Content Creator: Pengertian, Jenis dan Skillnya

Content Creator Pengertian, Jenis dan Skillnya

Perkembangan era digital belakangan ini yang semakin masif membuka lebih banyak kesempatan untuk mendapat keuntungan melalui pembuatan konten, baik itu dalam bentuk gambar atau video. Maka dari itu tidak heran jika saat ini sudah sangat banyak ditemukan content creator yang memproduksi konten dengan berbagai tujuan.

Pengertian Content Creator

Pengertian Content Creator

Content creator adalah orang yang bertanggungjawab dalam penyajian informasi di semua media, utamanya adalah media digital yang memiliki target audiens tertentu atau segmented. Di sisi lain content creator juga dipahami sebagai pembuat konten yang menambahkan nilai hiburan sekaligus edukasi di dalamnya.

Ciri-ciri Content Creator

Ciri dari content creator adalah:

  • Memanfaatkan banyak platform.
  • Bisa dilakukan siapa pun.
  • Tidak harus terkenal.

Jadi konten apa pun yang ingin kamu buat masih diperbolehkan asal tidak melanggar nilai dan norma serta aturan hukum yang berlaku di Indonesia. Cobalah untuk membuat konten dengan unik dan sekreatif mungkin agar menarik minat banyak orang.

Tipe Content Creator

Setelah membaca ulasan singkat mengenai apa itu content creator, selanjutnya kita akan membahas mengenai apa saja tipe content creator yang bisa Anda temui. Beberapa dikategorikan berdasar jenis konten yang dibuat, sebagian lainnya dikategorikan berdasarkan platform yang digunakan untuk membagikan kontennya. Berikut ini adalah tipe atau jenis content creator:

Tipe Content Creator

Blogger

Penggunaan istilah content creator, jika diperhatikan, sebenarnya baru muncul dan banyak digunakan belakangan ini. Sedangkan untuk praktik pembuatan konten di platform internet sudah berlangsung cukup lama. Bisa dibilang blogger adalah salah satu jenis pembuat konten yang paling awal muncul.

Mereka memiliki tugas membuat konten berupa tulisan, seperti di dalam website milik pribadi, perusahaan ataupun klien. Jenis tulisannya sendiri juga bisa bermacam-macam berdasarkan kepemilikan dan juga tujuan pembuatannya. Saat ini jenis pembuat konten ini mungkin lebih banyak dikenal dengan sebutan content writer.

Baca Juga:  Content Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

Podcaster

Podcaster adalah tipe content creator yang bertugas membuat sebuah konten dalam bentuk audio, yang mana bisa didengar dengan cara didownload dan disimpan ke perangkat atau bisa juga dilakukan secara live streaming.

Sama halnya dengan content creator lainnya, seorang podcaster memiliki tema khusus yang dibawakan setiap kali produksinya. Mereka biasanya akan melakukan kolaborasi dengan bintang tamu lain supaya konten yang dibuat bisa menarik lebih banyak minat karena keunikannya.

YouTuber

Sebelumnya, istilah yang lebih dikenal adalah vlogger. Namun karena makin maraknya penggunaan platform YouTube dan banyaknya content creator yang bagikan konten di sana, maka istilah vlogger kelamaan mulai berubah jadi YouTuber.

Konten video yang dihasilkan sangat beragam, bisa berupa rekaman keseharian untuk berbagi pengalaman, membagi tutorial, hiburan, hingga video ulasan produk. Secara umum YouTuber akan punya pelanggan setia yang selalu ditunggu konten-kontennya. Mereka bisa mendapat uang dari Adsense, penjualan mercandhise atau bahkan sponsorship.

Influencer Sosial Media

Ini tidak jauh berbeda dengan content creator. Jika content creator adalah fokus pada pembuatan konten untuk mengembangkan awareness dan audiens, maka influencer sedikit lebih jauh dari tugas itu. Influencer juga bertugas untuk mempengaruhi para audiens. Namun, di sisi lain influencer juga sekarang banyak yang membuat konten sendiri, maka akhirnya keduanya saling terkait.

Influencer sosial media akan menggunakan berbagai jenis platform sosial media mainstream, seperti TikTok, Facebook, Instagram dan X. Kebanyakan influencer akan menyasar audiens dengan segmentasi tertentu seperti travel, kecantikan, dekorasi interior, gaming, hingga makanan.

Menjadi Content Creator

Content creator adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati dan berikut adalah cara menjadi content creator bagi kamu yang tertarik:

Rajin Membaca

Kamu harus banyak memperoleh informasi untuk menambah wawasan dan kecerdasan kamu dalam membaca peluang sehingga bisa sukses di bidang ini.

Menyusun Ide

Ide adalah emas bagi content creator, maka gali terus potensimu dan perbanyak alokasi waktu untuk meneliti dan berdiskusi untuk menemukan inovasi baru.

Mempelajari Audiens

Kenali siapa target audiensmu, pelajari pola pikir, kesukaan dan apa yang mereka butuhkan agar kamu tidak pernah kehilangan pasar sehingga membuat kontenmu semakin berkembang berkat mereka.

Baca Juga:  Dynamic Pricing: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Konten yang Original

Mayoritas audiens tidak terlalu suka dengan praktik plagiarisme, maka cobalah membuat konten yang original dan tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Buat Network dengan Creator Lain

Tidak hanya dalam dunia nyata, dalam dunia content creator juga perlu adanya silaturahim dan upaya menjaga hubungan baik yang simbiosis mutualisme sehingga bisa bertahan lama.

Skill untuk Jadi Content Creator

Skill untuk Jadi Content Creator

Tidak hanya mengetahui caranya, untuk bisa menjalankan tata cara tersebut juga dibutuhkan skill yang mumpuni agar benar-benar bisa menjadi content creator yang baik. Skill yang harus dimiliki content creator antara lain:

Research Driven

Ketika kamu tahu bahwa rajin membaca adalah cara terbaik untuk menambah wawasan, maka skill meneliti jadi sangat penting. Semua keberhasilan bukan muncul sekejap mata, semua butuh proses, termasuk melakukan penelitian yang panjang dengan keahlian yang mumpuni.

Kreatif

Mengetahui cara menyusun ide tidaklah cukup jika Anda tidak memiliki skill sebagai pemikir kreatif. Anda bisa melatih skill ini dengan banyak melihat konten, mengikuti seminar atau berkumpul dengan komunitas sebagai lumbung ide yang berharga.

Fleksibel

Anda harus paham bahwa bekerja sebagai content creator tidak selalu terikat, maka skill fleksibilitas sangat diperlukan sehingga memudahkan adaptasi dengan segala macam perubahan yang terjadi selama proses pembuatan konten atau setelahnya.

Content creator adalah sebuah pekerjaan yang membutuhkan dedikasi tinggi, maka sebaiknya Anda harus mau mengalokasikan tenaga dan waktu yang dibutuhkan untuk menjadi sukses. Bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan sebagai content creator, bisa langsung bergabung dengan kursus IT di Coding Studio yang akan didampingi oleh mentor profesional dan berpengalaman.

Related Articles