Belajar Cara Menggunakan Transpose Excel Menyenangkan

Apa yang dimaksud dengan transpose Excel? mungkin istilah transpose Excel akan sedikit asing bagi seseorang yang tidak berkecimpung di dunia pekerjaan pengolah data apalagi jika berbicara dengan cara menggunakan transpose Excel sudah pasti tidak akan ada gambaran sama sekali. 

Pada artikel ini akan mengupas tuntas mulai dari pengertian transpose Excel, bentuk fungsi dari transpose Excel hingga cara menggunakan fungsi transpose Excel sekaligus penerapannya dalam bidang pekerjaan. Simak sampai habis ya!.

Pengertian Transpose Excel

Transpose Excel adalah fungsi dalam Microsoft Excel yang digunakan untuk mengubah data horizontal menjadi vertikal atau pun sebaliknya. Fungsi ini memungkinkan mengolah data akan semakin sederhana dan jauh lebih cepat selesainya. