Belajar Data Science Sendiri, Apakah Bisa?

Apa yang terlintas di pikiran kita ketika mendengar kata data science? Sebagian orang pasti sudah mengetahuinya, akan tetapi banyak juga yang pasti belum mengetahuinya. Nah, untuk data science sendiri ialah multidisiplin ilmu yang akan mempertemukan programming, statistik serta domain pengetahuan tertentu. Belajar data science sendiri? tentunya bisa dong! kita bisa mempelajarinya sendiri secara otodidak atau dengan mengikuti kursus tertentu.

belajar data science sendiri

Beberapa Tahapan dalam Belajar Data Science Sendiri

Kemajuan teknologi serta kemudahan dalam berinternet menjadikan segala macam ilmu dan metode bisa dipelajari secara otodidak karena berbagai informasi saat ini tersedia sangat luas. Hal ini sangat bisa dimanfaatkan untuk kita belajar data science. Adapun beberapa tahapan yang perlu kita perhatikan ketika belajar data science sendiri, diantaranya ialah:

belajar data science sendiri
  • Mempelajari dan menguasai kompetensi dasar dari data science

Tahap pertama dalam belajar data science sendiri ialah mempelajari serta menguasai kompetensi dasarnya, adapun dasar-dasar yang perlu dipahami seperti probabilitas, linear algebra, dan kalkulus. Dengan memahami linear algebra maka kita bisa dapat memahami apa yang terjadi dibalik sejumlah tahap coding, bahkan suatu saat kita bisa melakukan coding sendiri.

Selanjutnya dalam data science probabilitas juga merupakan suatu fondasi yang sangat penting, dimana dalam ilmu matematika probability digunakan untuk mengukur suatu ketidakpastian. Selanjutnya ialah kalkulus dimana kalkulus merupakan bidang ilmu yang sangat penting dalam memainkan peran integral dalam banyak algoritma suatu machine learning.

  • Memahami perbedaan peran dari tiap profesi dalam bidang data

Dalam belajar data science sendiri, perlu diketahui umumnya terdapat berbagai profesi yang ada di dalamnya, adapun beberapa profesi tersebut seperti data scientist, data engineer, data analyst, business analyst, developer, serta developer operations. Semua jenis profesi tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan, akan tetapi walaupun memiliki banyak perbedaan tugas akan tetapi bisa saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya, dengan kita bisa membedakan tugas yang lain nya, maka kita akan lebih terfokus kan pada job desk kita sendiri.

Baca Juga:  Belajar Database: Ini dia Query untuk Membuat Tabel!

Sebagai salah satu contohnya ialah data analyst merupakan orang yang bertanggung jawab hanya untuk proses analisis data, hal ini tentunya akan berbeda dengan data scientist yang bertugas untuk menganalisis sebuah data sampai dengan melakukan pembuktian hingga kesimpulan.

  • Meningkatkan kompetensi

Tahap lain dalam belajar data science sendiri ialah dengan selalu meningkatkan kompetensi yang ada dengan terus belajar, bagi yang ingin mempelajarinya tanpa harus mengeluarkan biaya kita bisa mempelajarinya secara otodidak saja, akan tetapi hal ini perlu memakan waktu yang cukup lama karena mempelajari data science merupakan suatu hal yang rumit dan kompleks.

Akan tetapi jika kita ingin bisa menguasai data science dengan mudah dan cepat maka kita bisa meningkatkan kompetensi yang ada dengan mengikuti beberapa kursus yang tersedia, karena dengan belajar secara kursus maka kita akan dipandu oleh orang yang ahli dalam bidang tersebut, serta diberi arahan yang sistematis sehingga proses pembelajaran akan berlangsung lebih efektif dan cepat.

  • Kenali machine learning

Langkah selanjutnya ialah kita perlu dalam belajar data science sendiri adalah mempelajari berbagai teori mengenai model machine learning dan mencobanya secara otodidak, dimana kita bisa memulainya dengan mengerjakan proyek data kita sendiri.

