Cara Menghitung Sisa Pembagian Dengan Rumus Mod

Cara menghitung sisa pembagian dalam ilmu matematika disebut dengan modulus. Modulus atau mod merupakan sisa pembagian dari sebuah bilangan terhadap bilangan lain. Istilah mod juga sering kali digunakan pada Excel yang berarti pembagian suatu bilangan. 

Perbedaannya dengan sistem matematika, pembagian menurut ilmu matematika adalah mencari angka sebagai hasil pembagian sedangkan mod pada fungsi Excel merupakan cara untuk mencari sisa dari hasil pembagian yang dilakukan.

Pengertian Mod Excel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi mod Excel adalah fungsi yang digunakan untuk mencari sisa dari hasil pembagian suatu bilangan. Berbicara mengenai fungsi Excel, banyak sekali fungsi-fungsi yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan pekerjaan sehingga akan membuat pekerjaan tersebut semakin cepat dilakukan.

Apa itu Rumus Fungsi MOD Excel

Istilah mod pada Excel tentu tidak akan asing bagi sebagian besar orang. Mod sering kali diterapkan beberapa perusahaan untuk memudahkan pekerjaan sekaligus mempercepat waktu pengerjaannya. Namun, tidak banyak orang juga akan asing dengan istilah mod tersebut.

Anda tidak perlu khawatir jika merasa awam dengan fungsi mod yang terdapat pada Excel. Pada dasarnya, fungsi mod cukup mudah untuk dipelajari. Pada artikel ini akan membahas bagaimana cara dalam menggunakan rumus fungsi mod dan menerapkan langsung cara menghitung sisa pembagian dalam suatu bilangan.

Bagaimana Cara Menggunakan Rumus Mod Di Excel

Rumus dalam lembar kerja Excel memang cukup banyak jumlahnya untuk dipelajari. Satu rumus Excel yang dapat membantu meringankan pekerjaan Anda adalah rumus mod. Rumus mod ini menjadi kunci utama pada cara menghitung sisa pembagian, Berikut rumus mod yang perlu Anda ingat adalah:

Rumus Fungsi MOD Excel
=MOD(number;advisor)

Number pada rumus mod berarti angka yang akan dibagi sedangkan untuk advisor ada pembaginya. Contohnya, 7 dibagi 2 maka sisa baginya adalah 1. Angka 7 tersebut adalah number dan 2 adalah advisor.

Rumus mod bisa dijadikan sebagai penentu sebuah angka ganjil atau genap. Sebagai contoh, apakah 16 merupakan bilangan genap? Untuk membuktikannya, Anda dapat menggunakan Microsoft Excel dengan fungsi rumus mod yaitu 16 mod 2 = 0. Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan bawah 16 habis dibagi 2 tanpa adanya sisa atau nol, dengan begitu 16 merupakan bilangan genap karena tidak ada sisa pembagiannya.

Baca Juga:  Data Warehouse: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Cara menghitung sisa pembagian menggunakan mod, selain bisa dijadikan sebagai penentu bilangan bulat ternyata juga dapat dijadikan sebagai penentu sebuah angka apakah bilangan prima atau tidak. Selain itu juga mod bisa digunakan untuk bahasa pemrograman untuk menentukan indeks dari array dengan menggunakan persamaan modulo atau rumus medulo.

Penggunaan Fungsi MOD

Cara menggunakan rumus mod di Excel bukan suatu yang sulit untuk dipelajari bukan? rumus mod ini banyak sekali diterapkan dalam mengolah data dari berbagai segi kehidupan. Jika diterapkan dengan baik dan benar maka akan meriangkan beban pekerjaan dan menghemat waktu bekerja. Contoh data yang dapat menggunakan rumus Excel mod adalah:

Data Pengiriman Barang

Dalam proses pengiriman barang tentunya menggunakan kontainer atau mobil box sebagai alat transportasinya. Untuk mendapatkan hasil pengiriman yang maksimal maka Anda harus dapat memperhitungkan jumlah barang kiriman dengan wadah transportasi yang tersedia. Dengan begitu, Anda dapat melakukan efisiensi secara keseluruhan mulai dari biaya pengiriman hingga profit yang diperolah.

Fungi mod pada Excel dapat digunakan sebagai alat menghitung paling praktis. Dengan menggunakan rumus mod ini Anda dapat menentukan jumlah barang yang akan dikirim dengan meminimalisir ruang kosong pada mobil box atau kontainer yang akan digunakan. Semakin kecil ruang kosong pada transportasi pengiriman maka barang yang dapat dikirim pun akan lebih maksimal jumlahnya.

Data Pembuatan Produk

Sebagai seorang produsen, menciptakan produk secara maksimal dengan menyisakan sedikit bahan baku tentu dapat meningkatkan perkembangan bisnis secara signifikan. Fungsi mod pada lembar kerja Excel ini juga dapat diterapkan dalam bidang pekerjaan yang tidak jauh dari pembuatan produk. Jumlah produk yang banyak tentunya akan menguras tenaga jika dilakukan perhitungannya secara manual.

Sistem fungsi mod ini akan membantu Anda dalam menentukan bahan baku yang akan digunakan produksi dengan menyisakan sedikit material sisa sehingga akan memangkas biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh. Dengan begitu cara menghitung sisa pembagian menggunakan rumus mod harus dipahami secara benar dan seharusnya dikelola oleh orang telah kompeten dalam mengakses Microsoft Excel.

Baca Juga:  Max If Excel, Rumus Nilai Tertinggi Excel

Jumlah Klien Yang Dikelola

Klien dan pemilik bisnis merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kedua hal ini akan selalu berkaitan satu sama lain. Perusahaan akan memiliki profit yang tinggi jika mampu mengelola klien dengan baik dan tepat. Pengelolaan klien perusahaan juga tidak jarang memiliki jumlah yang cukup banyak dan pastinya akan menghabiskan waktu jika dihitung secara manual.

Dalam inventaris bisnis, menentukan jumlah ideal klien yang dapat ditangani akan memaksimalkan kinerja pegawai yang sangat berdampak dengan keuntungan yang akan diperoleh. Fungsi mod di Excel ini akan membantu Anda dalam menghitung banyaknya klien yang dapat ditangani sesuai dengan aturan inventaris bisnis.

Trik Cara Menghitung Sisa Bagi Dengan Rumus Mod

Jika ditarik kesimpulan, banyak sekali rumus fungsi Excel yang berkaitan erat dengan pekerjaan manusia. Adanya fungsi Excel yang dijalankan oleh ahlinya tentu akan menjadi jalan bagi perusahaan dalam mengelola data-data pekerjaan dan menjalankan kegiatan operasional bisnis.

Pebisnis yang berkaitan erat dengan pengolah data seperti contoh kegunaan sistem mod Excel yang disebutkan di atas sudah selayaknya memiliki karyawan yang didukung dengan kemampuan mengoperasikannya. Cara menghitung sisa bagi dari produksi harus menjadi perhatian oleh karyawan terkait karena dapat membuat operasional perusahaan semakin efisien.

Trik cara cepat menghitung sisa bagi dengan rumus mod pada sheet Excel adalah sebagai berikut:

  • Buka Microsoft Excel.
  • Pilih file data yang akan dihitung sisa bagi angkanya dan open file.
  • Blok secara keseluruhan data yang akan diproses dengan cara ‘CTRL + A’ atau klik kanan dan seret kursor pada data.
  • Ketik pada kolom Excel rumus mod yaitu =MOD(number;advisor)
  • Klik ‘ENTER’ pada keyboard.

Cara menghitung sisa bagi dengan menggunakan rumus mod di atas cukup mudah untuk Anda terapkan. Rumus ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki data banyak dan angka yang cukup besar. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda memiliki data kecil untuk menggunakan mod agar pekerjaan Anda semakin cepat selesai.

Baca Juga:  Mengenal Rumus Trim pada Microsoft Excel

Microsoft Excel memberikan kesempatan untuk setiap penggunanya melakukan pekerjaan dengan efektif dan mudah. Semakin banyak fungsi rumus Excel yang Anda ketahui dan terapkan dalam kehidupan Anda maka akan semakin banyak punya kemudahan dan efisiensi waktu yang Anda miliki. Cara menghitung sisa pembagian menggunakan fungsi mod juga menjadi salah satu yang tidak boleh Anda lewatkan untuk dipelajari. 

Nah, untuk belajar Excel lebih baik lagi, Anda perlu mengikuti kursus IT terbaik di Coding Studio. Dengan tutor taraf internasional, Anda akan dibimbing dengan baik untuk menunjang karir Anda dalam bidang IT!