Apa itu NOC (Network Operation Center)? Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Apa itu NOC (Network Operation Center) Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

Pemahaman akan teknologi masa kini dinilai sangat penting apalagi jika teknologi tersebut diproyeksikan untuk kepentingan bisnis sebuah perusahaan. Demi menjaga stabilitas jaringan komputer sebuah perusahaan, NOC adalah sebuah perangkat infrastruktur yang tepat untuk digunakan oleh perusahaan demi kelangsungan bisnis yang dijalankan.

Bisa dikatakan jika NOC memegang peranan yang cukup penting dalam menjaga dan mengelola jaringan di dalam sebuah perusahaan. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan diulas secara tuntas mengenai pengertian, fungsi, manfaat hingga cara kerja dari NOC.

Pengertian dari NOC

Apa itu NOC? Dilihat dari definisinya, pengertian NOC atau Network Operation Center sendiri merupakan sebuah ruang kendali yang bertanggung jawab dalam melakukan pemantauan, pengoperasian dan pencatatan segala jenis aktivitas dalam jaringan. Adanya perangkat ini memungkinkan sistem jaringan beroperasi sebagaimana mestinya seperti yang diinginkan.

Pengertian dari NOC

Fungsi Utama NOC bagi Sebuah Perusahaan

Dalam sebuah perusahaan, NOC diketahui memiliki berbagai fungsi utama yang cukup krusial bagi suatu perusahaan. Adapun beberapa fungsi NOC dapat Anda simak langsung melalui pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Memantau jaringan secara real time

Fungsi pertama NOC yaitu melakukan pemantauan secara terstruktur terhadap seluruh jaringan serta hardware pada jaringan komputer sebuah perusahaan. Pemantauan ke seluruh jaringan ini meliputi arus lalu lintas data dalam jaringan dan performa hardware dan software dalam jaringan serta menjaga agar tidak terjadi kendala dalam jaringan.

Baca Juga:  Bootcamp Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

2. Mengatasi segala jenis gangguan teknis dalam jaringan

Bila terjadi gangguan atau kesalahan teknis dalam jaringan, NOC bertanggung jawab untuk melakukan reaksi yang cepat dalam mengatasi masalah tersebut. NOC akan berusaha untuk mengidentifikasi, melakukan isolasi hingga melakukan perbaikan guna mengatasi gangguan tersebut sehingga jaringan dapat berjalan dengan normal kembali.

3. Mengatur dan mengelola aliran lalu lintas data

Dalam sebuah jaringan terdapat aliran lalu lintas data yang bergerak setiap saat. Dalam hal ini NOC membantu dalam mengatur dan mengelola aliran lalu lintas data dalam jaringan tersebut serta memastikan jika aliran data tersebut dapat berjalan dengan lancar dan normal seperti biasanya.

4. Melakukan pemeliharaan terhadap hardware

Selain itu fungsi lain dari NOC adalah membantu dalam memelihara agar perangkat keras atau hardware yang tersambung ke dalam jaringan yang digunakan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Perangkat keras ini sendiri meliputi server, router, switch dan berbagai jenis hardware lain yang terhubung langsung ke dalam jaringan.

5. Manajemen kapasitas jaringan

NOC juga terlibat dalam mengatur kapasitas yang digunakan dalam sebuah jaringan. Di samping itu, NOC juga berperan dalam meningkatkan kapasitas dalam jaringan jika diperlukan. Hal ini membantu agar jaringan tidak mengalami gangguan teknis akibat dari kelebihan kapasitas dalam jaringan.

6. Memastikan keamanan dalam jaringan

Di sisi lain, NOC juga memiliki fungsi dalam menjaga keamanan dalam jaringan. Hal ini meliputi aktivitas yang mencurigakan dalam jaringan dan berbagai ancaman serangan siber lain yang mengganggu sistem jaringan. Adanya NOC sedikit banyak membantu meminimalisir kerusakan dan kegagalan sistem akibat serangan siber.

Manfaat Penggunaan NOC pada Sebuah Perusahaan

Manfaat Penggunaan NOC pada Sebuah Perusahaan

Penggunaan NOC yang tepat dapat memberikan beragam manfaat penting, khususnya bagi sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat NOC yang perlu Anda ketahui.

1. Perusahaan menjadi lebih produktif

Karena seluruh pengelolaan dan manajemen jaringan diserahkan sepenuhnya kepada NOC, maka perusahaan menjadi lebih fokus dan konsentrasi dalam meningkatkan dan mengembangkan bisnis. Secara garis besar adanya NOC membuat produktivitas sebuah perusahaan menjadi lebih efisien.

Baca Juga:  Apa Itu Spyware? Pengertian, Jenis dan Cara Mencegahnya

2. Mengidentifikasi masalah pada jaringan dengan cepat

NOC juga membantu mengidentifikasi masalah atau gangguan pada jaringan dengan respon yang relatif cepat. Dengan reaksi dan respon yang cepat ini memungkinkan perbaikan akan gangguan dan masalah tersebut menjadi lebih cepat dan efektif.

3. Membuat keamanan dalam jaringan meningkat

Secara tidak langsung penggunaan NOC juga membantu meningkatkan keamanan, terutama keamanan di dalam jaringan. NOC sendiri mampu mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang dinilai mencurigakan di dalam jaringan. Hal ini membantu menghindarkan potensi masalah yang lebih besar akibat serangan siber tersebut.

Cara Kerja dari NOC

Cara Kerja dari NOC

Cara kerja NOC sendiri dalam sebuah jaringan memiliki beberapa langkah dan juga tahapan. Langkah-langkah dan tahapan tersebut dapat Anda lihat dan pahami di bawah ini.

1. Melakukan pengawasan dan pemantauan

Langkah yang pertama dari prosedur NOC adalah melakukan pengawasan serta pemantauan secara menyeluruh di dalam sebuah jaringan. Pada umumnya pengawasan dan pemantauan dilakukan secara berkala guna meminimalisir segala macam gangguan yang berpotensi memiliki dampak yang buruk pada jaringan.

2. Proses pendeteksian gangguan dan masalah

Jika dalam pengawasan dan pemantauan terdapat gangguan dan masalah, dengan segera NOC akan melakukan identifikasi masalah yang terjadi. Proses identifikasi dan deteksi berlangsung cepat supaya gangguan dan masalah yang terjadi dalam jaringan tidak memberikan kerusakan lebih lanjut dalam jaringan.

3. Penyelesaian gangguan dan masalah

Setelah gangguan dan masalah terdeteksi dan teridentifikasi, NOC akan langsung melakukan menyelesaikan gangguan dan masalah yang terjadi. Secara umum NOC dapat memecahkan masalah sendiri maupun berkoordinasi dengan administrator atau tim teknisi.

4. Melakukan pemeliharaan secara berkala

Selain melakukan pengawasan dan penanganan gangguan dan masalah, NOC juga umumnya akan melakukan pemeliharaan secara berkala. Pemeliharaan ini membantu agar jaringan terhindar dari gangguan dan masalah di masa yang akan datang.

Melalui pembahasan tersebut, terbukti jika NOC adalah suatu perangkat yang cukup penting dalam menjaga dan memelihara jaringan dalam sebuah perusahaan. Jika Anda ingin mempelajari NOC dan berbagai bidang IT lainnya, Anda bisa langsung mengikuti kursus IT di Coding Studio.

Related Articles