Salah satu cara untuk bisa membuat data, maka kita perlu mengunduh beberapa dataset yang tersedia pada platform, selanjutnya bisa kita coba untuk dilakukan analisis dan prediksi dengan menggunakan machine learning. Dengan langsung mengerjakan proyek, maka kita bisa memiliki pengalaman yang dapat menguatkan pemahaman kita terkait dengan konsep dan teori yang sedang dipelajari.

Beberapa Tips Belajar Data Science Sendiri

belajar data science sendiri

Perkembangan teknologi saat ini yang sangat pesat sehingga menghasilkan jumlah data yang sangat besar untuk setiap waktunya. Hal tersebut menjadikan perusahaan untuk bisa mengelola data yang ada dengan menerapkan data science agar data dapat dikelola dengan maksimal sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan lebih cepat. Bagi kalian yang ingin mengambil peran maka perlu belajar data science sendiri dengan baik. Adapun beberapa tips yang perlu kita lakukan dalam belajar data science dengan mudah untuk para pemula, ialah:

  • Belajar melalui situs edukasi internet
Baca Juga:  Ingin Belajar Data Science? Berikut Toolsnya

Perkembangan teknologi menjadikan kita bisa memiliki kesempatan untuk bisa mempelajari segala sesuatu di internet. Adanya internet dapat kita manfaatkan untuk mempelajari berbagai hal yang ingin dipelajari salah satunya ialah mempelajari data science, kemudahan dalam mengakses internet sehingga kita bisa mendapatkan situs-situs yang mana menyediakan berbagai informasi lengkap terkait dengan data science.

Selain itu, kita juga bisa belajar dengan waktu yang lebih fleksibel, akan tetapi kita perlu memilih suatu situs yang valid dan terpercaya sehingga kita bisa mempelajarinya dengan baik dan benar tanpa adanya kendala yang besar.

  • Memanfaatkan kursus online

Kursus online merupakan solusi yang bisa kita coba untuk dapat memahami dan mendalami data science secara efektif. Data science merupakan salah satu profesi yang sangat menjanjikan di era ini, oleh karena itu untuk dapat menduduki profesinya kita harus bisa menjadi seorang praktisi data yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh suatu industri data.

Kursus data science selain merupakan pembelajaran yang efektif juga biasanya bisa dilakukan secara online sehingga waktunya akan lebih fleksibel serta membantu kita untuk tetap melakukan suatu dengan produktif. Mempelajari data science secara otodidak bukanlah suatu hal mustahil yang bisa kita coba, hanya saja kita hanya belajar teori tanpa praktek, biasanya teori tanpa praktek tidak akan menghasilkan suatu produk yang maksimal, karena salah satu cara untuk mengikat ilmu ialah dengan mempraktekkan nya secara langsung.

  • Aktif mengikuti komunitas data science

Aktif mengikuti berbagai hal yang disediakan oleh komunitas juga merupakan tips mudah mempelajari data science karena dengan begitu kita akan berbagi pengalaman dengan orang yang profesional dalam komunitas tersebut, kita juga bisa bertanya mengenai berbagai hal yang tidak kita kuasai. Cara ini termasuk cara yang disarankan karena dengan cara ini kita bisa mendapatkan pemandu profesional dengan gratis.

Apakah kalian tertarik untuk mempelajari data science? Jika tertarik maka hal yang perlu kita tanamkan ialah niat yang kuat. Karena segala usaha jika tidak diniatkan dengan baik maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Kita perlu membulatkan tekad kita untuk bisa mempelajarinya secara dalam lalu mempraktekkan nya dengan baik dan terus menerus untuk dapat memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan data science.

Baca Juga:  Library Python untuk Data Science

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa belajar data science sendiri dengan mudah secara otodidak. Untuk dapat memudahkan dan mempercepat menguasai mengenai data science ini, Anda bisa mengikuti kursus mengenai data science di Codingstudio.id yang mana metode pembelajaran nya sangat sistematis yaitu dengan video learning, case study, dan project based sehingga membuat kita bisa mempelajarinya dengan cepat dan terarahkan. Klik disini untuk ikut kursusnya dan mulai belajar data science sendiri!

Related Articles