Database PostgreSQL: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Kemampuan mengolah data dalam sebuah sistem atau jaringan komputer merupakan hal yang sangat penting. Untuk dapat mengolah data dengan tepat dan sesuai, tentu peran sebuah database dalam sistem dan jaringan komputer begitu diperlukan. PostgreSQL adalah salah satu database yang bisa menjadi pilihan bagi Anda.

Dengan adanya database yang digunakan dalam sistem maupun jaringan komputer, seluruh data yang terkumpul dapat dengan mudah diolah. Kemudahan dalam proses mengolah data ini selain praktis juga bisa mengurangi biaya yang diperlukan serta lebih hemat dari segi waktu.

Pengertian dari PostgreSQL

Mungkin ada beberapa di antara Anda yang bertanya tentang apa itu PostgreSQL. Untuk memberikan gambaran pada Anda, PostgreSQL merupakan sebuah Object Relational Database Management Systems (ORDBMS) atau disebut juga sistem manajemen basis data relasional. 

Pengertian dari PostgreSQL

Database ini merupakan salah satu perangkat lunak bersifat terbuka atau open source di mana Anda bisa melakukan modifikasi dan perubahan sesuka Anda, bahkan Anda bisa memahami cara menghapus database di PostgreSQL. Selain itu, database ini juga terhitung cukup kuat serta memiliki berbagai macam fitur PostgreSQL yang bisa untuk Anda andalkan dalam mengolah data dalam sistem dan jaringan komputer.

Baca Juga: DBMS (Database Management System): Pengertian dan Fungsinya

PostgreSQL merupakan salah satu database pengolah data yang memiliki kemampuan untuk melakukan proses pengolahan data dari yang mudah hingga rumit sekalipun. Tak heran jika banyak sekali perusahaan-perusahaan berskala besar yang menggunakan PostgreSQL sebagai manajemen database.

Baca Juga:  Mengenal Joomla serta Fitur, Kelebihan dan Cara Installnya

Fungsi dari PostgreSQL

Dengan berbagai fitur yang terdapat dalam PotgreSQL, tak mengherankan jika memiliki beraneka macam fungsi yang berkaitan dengan pemrograman dan pengolahan data. Beberapa fungsi PostgreSQL yang bisa Anda lakukan antara lain sebagai berikut.

1. Sarana menyimpan berbagai data relasional

Anda pasti sudah mengetahui jika PostgreSQL adalah salah satu sistem manajemen basis data relasional. Maka tidak salah jika salah satu fungsi utama dari database ini adalah untuk menyimpan berbagai data relasional dan memungkinkan Anda untuk mengakses ke dalam data tersebut juga.

2. Melakukan modifikasi dan pengelolaan data

Selain itu, melalui database ini Anda juga memiliki kebebasan dalam melakukan modifikasi atau pengelolaan tipe data pada PostgreSQL yang tersimpan maupun menggunakan cara mengganti tipe data di PostgreSQL. Dengan didukung oleh bahasa kueri SQL, Anda bisa mengoperasikan segala jenis bahasa kueri serta melakukan perubahan di dalamnya, bahkan Anda bisa membuat function di PostgreSQL.

3. Berfungsi sebagai prosesor pemrograman

Instalasi PostgreSQL diketahui juga mendukung berbagai macam bahasa pemrograman. Dengan didukung oleh bahasa pemrograman yang ada saat ini memungkinkan Anda untuk membuat berbagai fungsi khusus yang dapat dengan mudah Anda operasikan dalam database.

Cara Kerja dari PostgreSQL

Cara Kerja dari PostgreSQL

Cara kerja PostgreSQL terdiri atas beberapa langkah. Supaya dapat memberikan Anda pemahaman, Anda dapat menyimak pembahasan tentang cara kerja dari PostgreSQL di bawah ini.

1. Permintaan memanipulasi data ke server

Pada permulaan, klien akan melakukan permintaan ke server PostgreSQL untuk melakukan manipulasi atau modifikasi pada data. Hal ini merupakan langkah awal dari prosedur atau cara kerja dari PostgreSQL karena database tersebut merupakan database dengan model client-server.

2. Server merespon dan menjalankan perintah yang diberikan oleh klien

Tahap selanjutnya, server akan menerima dan merespon perintah yang sudah diajukan oleh klien. Tak lama kemudian, server akan mulai menjalankan perintah yang sudah diberikan. Dalam hal ini Anda bisa memberi perintah untuk membuat database PostgreSQL.

3. Hasil diberikan pada klien

Setelah proses menjalankan perintah dari klien telah selesai dikerjakan oleh server, selanjutnya hasil akan diberikan pada klien. Dalam proses ini, terdapat beberapa komponen yang terlibat, antara lain query planner, executor hingga storage manager.

Baca Juga:  Apa itu Cloud Storage? Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan PostgreSQL

Untuk melihat tabel pada database, terdapat cara melihat tabel di PostgreSQL yang bisa Anda lakukan. Di samping itu, terdapat kelebihan dan kekurangan PostgreSQL yang perlu Anda ketahui seperti berikut.

Kelebihan dan Kekurangan PostgreSQL

Kelebihan Penggunaan PostgreSQL

1. Merupakan database yang bersifat terbuka atau open source

Seperti yang diketahui, PostgreSQL adalah database yang memiliki sifat terbuka atau disebut dengan istilah open source. Hal ini menandakan jika Anda dapat dengan leluasa melakukan manipulasi, modifikasi dan perubahan pada database sesuai keinginan dan tujuan Anda.

2. Tidak memerlukan biaya atau gratis

Selain memberikan Anda kebebasan dan keleluasaan dalam memanipulasi dan memodifikasi database, database ini juga dapat Anda gunakan tanpa dipungut biaya sepeserpun. Dalam artian PostgreSQL merupakan database yang gratis dan dapat digunakan oleh setiap orang yang membutuhkan.

3. Cocok untuk sistem dengan skala besar

Kelebihan lainnya dari perintah dasar PostgreSQL yaitu kemampuan menangani sistem dengan skala yang besar. Kemampuan menangani sistem berskala besar menandakan jika database yang satu ini mampu mengelola transaksi dalam jumlah yang besar.

Kekurangan Penggunaan PostgreSQL

1. Memiliki performa yang lambat

Kekurangan dari PostgreSQL ialah performanya yang cenderung lambat. Dengan kemampuan menyimpan data dan proses back up yang dilakukan seiring berjalannya waktu membuat performa database ini kian melambat.

2. Tingkat kepopuleran yang rendah

Meskipun gratis, database ini dinilai kurang menarik dan memiliki tingkat kepopuleran yang lebih rendah dibandingkan database saingannya yang lain.

PostgreSQL adalah database yang kerap dibandingkan dengan saingannya, yaitu MySQL. Terdapat perbedaan MySQL dan PostgreSQL yang perlu Anda ketahui. Salah satu perbedaan tersebut ialah MySQL lebih fokus pada performa serta skala yang besar, sedangkan PostgreSQL mengandalkan banyak fitur yang dapat diandalkan serta kompatibilitas tipe data yang lebih luas.

Nah itu tadi pembahasan mengenai PostgreSQL. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan di bidang IT maka bisa mengikuti kursus IT dari Coding Studio.