Mengolah Data: Alat dan Aplikasi yang Digunakannya

diagram batang

Siapa yang tidak kenal dengan komputer? Hampir sebagian besar orang pasti sudah mengetahui dan melihat secara langsung bentuk dari komputer. Komputer sendiri merupakan suatu alat elektronik yang dapat digunakan untuk menerima input, mengolah input, menggunakan suatu program untuk mengolah data yang bekerja secara otomatis. Nah, di sini akan kami bahas mengenai pengertian, beberapa alat, serta aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah suatu data. Yuk simak artikelnya!

Apa Itu Mengolah Data?

mengolah data

Sebelum membahas mengenai alat dan aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan mengolah data, maka kita perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. Adapun yang di maksud dengan pengolahan data ialah sebuah manipulasi terhadap data ke dalam suatu bentuk data yang lebih berguna yang berupa suatu informasi. Adapun siklus yang dilakukan suatu alat seperti komputer dalam mengolah data ialah:

1. Origination

Pada tahap origination ini ialah tahap yang berhubungan dengan proses pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan data ke dalam suatu dokumen dasar. Contohnya ialah catatan hasil pengamatan awal

2. Input

Pada tahap ini merupakan suatu tahapan untuk memasukkan data yang ada pada tahap origination ke dalam proses komputer melalui suatu alat input.

3. Processing

Tahap selanjutnya ialah tahap processing. Tahapan ini merupakan tahapan proses pengolahan dari data yang telah di masukkan pada tahap input ke alat pemroses, selanjutnya data hasil proses biasanya akan tersimpan ke dalam storage.

4. Storage

Tahap storage ini merupakan tahap yang berupa proses perekaman dari hasil pengolahan. Hasil yang didapatkan biasanya akan tersimpan di dalam storage, adapun hasilnya dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses-proses selanjutnya.

Baca Juga:  Hashtag: Pengertian, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

5. Output

Tahap output ini merupakan proses yang menghasilkan output dari hasil pengolahan suatu data ke alat output dalam bentuk informasi yang bermanfaat.

6. Distribution

Tahap ini merupakan tahapan proses dari distribusi output kepada pihak yang membutuhkan informasi tersebut.

Perkembangan Komputer sebagai Alat Mengolah Data

mengolah data

Komputer yang saat ini kita lihat dan temui merupakan suatu hasil dari evolusi yang panjang dari penemuan-penemuan yang dilakukan oleh orang-orang terdahulu yang berupa suatu alat mekanik maupun elektronik. Adapun perkembangan dari komputer terbagi menjadi 4 yaitu:

1. Komputer generasi 1

Pengolahan data komputer generasi pertama menggunakan vacuum tube atau tabung vakum yang digunakan dalam memproses serta menyimpan sebuah data. Adapun besar dari tabung vakum ialah seukuran lampu kecil, kelemahan dari tabung vakum sendiri ialah cepat panas serta mudah terbakar.

2. Komputer generasi 2

Setelah komputer generasi pertama, selanjutnya ada komputer generasi kedua yang menggunakan sebuah dioda dan transistor sebagai pengganti vacuum tube yang cepat panas serta mudah terbakar. Di komputer generasi kedua ini cara baru dalam menyimpan suatu data mulai diperkenalkan yaitu dengan penyimpanan magnetik.

Penyimpanan magnetik ini dilakukan dengan memakai besi-besi lunak yang dililit kawat. Adapun kecepatan yang dihasilkan oleh komputer generasi kedua ini lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Selain itu, komputer generasi kedua juga telah menggunakan bahasa tingkat tinggi yaitu COBOL dan Foltran.

3. Komputer generasi 3

Perkembangan komputer selanjutnya ialah komputer generasi ketiga yang dikembangkan dengan mengombinasikan beberapa komponen pada suatu tempat. Tampilan komputer pada generasi ketiga juga telah disempurnakan. Selain tampilannya yang sudah semakin baik, komputer generasi ini memiliki penyimpanan memori yang lebih besar dari komputer generasi sebelumnya dan diletakkan di luar.

