7 Rekomendasi Pekerjaan Online di Rumah

pekerjaan online

Banyak mahasiswa maupun karyawan yang merasa butuh uang tambahan. Solusinya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan. Nah, kerja sampingan yang paling cocok untuk mahasiswa dan karyawan adalah melakukan pekerjaan online dari rumah.

Apa itu kerja online? Kerja online adalah semua jenis pekerjaan yang memanfaatkan internet dan dapat dilakukan dari mana saja. Dengan pekerjaan online, maka kamu bisa lebih mudah untuk menyesuaikan dengan jadwal kerja maupun kuliah.

Inilah 7 Rekomendasi Pekerjaan Online Paling Menjanjikan yang Wajib Dicoba

Tertarik untuk menambah penghasilan dengan pekerjaan online? Tentunya ada banyak sekali jenis kerja online yang bisa kamu lakukan dan dapat disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Berikut ini adalah beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan secara online di rumah dengan pendapatan yang cukup menjanjikan.

1. Penulis Lepas

Hampir setiap orang memiliki kemampuan untuk menulis. Hal yang membedakannya hanya bagaimana seseorang tersebut mengekspresikan kalimat dan menyampaikan pikirannya kepada pada pembaca. Nah, jika kamu memiliki hobi dan kemampuan menulis, cobalah untuk memilih pekerjaan sebagai penulis lepas atau freelance writer.

Menjadi penulis lepas adalah pekerjaan freelance online yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa atau karyawan. Apalagi, sekarang juga banyak agensi penulis artikel yang merekrut penulis lepas. Nantinya, kamu akan mendapatkan job menulis setiap hari dan mendapatkan imbalan menulis mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah setiap bulan.

2. Desainer Grafis

pekerjaan online

Jika kamu mempunyai kemampuan menggambar yang baik, sebaiknya manfaatkan skill tersebut untuk bekerja online menjadi seorang desainer grafis. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk mampu menuangkan sebuah ide menjadi suatu konten visual yang menarik. Baik itu konten berupa tipografi, ilustrasi, infografis, ataupun grafis gerak.

Baca Juga:  Cara Uji Heteroskedastisitas SPSS

Profesi desainer grafis termasuk jenis pekerjaan online yang sangat menjanjikan. Sebab, saat ini banyak sekali bisnis atau usaha yang membutuhkan jasa desainer grafis. Seorang desainer grafis umumnya juga harus menguasai beberapa tools desain, seperti Adobe Photoshop, CorelDraw, Adobe Illustrator, Canva, dll.

3. Penerjemah

Bagi kamu yang menguasai bahasa asing tertentu, sebaiknya gunakan kemampuan tersebut untuk bekerja online sebagai translator atau penerjemah. Profesi translator ini cukup banyak dicari di Indonesia, sehingga bisa menjadi pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa atau karyawan.

Namun, untuk bisa bekerja sebagai penerjemah, tentu dibutuhkan keahlian bahasa asing yang cukup mendalam. Baik dalam bentuk pengucapan, penulisan, hingga pemahaman konteks. Biasanya, lowongan kerja sebagai translator juga mensyaratkan kamu harus memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS.

4. Admin Media Sosial

Tidak dipungkiri saat ini semua sektor bisnis mulai merambah ke bisnis online dengan mempromosikan produk melalui media sosial. Hal ini pun membuat kebutuhan akan admin media sosial semakin tinggi. Menariknya, banyak perusahaan maupun pemilik bisnis yang mau mempekerjakan seorang admin untuk media sosialnya secara online.

Meski terlihat mudah dan sederhana, namun pekerjaan sampingan online ini tidak selalu mudah seperti kelihatannya. Sebab, admin sosial media harus bisa menggambarkan citra baik perusahaan kepada para followers. Namun, hal ini tidak menjadi masalah karena kamu mengikuti pelatihan sebagai admin media sosial yang baik.

5. Guru Privat

pekerjaan online

Sejak pandemi Covid-19, pendidikan di sekolah beralih ke sistem online. Dari sini, semakin banyak siswa yang merasakan kemudahan belajar secara daring atau online. Hal ini pula yang membuat kebutuhan guru privat online semakin tinggi karena minat siswa untuk belajar online semakin besar.

Jika kamu memiliki skill untuk mengajar, kenapa tidak coba untuk menjadi guru privat online? Kamu bisa menawarkan jasa secara mandiri atau mengikuti platform privat online yang populer di Indonesia. Biasanya, guru privat online seperti ini akan mendapatkan upah per jam yang nilainya cukup besar, yaitu mulai dari Rp 50.000,- per jam.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

6. Voice Over Talent

Jenis kerja online berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah voice over talent. Tugas dari pekerjaan ini adalah mengisi suara untuk konten video, iklan, maupun live event. Untuk mendapatkan peluang kerja ini, kamu harus bisa memiliki intonasi dan penekanan yang baik pada saat menyampaikan pesan.

Bukan hanya itu, kamu pun harus menyediakan peralatan yang menunjang pekerjaan ini. Kamu juga dituntut untuk mengedit audio yang telah direkam untuk meminimalisir suara bising yang terekam. Menjadi voice over talent menjadi pekerjaan online untuk pelajar karena dapat dilakukan di rumah.

7. Reseller dan Dropshipper

Dropshipper berperan menjadi perantara antara supplier dengan konsumen. Sebagai dropshipper, kamu akan mendapatkan keuntungan dari barang yang berhasil dijual. Pekerjaan online untuk anak SMA tanpa modal karena tidak perlu menyetok barang.

Sama seperti dropshipper, reseller juga melakukan pekerjaan berupa jualan online. Bedanya, di sini kamu harus membeli barang kepada supplier atau distributor dengan harga yang relatif murah, lalu menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga yang lebih tinggi. Dari penjualan itulah kamu akan mendapatkan keuntungan.

5 Keuntungan Melakukan Pekerjaan Online untuk Pelajar dan Karyawan

pekerjaan online

Selain tujuh macam profesi online yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak jenis kerja online lain yang bisa kamu lakukan. Tidak perlu ragu untuk memulai kerja online tersebut karena ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Keuntungan pekerjaan online untuk mahasiswa dan karyawan adalah sebagai berikut.

1. Bisa Kerja dari Mana Saja

Hal paling menguntungkan yang bisa kamu dapatkan jika bekerja secara online adalah bisa kerja dari mana saja. Selain bisa bekerja dari rumah, kamu juga bisa menjalankan pekerjaan di cafe, coworking space, atau bahkan tempat wisata sekalipun. Selama koneksi internet lancar, maka kerja online tetap bisa berjalan di mana saja.

2. Hemat Pengeluaran

Disadari atau tidak, bekerja secara online jauh lebih hemat daripada bekerja secara offline. Bagaimana tidak? Dengan bekerja online, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bensin atau transportasi menuju dan kembali dari kantor. Semua pekerjaan bisa diselesaikan di rumah, sehingga jauh lebih hemat.

Baca Juga:  Apa itu Backlog? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

3. Jam Kerja Sangat Fleksibel

Keuntungan pekerjaan online berikutnya adalah bisa bekerja dengan waktu yang sangat fleksibel. Kamu bisa mengatur jadwal kerja sesuai tingkat produktivitas setiap harinya. Hal ini sangat menguntungkan agar tidak mengganggu aktivitas kuliah atau kerja pada siang hari, sehingga suasana kerja akan lebih tenang.

4. Pakaian Kerja Sesuka Hati

Beberapa orang tidak suka dengan peraturan kantor yang mewajibkan karyawannya untuk mengenakan seragam tertentu. Jika kamu juga termasuk orang yang demikian, maka bekerja online dari rumah adalah pilihan yang tepat. Sebab, kamu tidak perlu dibebani dengan pakaian, karena bisa mengenakan pakaian sesuka hati.

5. Bebas Mengubah Ruang Kerja

Karena bekerja dari rumah, maka kamu bisa menciptakan ruang kerja sedemikian rupa sesuai dengan selera dan kenyamanan. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan jika bekerja di kantor karena ruang yang terbatas. Selain itu, kamu juga bisa berpindah-pindah tempat selama kerja online di rumah, seperti di kamar, teras, ruang tamu, dll.

Itulah rekomendasi pekerjaan online yang cocok untuk pelajar dan karyawan. Pilih kerja online yang paling sesuai dengan skill dan minat yang kamu miliki. Apa pun jenis pekerjaan yang kamu lakukan, pastikan untuk menjalankan tanggung jawab sebaik-baiknya supaya bisa tetap lancar untuk mendapatkan tambahan uang setiap bulannya.

Tertarik mengikuti kurusus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles