Mengenal Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

belajar komputer

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum terjun ke dunia kerja. Salah satunya adalah memahami bahwa terdapat banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu pilih. Pekerjaan sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan upah atau imbalan.

Sebelum memilih pekerjaan mana yang paling cocok, ada baiknya kamu mengenal dan mencari tahu terlebih dahulu apa saja pekerjaan yang bisa dilakukan di Indonesia. Secara umum, jenis pekerjaan dibedakan menjadi dua, yaitu yang menghasilkan barang dan jasa.

Inilah 5 Jenis Pekerjaan yang Memberikan Jasa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada dua macam pekerjaan di mana salah satunya adalah pekerjaan yang menghasilkan jasa. Apa itu jasa? Jasa adalah sebuah tindakan yang ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lainnya untuk mendapatkan upah.

Tindakan tersebut diberikan tanpa menyebabkan adanya perpindahan kepemilikan apa pun. Lantas, apa saja jenis jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa? Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan di Indonesia yang menghasilkan jasa beserta dengan tugasnya.

1. Pegawai

Karyawan atau pegawai merupakan salah satu jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai pegawai di berbagai instansi. Baik instansi swasta maupun pemerintah di seluruh wilayah Indonesia.

Pekerjaan yang satu ini sangat dibutuhkan untuk mengisi peran di berbagai bidang maupun industri. Untuk bekerja sebagai seorang pegawai atau karyawan, kamu harus memiliki skill atau keahlian tertentu sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau lembaga pemerintahan.

2. Polri dan TNI

Polri dan TNI tentu sudah tidak asing lagi sebagai salah satu jenis pekerjaan yang paling diminati di Indonesia. Bahkan, pekerjaan sebagai TNI dan Polri selalu diminati dan menjadi cita-cita anak-anak sejak duduk di bangku sekolah dasar. Meski begitu, tidak mudah untuk bekerja sebagai TNI atau Polri karena seleksi yang cukup ketat.

Baca Juga:  Uji Multikolinearitas SPSS dan Cara Bacanya

Menjadi TNI dan Polri termasuk menjalankan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Tentu saja, jasa yang diberikan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah menjaga keamanan negara di bidang pertahanan. Sementara itu, Polisi Republik Indonesia (Polri) memberikan jasa berupa menjaga keamanan negara serta masyarakat.

3. Guru

Guru juga menjadi salah satu jenis pekerjaan atau profesi paling populer yang diinginkan oleh anak-anak kecil. Menjadi seorang guru tentunya sangat mulia karena termasuk pekerjaan yang menghasilkan jasa berupa memberikan pendidikan kepada anak-anak di sekolah.

Guru dapat diartikan sebagai seorang tenaga pendidik profesional yang tugas utamanya adalah mengajar, mendidik, mengarahkan, membimbing, menilai, melatih, hingga mengevaluasi siswa. Baik pada pendidikan anak usia dini hingga pendidikan menengah.

4. Pustakawan

Jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa berikutnya adalah pustakawan. Seorang pustakawan umumnya menjalankan pekerjaannya di perpustakaan. Pustakawan bekerja dengan memberikan jasa berupa bertanggung jawab dalam mengelola sekaligus memberikan layanan kepada pengunjung di perpustakaan.

Untuk menjadi seorang pustakawan, kamu tentu harus menempuh pendidikan terlebih dahulu. Tanggung jawab serta kompetensi kepustakawanan dapat kamu peroleh dari pendidikan maupun pelatihan. Biasanya, jurusan kuliah yang ditempuh oleh seorang pustakawan adalah ilmu perpustakaan.

5. Dokter

jenis pekerjaan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa menjadi dokter adalah salah satu pekerjaan dan cita-cita dengan jumlah peminat yang sangat tinggi. Seorang dokter juga termasuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan jasa. Lalu, apa jasa yang diberikan oleh seorang dokter?

Jasa dari seorang dokter adalah melakukan pemeriksaan kepada pasien. Selain itu, dokter juga berperan untuk melakukan pengobatan serta memberikan perawatan medis kepada pasien melalui pengetahuan medis serta rasa kemanusiaan yang dimiliki.

