Mengenal Joomla serta Fitur, Kelebihan dan Cara Installnya

Mengenal Joomla serta Fitur, Kelebihan dan Cara Installnya

Dalam pembuatan website, perlu CMS tertentu supaya bisa memungkinkan siapa saja mengelola konten website. Hal tersebut bisa dilakukan tanpa perlu benar-benar menguasai ilmu bahasa pemrograman yang cukup rumit. Joomla adalah contoh CMS populer selain WordPress, temukan pembahasan lengkapnya mengenai Joomla tersebut di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Joomla?

Inilah CMS dengan sifat open-source, Joomla sudah mendukung banyak sekali website. Platform Joomla menawarkan fitur-fitur level tinggi yang bisa membantu Anda membuat website maupun aplikasi dengan lebih mudah.

Pengertian Joomla

Joomla menjadi alternatif terbaik penggunaan WordPress, Joomla mendukung berbagai konten maupun kolom kustom mulai dari kalender dan galeri. Menyusun website dinamis sudah tidak perlu memakai plugin dari pihak ketiga lagi jika menggunakan Joomla.

Fungsi Joomla

Lalu apa fungsi dari Joomla ini, apakah sekadar membuat website atau ada fungsi lainnya yang bisa Joomla lakukan? Joomla sebenarnya memiliki beberapa macam fungsi, lewat bahasan di atas sebelumnya, dapat disimpulkan fungsi utamanya Joomla yaitu untuk keperluan pembuatan website.

Tapi ternyata ada banyak fungsi lain dari Joomla ini. Fungsi lain Joomla yaitu beberapa pengguna mampu mengelola konten, informasi atau data yang ada secara bersamaan. Tak hanya pembuatan saja, pengelolaan konten yang dimaksud juga termasuk editing, publishing, maupun distribusi konten.

Melalui akses Joomla, Anda dapat membuat berbagai website, mulai dari blog pribadi, e-commerce, portal berita, website komunitas, e-learning, dan sebagainya. Joomla menyediakan sangat banyak template untuk Anda gunakan secara gratis, meski ada yang berbayar juga. Anda bisa menentukan mana template yang paling sesuai dengan apa yang Anda butuhkan pada web Anda.

Fitur-fitur Joomla

Terdapat beberapa fitur andalan Joomla yang mampu memberi banyak manfaat kepada tiap penggunanya. Ini dia penjelasan seputar fitur Joomla tersebut:

Baca Juga:  Mengetahui Bedanya Front End dan Back End Developer

1. Tampilan responsif

Joomla mampu menyajikan tampilan yang memungkinkan pengunjung maupun administrator mengakses dengan baik via perangkat seluler. Pengembangan maupun pengelolaan bisa dilakukan secara mudah lewat berbagai perangkat Anda.

2. SEO

Di dalam Joomla, terdapat tools SEO yang mampu membantu penggunaannya memperkuat peringkat website pada SERP. Dengan tools bawaan ini, Anda bisa mengoptimalkan dengan baik konten website pada berbagai aspek. Mulai dari gambar, judul, deskripsi, dan file.

Website Anda bisa lebih mudah lagi ditemukan, pada akhirnya bakal meningkatkan popularitas website Anda.

3. Fleksibel

Ada ribuan template mumpuni untuk Anda gunakan pada Joomla, tapi bukan hanya itu. CMS yang satu ini menyediakan juga banyak ekstensi yang bisa dengan mudah Anda temukan. Ekstensi terverifikasi tersebut dapat Anda temukan melalui Extensions Directory. Dengan berbagai macam ekstensi tersebut, bisa memberi banyak kemudahan untuk Anda saat membuat custom website.

4. Desain unlimited

Fitur lainnya Joomla adalah yaitu desain yang unlimited. Kalau Anda memilih untuk memakai CMS ini, bisa dapatkan berbagai jenis design website. Platform Joomla menyediakan banyak sekali template untuk Anda gunakan, baik yang berbayar maupun yang bisa dipakai secara gratis.

Template Joomla tersebut bisa juga dikustomisasikan berdasarkan keinginan Anda. Pengelolaan template ini bisa Anda lakukan dengan mudah pada Template Manager Joomla.

5. Global support

Jika ada kendala saat memakai Joomla, tidak perlu khawatir. Terdapat fitur bantuan global yang profesional dalam menangani setiap kendala pengguna. Pengguna Joomla dapat mengatasi kendala yang ada sendiri lewat dokumentasi yang telah disediakan. Anda bisa juga meminta bantuan via forum komunitas.

6. Multilingual

Fitur utama terakhir di Joomla adalah multilingual, bahasa itu sendiri merupakan aspek penting dan sangat perlu diperhatikan jika ingin membuat website. Pemilik website tentu ingin website-nya bisa diakses dengan mudah dari setiap penjuru dunia. Mereka ingin akses website tersebut tanpa terdapat batasan bahasa.

Joomla mampu mewujudkan hal tersebut lewat terjemahan lengkap. Situs web buatan Anda pun bisa menjadi web multibahasa atau ramah digunakan pengunjung dari mana saja.

Baca Juga:  Kursus Coding Online: Belajar Coding dari Rumah

Keunggulan Joomla

Lebih baik Anda pahami kelebihan Joomla terlebih dahulu sebelum Anda memakai Joomla tersebut. Anda pun bisa tahu apakah platform Joomla tersebut sesuai kebutuhan Anda atau tidak. Berikut ini penjelasan seputar kelebihan Joomla:

Keunggulan Joomla

– ACL

Access Control List atau ACL merupakan salah satunya, CMS Joomla dilengkapi komponen ACL tersebut membantu Anda dalam penentuan hak granular pada setiap pengguna. Anda bisa juga mengetahui siapa pun yang mengelola web baik itu editing, creating, dan pengelolaan lain sebagainya.

– Menu

Joomla terkenal akan kemudahan membuat menu. Terdapat berbagai fungsi berbeda yang bisa Anda dapatkan dari Joomla.

– Open source

Joomla memiliki sifat open source, siapa saja dapat menggunakan Joomla ini secara gratis. Pengguna Joomla juga dapat melakukan modifikasi source code langsung lalu mendistribusikannya.

– Ekstensi

Ada ribuan ekstensi Joomla yang bisa Anda gunakan agar memenuhi setiap kebutuhan web Anda.

– Multibahasa

Dengan memakai Joomla, maka CMS ini dapat memberikan jangkauan audiens lebih luas. Karena Joomla memungkinkan penerapan multibahasa untuk website yang sedang Anda kelola.

– Security

Keunggulan lainnya dari Joomla adalah yaitu pada bidang security. Joomla telah dilengkapi two-factor authentication, fitur yang satu ini mampu memberikan perlindungan ekstra untuk situs web Anda. Ada pun tim security khusus yang sigap merilis patch terbaru sebelum eksploitasi keamanan muncul.

Cara Menginstal Joomla

Anda bisa install Joomla dengan cara manual yang mudah dilakukan. Tapi perlu diperhatikan kalau harus ada database terlebih dulu untuk penyimpanan konten. Ini dia cara install Joomla yang dapat Anda coba lakukan:

– Anda perlu download Joomla versi terbaru terlebih dahulu melalui website resmi mereka.

– Kalau sudah anda download, lanjut mengakses control panel hosting agar dapat membuat database.

– Masuk ke cPanel > Database > Pengelolaan. Anda bisa input nama database, kata sandi dan username pada kolom yang sudah tersedia. Kalau sudah, klik opsi Buat.

– Kalau database sudah benar-benar siap, Anda bisa upload file .zip (file yang sebelumnya sudah Anda download) menuju server Anda memakai File Manager. Coba pilih domain web atau mengakses semua file.

Baca Juga:  8 Framework Terbaik Tahun 2020, Apa Saja ya?

– Selanjutnya Anda perlu membuka folder public_html, pilih opsi Upload File

– Langkah install Joomla adalah selanjutnya mengklik File supaya selanjutnya Anda dapat memilih paket instal supaya memulai prosesnya.

– Kalau sudah berhasil diupload file tersebut ke folder, bisa terlihat nama filenya. Lanjutkan dengan mengekstrak, caranya klik kanan pada file tersebut, pilih bagian Buka arsip.

– Bukalah nama domain memakai peramban favorit untuk selanjutnya diarahkan ke bagian Main Configuration.

– Tentukan bahasa yang diinginkan, isilah kolom kosong yang tersedia.

– Input kredensial MySQL database yang dibuat sebelumnya. Anda bisa mengecek konfigurasinya lagi, klik Install supaya dapat menyelesaikan instalasi.

Saat instalasi sudah selesai, muncul halaman dengan informasi Joomla yang berhasil diinstal. Itulah pembahasan mengenai beberapa hal seputar Joomla yang termasuk salah satu jenis CMS populer. Memahami seputar Joomla adalah hal yang penting kalau Anda ingin masuk dalam dunia profesi digital.

Untuk menguasai bidang ini maupun bidang digital yang lainnya, Coding Studio menyediakan kursus ilmu-ilmu digital dengan tenaga profesional dalam bidangnya. Sekian dan semoga bahasan kali ini bermanfaat.

Related Articles