikan jaringan yang ada di Malaysia. Menariknya hacker yang satu ini saat menjalankan aksinya masih berusia 19 tahun.

Yogi Nugraha juga kala itu pernah ikut berpartisipasi ikut dalam perang cyber yang dilakukan antara Indonesia dan Australia dan dikabarkan berhasil melakukan deface terhadap website resmi yang dimiliki negara kanguru itu.

Yogi telah dikenal dari aksi meretas web resmi Australia ini dan juga pernah meretas data penting dari kemiliteran Singapura hingga 1700 web telah diretas.

  • Xnuxer

Hacker Xnuxer yang memiliki nama asli Dani Firmansyah ini pernah membuat heboh tanah air di tahun 2004. Pada aksinya itu Xnuxer diketahui berhasil membobol web dari KPU yaitu kpu.go.id dengan menggunakan cara XSS dan juga SQL injection. Hal yang dilakukan adalah berhasil membuka ke-24 nama partai politik yang meramaikan pemilu saat itu.

Kemudian Xnuxer diketahui mengganti nama-nama peserta pemilu di tahun 2004 itu dengan nama buah dan aksinya ini berhasil diketahui hingga akhirnya dijatuhi hukuman yaitu 7 bulan penjara. Saat ini Dani Firmansyah alias Xnuxer telah menjadi Co-Founder dari perusahaan yang bekerja di bidang jasa teknologi informasi.

hacker indonesia
  • Pak Made

Hacker dari Indonesia selanjutnya adalah Pak Made yang memiliki nama lengkap I Made Wiryana. Pak Made ini telah mendapatkan pengakuan dari seluruh dunia karena aksinya dapat dilancarkan hanya dalam hitungan detik saja. Jadi hacker yang satu ini pernah ditugaskan sebagai Cyber Paspampres RI di era Bapak SBY.

Baca Juga:  Pentingnya Keamanan Data bagi Suatu Bisnis

Tugas sebagai cyber Paspampres RI ini adalah untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan masalah maintenance web maupun server dan saat itu Pak Made telah berhasil melakukan back up server kepresidenan dalam hitungan detik yang disebutkan tadi dan terhindar dari serangan DDoS. Tidak hanya dikenal sebagai hacker saja namun pak Made juga merupakan seseorang yang pertama kali melakukan perkembangan Linux di tanah air.

  • Putra Aji Adhari

Hacker selanjutnya merupakan hacker terviral di seluruh di dunia karena hacker Indonesia yang satu ini diketahui berhasil membobol situs NASA saat berusia 15 tahun di tahun 2019. Hacker asal Jakarta Selatan ini diketahui sudah mulai meretas sejak umur 12 tahun. Bocah yang dikenal jenius ini dikategorikan sebagai white hat hacker karena peretasan yang dilakukan ini secara sengaja untuk mengetahui celah kelemahan yang dimiliki.

Kemudian setelah mengetahui celah kelemahannya ini, Putra akan memberi tahu kepada si pemilik situs untuk memperbaikinya. Pada usia yang masih belia ini karena kejeniusan yang dimiliki Putra sempat diajak untuk melakukan kerja sama dengan salah satu start-up untuk menduduki posisi CTO namun ajakan tersebut ditolak karena tentunya Putra akan fokus menyelesaikan pendidikannya terlebih dahulu.

  • Mr Dick

Hacker asal Indonesia selanjutnya diketahui merupakan putra daerah dari Kalimantan. Kemampuan peretasannya tidak usah ditanyakan lagi karena Mr Dick berhasil meretas ribuan server hanya dalam hitungan detik saja. Kemampuan yang dimiliki inilah yang berhasil membuatnya bekerja di Microsoft dan juga Google untuk saat ini.

  • E5a_CYB3R

Masih berkaitan dengan sistem keamanan KPU, E5a_CYB3R yang memiliki nama asli Erza Jullian ini juga telah berhasil membobol KPU, aksi yang dilakukan adalah merubah tampilan dari situs KPU. Erza diketahui merupakan anggota dari grup hacker Manusia Biasa Team dan juga Anonymous Hacker Indonesia.

Itulah kesembilan hacker asal Indonesia yang paling ditakuti dan viral pada masanya dan telah melancarkan aksi yang sangat mencengangkan hingga ke seluruh dunia. Jika dilihat aksi hacker ini ada yang merugikan dan ada juga yang menguntungkan. Hal tersebut karena seperti yang diketahui untuk hacker itu sendiri dibagi menjadi beberapa bagian. Seperti yang disebutkan tadi ada white hat hacker dan juga black hat hacker. White hat hacker ini ternyata dikenal sebagai hacker yang masih bisa diajak kerja sama dengan si pemilik situs aslinya dan masih banyak lagi jenis dari hacker itu sendiri. Belajar tentang hacker lebih mudah cek link ini ya!