Inilah 5 Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Setelah membahas apa saja contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa, sekarang mari kita bahas tentang macam-macam pekerjaan yang menghasilkan barang. Sesuai namanya, pekerjaan ini akan menghasilkan sebuah barang melalui serangkaian proses atau tahapan.

Hasil jadi berupa barang yang dihasilkan oleh pekerjaan tersebut nantinya siap digunakan oleh konsumen. Selain itu, barang yang telah dihasilkan juga bisa diolah kembali sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang.

Baca Juga:  FTP Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja

1. Peternak

Pekerjaan tidak selalu harus dilakukan di kantor atau pabrik. Menjadi peternak juga merupakan salah satu profesi atau pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Peternak sendiri merupakan seseorang yang mengembangbiakkan hewan ternak untuk dijual kembali.

Seorang peternak bisa mengembangbiakkan berbagai jenis hewan. Mulai dari ayam, kelinci, kambing, sapi, itik, bebek, jangkrik, dll. Hewan-hewan ternak tersebut dirawat agar bisa menghasilkan daging, susu, telur, maupun kulit yang nantinya bisa dijual di pasaran.

2. Pengrajin

Menjadi pengrajin juga bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Seorang pengrajin termasuk bekerja sebagai orang yang menghasilkan barang. jenis barang yang dihasilkan tentunya sangat beragam tergantung kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing.

Beberapa contoh barang hasil kerajinan tangan adalah gerabah, perhiasan, ukiran, anyaman, kain tenun, cinderamata, dll. Kerajinan tangan tersebut bisa dijual secara langsung di toko atau dijual secara online melalui berbagai platform penjualan.

3. Nelayan

Menjadi nelayan juga merupakan jenis pekerjaan yang menghasilkan barang. Seorang nelayan bertugas untuk mencari ikan di laut. Ikan yang terkumpul dari hasil memancing di laut nantinya bisa dijual ke pasar sebagai ikan segar.

Tentu saja, pekerjaan ini hanya ditemui di wilayah yang dekat dengan pantai saja. Hasil tangkapan ikan segar maupun hewan laut lainnya yang diperoleh nelayan nantinya bisa dijual ke luar kota, luar provinsi, atau bahkan luar negeri sekalipun tergantung kualitas dari hasil laut yang ditangkap.

4. Petani

jenis pekerjaan

Seorang petani akan menghasilkan barang berupa hasil pertanian. Profesi petani bertugas untuk melakukan pengolahan tanah supaya bisa menumbuhkan tanaman dengan baik. Selain itu, petani juga harus merawat tanaman dengan baik supaya bisa mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

Jenis tanaman yang ditanam oleh seorang petani sangat beragam, seperti sayuran, jagung, padi, hingga buah-buahan. Pemilihan jenis tanaman yang akan ditanam oleh petani tentu harus disesuaikan dengan kondisi tanah dan cuaca di sekitar wilayah tersebut.

5. Penjahit

Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang berikutnya adalah penjahit. Seorang penjahit tentu akan menghasilkan barang berupa pakaian atau barang lain yang dijahit. Pekerjaan penghasil barang ini bertugas untuk membuat aneka jenis pakaian.

Baca Juga:  Kursus Coding Online: Belajar Coding dari Rumah

Jenis pakaian yang bisa dihasilkan oleh seorang penjahit tentu sangat beragam. Mulai dari celana, rok, kemeja, jas, gamis, mukena, dll. Untuk menjadi penjahit, tentu membutuhkan perkakas berupa mesin jahit. Seorang penjahit juga harus memiliki keahlian berupa memotong kain, membuat pola, serta menjahit kain menjadi pakaian yang siap dipakai.

Nah, itu dia penjelasan tentang apa saja pekerjaan di Indonesia yang menghasilkan barang dan jasa. Tentunya, masih banyak pekerjaan lainnya yang belum disebutkan di atas. Jadi, apa pekerjaan yang ingin kamu lakukan?

Untuk mendapatkan jenis pekerjaan sesuai keinginan, kamu tentu harus berusaha untuk bisa mencapainya. Sebab, mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang tidaklah mudah karena persaingan yang cukup ketat. Jadi, silakan persiapkan diri agar bisa, memiliki pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Tertarik mengikuti kursus yang disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles