Rumus Pembulatan Excel dan Tutorial Lengkapnya

Rumus Pembulatan Excel dan Tutorial Lengkapnya

Jika Anda menemukan satu bilangan desimal maka umumnya membutuhkan proses pembulatan sehingga bisa lebih mudah untuk dihitung maupun dibaca.

Lalu bagaimana jika bilangan desimal tersebut Anda temui ketika melakukan proses edit dokumen di Microsoft Excel? Anda bisa menggunakan rumus pembulatan Excel yang tersedia sehingga hasilnya bisa diperoleh dengan benar, bukan membulatkannya dengan cara manual.

Pembulatan Bilangan dan Aturan yang Berlaku

Pembulatan bilangan merupakan satu proses membulatkan angka yang ada di belakang koma yang terdapat pada bilangan desimal terutama pada beberapa tempat atau nilai secara khusus. Seperti contohnya untuk membulatkan angka ke dua tempat atau dua angka yang ada di belakang koma.

Pada umumnya cara membulatkan angka di Excel merupakan langkah untuk mengurangi nilai bilangan tertentu dalam sistem perhitungan matematika yang dilakukan dengan cara membulatkan digit angka yang terletak tepat di depan nilai yang dibulatkan.

Atau bisa dilakukan dengan mengubah digit angka yang terletak di sebelah kanan angka yang dibulatkan hingga menjadi angka nol. Nilai angka yang dibulatkan memang otomatis menjadi kurang akurat atau lebih sedikit namun keuntungannya adalah menjadikan bilangan menjadi lebih mudah untuk digunakan.

Contoh pembulatan yang umum dilakukan adalah sebagai berikut = angka 1.934 dibulatkan ke julah ratusan yang terdekat hingga menjadi 1.900 atau ke puluhan yang terdekat sehingga menjadi bilangan 1.930.

Sebelum membahas tentang beberapa langkah untuk membulatkan angka atau bilangan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa aturan yang berlaku tentang rumus pembulatan Excel yaitu :

  • Ubah semua bilangan yang terletak di sebelah kanan tempat pembulatan menjadi bilangan 0
  • Bilangan 0 yang terletak di sebelah kanan koma atau desimal bisa dibuang atau diabaikan saja
  • Jika bilangan yang berada di sebelah kanan tempat pembulatan adalah 0,1,2,3, atau 4 maka bisa Anda bulatkan ke bawah (bilangan tempat pembulatan akan tetap dan tak berubah)
  • Jika bilangan yang ada di sebelah kanan tempat pembulatan adalah 5,6,7,8 atau 9 maka bisa dibulatkan ke atas (dengan bilangan tempat pembulatan diubah menjadi +1)
Baca Juga:  Mail Merge: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

Cara Melakukan Pembulatan Bilangan Dengan Rumus Excel

Nah untuk melakukan pembulatan angka atau bilangan desimal di Microsoft Excel sudah tersedia beberapa rumus atau fungsi yang bisa dipakai oleh penggunanya. Berikut adalah tutorial singkat untuk menggunakan beberapa rumus pembulatan Excel tersebut dengan benar.

1. Menggunakan rumus Round Up

Rumus Round Up adalah sebuah rumus yang memiliki fungsi untuk membulatkan bilangan desimal ke atas. Untuk rumus Round UP biasanya akan selalu membulatkan bilangan desimal ke atas dengan beberapa langkah berikut :

Pembulatan - Round Up
  • Buka lembar kerja Excel untuk mengakses rumus Round Up kemudian ketikkan rumus =ROUNDUP(kolom yang akan dibulatkan,jumlah digit). Jumlah digit adalah jumlah digit bilangan yang akan dibulatkan.
  • Masukkan ke dalam salah satu kolom pada lembar kerja Excel, sejumlah bilangan desimal yang akan dibulatkan ke atas. Masukkan semua bilangan tersebut pada baris yang sama jika terdapat bilangan desimal lainnya.
  • Pilih kolom yang terletak di samping bilangan desimal yang paling atas lalu ketik rumus ROUNDUP seperti contoh di atas
  • Lalu pada bagian jumlah digit, Anda bisa memasukkan jumlah desimal yang diinginkan. Jika ingin ada desimalnya maka bisa memasukkan angka 0, dan jika menginginkan adanya 2 angka di belakang koma bisa memasukkan angka 2.
  • Langkah berikutnya adalah untuk menyelesaikan proses pembulatan dengan meng-klik tombol Enter dan tunggu hingga hasil pembulatan muncul
  • Anda bisa melihat hasil pembulatan dari semua bilangan desimal yang dibulatkan dengan menarik kotak kecil yang ada di bagian ujung sebelah kanan kolom yang dipilih

2. Menggunakan rumus ROUND

Jika Anda ingin menggunakan rumus pembulatan Excel ROUND maka bisa terlebih dahulu untuk memasukkan data yang akan diedit ke beberapa baris data yang tersedia.

Pembulatan - Round

Setelah menempatkan semua data tersebut dalam satu baris lembar kerja Excel, kemudian rumus ROUND bisa langsung diaplikasikan pada semua bilangan tersebut secara otomatis. Berikut langkah untuk menggunakan rumus pembulatan bilangan ROUND :

  • Jika semua bilangan yang akan dibulatkan berada di dalam satu baris yang sama, Anda bisa memilih kotak yang terletak di sebelah data paling atas yang akan dibulatkan
  • Selanjutnya adalah untuk memasukkan rumus ROUND dengan mengetikkan =ROUND di kotak yang sudah dipilih
  • Lalu ketik tanda koma (,) tepat di sebelah rumus yang tadi Anda ketik kemudian pilih bilangan pertama yang akan dibulatkan
  • Lalu masukkan jumlah desimal yang diinginkan. Seperti misalnya jika Anda ingin hanya ada 2 bilangan di belakang koma maka bisa memasukkan bilangan 2.
  • Selesaikan proses pembulatan dengan cara menutup rumus yang diketik dengan menggunakan tanda ) kemudian klik tombol Enter untuk mengetahui hasil pembulatan bilangan yang baru saja dilakukan.
Baca Juga:  Quantum Computing: Pengertian, Sejarah, Manfaat dan Contohnya

3. Menggunakan rumus ROUNDDOWN

Lalu untuk membulatkan bilangan dengan menggunakan rumus yang tersedia di Excel adalah dengan rumus pembulatan di Excel ROUNDDOWN yang memiliki fungsi untuk membulatkan sebuah bilangan desimal ke arah bawah sehingga akan mendekati angka 0. Untuk menggunakannya hampir sama dengan cara menggunakan rumus ROUNDUP hanya saja diganti dengan rumus ROUNDDOWN.

Pembulatan - Round down

Di bawah ini adalah beberapa langkah yang dibutuhkan untuk menggunakan rumus pembulatan Excel ROUNDDOWN dengan benar.

  • Letakkan semua bilangan desimal yang akan dibulatkan ke bawah dengan menggunakan rumus ROUNDDOWN pada satu baris yang sama, lalu pilih kolom tepat di sebelah bilangan desimal yang terletak di baris paling atas
  • Selanjutnya Anda bisa mengetik rumus yang diperlukan untuk membulatkan bilangan desimal ke bawah yaitu =ROUNDDOWN(B2,2). Dengan ketentuan jika bilangan yang akan dibulatkan terletak di baris kolom B. Angka 2 merupakan jumlah desimal yang diinginkan yang bisa diganti dengan menggunakan angka lainnya seperti 3,0 dan lainnya.
  • Klik Enter segera setelah rumus ROUNDDOWN selesai dimasukkan lalu tunggu hingga hasil pembulatan tampil di lembar kerja Excel yang Anda buka. Selanjutnya Anda tinggal menarik ke bawah hingga semua bilangan lainnya akan dibulatkan secara otomatis dengan menggunakan rumus yang sama.

4. Menggunakan rumus ODD

Rumus Excel yang lainnya untuk melakukan pembulatan bilangan adalah dengan menggunakan rumus ODD yaitu =ODD(kolom atau bilangan yang akan dibulatkan).

Pembulatan - Odd

Rumus ini bisa dipakai untuk membulatkan bilangan ke arah atas untuk jenis bilangan apa pun, dengan berapa nilai di belakang koma yang kemudian akan diubah menjadi bilangan ganjil.

5. Menggunakan rumus EVEN

Anda juga bisa menggunakan rumus lainnya selain beberapa rumus yang disebutkan di atas untuk bisa melakukan pembulatan bilangan dengan menggunakan program Excel. Seperti dengan rumus =EVEN(bilangan atau kolom yang akan dibulatkan).

Pembulatan - even

Dengan menggunakan rumus ini maka semua bilangan yang dimasukkan akan mendapatkan cara pembulatan ke atas yang kemudian akan diubah menjadi bilangan genap.

Itulah beberapa rumus pembulatan Excel yang bisa digunakan dengan menggunakan program Excel dan tutorial lengkap untuk menggunakannya. Anda bisa mempelajari semua hal tersebut secara lengkap dan mudah dengan menggunakan kursus IT online dari Coding Studio.

Baca Juga:  Hlookup Adalah? Inilah Pengertian dan Cara Menggunakannya

Dapatkan cara belajar Excel yang lengkap, mudah dan tentunya lebih hemat waktu serta biaya hanya bersama Coding Studio.

Related Articles