Pada komputer generasi ketiga ini juga telah diperbaharui, di mana penggunaan listrik juga lebih hemat. Selain itu, ukuran fisik dari komputer juga lebih kecil untuk bisa menghemat ruang. Pada komputer generasi ke 3 ini mulai menggunakan suatu komponen atau parts IC yang sekarang biasa disebut dengan chip.

Baca Juga:  6 Cara Mengatasi Error 400 Bad Request Server

4. Komputer generasi 4

Sedangkan untuk pengolahan data komputer generasi keempat menggunakan IC atau Chip untuk mengolah dan menyimpan data. Komponen yang digunakan untuk generasi empat lebih canggih dibandingkan dengan generasi sebelumnya sebab di dalamnya ada ratusan ribu parts transistor.

Teknologi IC yang digunakan pada komputer generasi 4 dapat membedakan antara komputer mikro, komputer mini dan juga main frame. Adapun beberapa teknologi dari IC generasi ini seperti prosesor, Celeron, Pentium 1, Pentium II, III, dan IV, Core to Duo serta Dual Core.

Aplikasi untuk Mengolah Data

Setelah mengetahui alat yang biasa digunakan untuk melakukan pengolahan data, maka kita juga perlu mengetahui berbagai aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah data. Adapun beberapa aplikasi yang digunakan untuk mengolah suatu data di antaranya ialah:

1. Microsoft Word

Microsoft Word merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengolah data berbasis teks yang sering digunakan untuk keperluan dalam pembuatan laporan, proposal, skripsi, artikel dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga dibekali dengan tools yang sudah sangat lengkap. Selain untuk mengolah data yang berbasis kata, Microsoft Word juga bisa dilakukan untuk melakukan pengolahan yang berbasis angka.

2. Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang biasa digunakan untuk melakukan pengolahan suatu data yang berupa angka. Pada aplikasi ini, pengolahan suatu data yang berupa angka dilakukan dengan menggunakan rumus atau formula khusus untuk memudahkan pengguna dalam melakukan perhitungan angka.

Ms. Excel juga telah dilengkapi dengan fitur tabel dan grafik yang dapat membuat suatu tampilan data menjadi lebih rapi dan mudah untuk dicermati. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk orang-orang yang bekerja dalam bidang finance untuk mencatat sebuah catatan keuangan.

3. Oracle database

Aplikasi lainnya yang juga digunakan untuk mengolah data selanjutnya ialah Oracle database. Aplikasi Oracle ini memiliki kemampuan dalam menyimpan data dalam jumlah yang sangat besar yaitu sampai terabyte. Oracle database juga memiliki kemudahan dalam penggunaannya serta memiliki tingkat akurasi yang lebih akurat dibandingkan dengan aplikasi lain yang sejenis dengannya.

Mekanisme yang Dilakukan Oleh Aplikasi Pengolah Data

mengolah data

Seperti mekanisme yang lainnya, aplikasi yang digunakan untuk mengolah data juga memiliki mekanisme yang hampir mirip dengan mekanisme dari pengolah datanya. Secara sederhana, mekanisme yang dilakukan untuk pengoperasian dari aplikasi pengolah data terbagi menjadi tiga bagian yaitu input, data processing dan output.

Baca Juga:  Contoh Paper Kuliah dengan Struktur yang Benar

1. Input

Merupakan mekanisme memasukkan data yang akan di olah

2. Data processing

Merupakan suatu tahapan di mana data di olah sedemikian rupa untuk bisa mendapatkan informasi dengan tampilan yang lebih sederhana

3. Output

Merupakan hasil dari data yang telah di proses, di mana data yang dihasilkan merupakan suatu informasi.

Ya, itulah beberapa informasi yang bisa disampaikan mengenai pengolahan data, alat dan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengolah data. Di zaman yang serba canggih ini pengetahuan mengenai teknologi komputer sangat diperlukan karena segala lini kehidupan membutuhkan teknologi tersebut. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca khususnya bagi kalian yang sedang mendalami teknologi secara mendetail. Selamat belajar!

Tertarik mengikuti kursus Data Analytic, cek promonya di Coding Studio

Related Articles