Shopify adalah Solusi Membuat Toko Online Dengan Mudah

Shopify adalah Solusi Membuat Toko Online Dengan Mudah

Apakah kalian ingin menjalankan usaha dengan cara membuka toko online namun tidak paham soal pemrograman dan coding? Jangan khawatir karena kalian tetap bisa membuka toko online tadi menggunakan Shopify. Bisa dikatakan Shopify adalah solusi untuk membuka toko online dengan mudah.

Shopify ini memberikan penawaran shop builder mudah, desain toko beragam, hingga pengelolaan toko online lewat smartphone. Bagi kalian yang belum memahami mengenai platform ini maka simak penjelasannya lebih detail melalui informasi berikut ini.

Mengenal Apa Itu Shopify

Shopify adalah sebuah platform berbayar dan memungkinkan siapa pun untuk membuat toko online lalu menjual produk. Kalian sebagai pemilik toko juga bisa memakai POS (Point-of-Sale) untuk berjualan dengan cara offline.

Apa Itu Shopify

Bagi kalian yang mempunyai toko online serta offline, maka Shopify bisa membantu untuk mensinkronisasikan inventaris serta stok sehingga kalian dapat mengelola toko di satu akun lewat perangkat apapun.

Shopify bukanlah produk tunggal dan hanya digunakan membuat toko ataupun alat guna menjual produk saja. Ini merupakan suatu platform e-commerce yang bisa membantu kalian dalam meluncurkan bisnis impian secara cepat kemudian menjual produk ke pelanggan dimanapun.

Shopify dapat dipergunakan melakukan pembayaran, pengaturan produk, inventaris harga, sampai dengan mengatur pengiriman secara mudah. Platform ini sangat memudahkan pelaku usaha yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali di dunia pemrograman sampai koding.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Skripsi, Jenis dan Tahap Pembuatannya

Untuk pembuatan website maka perlu mendaftarkan diri saja ke situs resminya, lalu sudah bisa langsung membuat website yang kalian inginkan lewat dashboard Shopify.

Kelebihan dan Kekurangan Shopify

Beberapa Kelebihan Shopify

Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan Shopify adalah berikut ini:

a. Mudah digunakan

Banyak dari kalian masih beranggapan jika membuat e-commerce sulit dan perlu mempunyai keahlian di dalam bidang programming. Namun dengan memakai Shopify kalian hanya perlu drag and drop sesuai kebutuhan saja. Shopify builder memudahkan membuat e-commerce yang sesuai kebutuhan.

b. Shopify themes

Ketika membuat toko online jangan pusing-pusing memikirkan temanya karena Shopify telah menyediakan banyak tema yang bisa dipakai. Kalian hanya perlu fokus pada penjualan produknya saja tanpa harus pusing memikirkan tampilan dan tinggal gunakan saja.

c. Unlimited products

Shopify tidak membatasi jumlah produk yang akan kalian upload. Tentunya ini akan sangat cocok bagi toko online yang akan menjual banyak keperluan tanpa perlu memusingkan kapasitas hosting yang akan digunakan.

d. Fitur akun staff

fitur ini akan memudahkan kalian sebagai pemilik untuk melakukan manajemen staf toko online secara mudah. Bahkan kalian selaku pemilik dapat langsung melakukan komunikasi bersama dengan staff.

e. Manajemen toko mudah

Shopify mempunyai fitur berupa manajemen toko yang tergolong fleksibel. Kalian dapat memantau langsung lewat aplikasi di smartphone. Tidak terbatas hanya pada menerima pesan saja. namun kalian dapat melakukan upload foto serta pekerjaan lainnya di smartphone.

f. Dukungan 24/7

Ketika terjadi masalah kalian tidak perlu khawatir, layanan customer service yang disediakan tersedia selama 24 jam setiap harinya dan dapat dihubungi lewat telepon, email, dan chat.

g. Fitur manual order

Selain fitur otomatis order, nyatanya fitur manual order diperlukan terutama jika e-commerce tadi menjual berbagai barang custom yang membutuhkan deskripsi lengkap dari sang pembeli.

h. Fitur discount code

Jika kalian ingin membuat kupon diskon pastinya dapat dilakukan dengan mudah. Tentunya jika kalian menyediakan diskon membuat konsumen lebih tertarik dalam melakukan pembelian.

Baca Juga:  Microservices: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

h. Dropshipping

Banyak sekali sistem berjualan salah satunya yakni dropshipping. Maka jangan khawatir karena Shopify adalah solusinya karena memiliki sistem tersebut.

i. Menyediakan trial 14 hari

Ketika kalian ingin mencoba Shopify namun belum merasa yakin sepenuhnya maka jangan khawatir. Platform ini menyediakan layanan trial 14 hari dan bisa dicoba supaya bisa mengetahui fitur-fitur yang tersedia.

Beberapa Kekurangan Shopify

Tentu saja semua hal memiliki dua sisi yakni kelebihan dan kekurangan tak terkecuali Shopify. Setelah mengetahui kelebihannya maka berikut adalah informasi terkait kekurangannya yang dimiliki.

a. Tergolong mahal

Shopify bisa dikatakan mahal dikarenakan untuk paket basic yang perlu dibayarkan per bulannya memerlukan biaya sebesar 29$. Belum lagi jika kalian memilih versi plus yang harganya cenderung lebih mahal lagi.

b. Akses fitur lanjutannya mahal

Perlu diketahui jika fitur yang akan diperoleh diantara paket basic serta advancenya tergolong berbeda. Kalian perlu menebusnya dengan cara memilih paket diatas yang mana selisih harganya cukup banyak.

c. Fitur report per bulan terbatas

Perlu diketahui jika fitur report bulanan tidak akan ditemukan pada paket basic. Kalian harus upgrade paket untuk dapat menikmati fitur report per bulan tadi.

d. Tidak tersedia di semua negara

Sayangnya Shopify ini belum tersedia di semua negara dikarenakan untuk fitur pembayarannya masih memakai dollar dan belum dapat memakai mata uang lokal.

e. Adanya potongan biaya untuk setiap transaksi

Semua transaksi memakai Shopify akan dikenakan besaran potongan yang beragama yakni 2% untuk setiap transaksinya.

f. Tidak menyediakan hosting email

Shopify tidak mempunyai layanan email hosting, sehingga kalian perlu menambahkan email pribadi guna melakukan komunikasi dengan para konsumen.

Walaupun platform ini mempunyai beberapa kekurangan, akan tetapi jangan takut menggunakannya karena per Oktober 2019 saja untuk jumlah pengguna aktifnya mencapai 1,4 juta lebih.

Cara Mendaftar di Shopify 

Sampai disini kalian paham jika Shopify adalah platform pembuatan toko online yang sangat mudah. Untuk yang ingin memanfaatkannya cukup hanya mendaftar pada platform tersebut. Berikut ini merupakan langkah-langkahnya.

Baca Juga:  SFTP Adalah: Pengertian dan Bedanya Dengan FTP

a. Buka Shopify

Pertama tentu saja masuk ke situs resminya untuk mendaftar serta memperoleh akses guna membangun toko online di sana. Jika tidak mau langsung berbayar, klik saja “Start Free Trial”.

b. Tambahkan email dan password

Setelah mengklik “Start Free Trial”, maka kalian sudah dapat memiliki toko online di sana dan masa percobaannya 14 hari. Untuk selanjutnya kalian perlu menambahkan email serta password. Jangan lupa lengkapi data lalu klik “Create Your Store”.

c. Tambahkan informasi

Jangan lupa memasukkan informasi terkait data diri mengenai toko online yang dibuat. Setelah selesai klik “next” untuk nantinya melanjutkan proses pembuatan toko online.

d. Isikan alamat

Langkah terakhir yakni mengisi formulir “Add an address so you can get paid”. Selanjutnya pastikan kalian mengisi data tadi dengan benar, dikarenakan data tadi nantinya dipergunakan untuk alamat bisnis default dan pendaftaran selesai dilakukan.

Itulah informasi terkait Shopify yang bisa kalian ketahui. Sehingga bisa dikatakan Shopify adalah solusi yang paling tepat jika ingin membuka toko online namun tidak paham pemrograman dan coding. Namun untuk kalian yang ingin update skill terkait dunia IT maka bisa memilih Coding Studio. Banyak pilihan paket pembelajaran dengan harga yang terjangkau pastinya, jadi tunggu apa lagi segera daftarkan diri kalian disana.

Related Articles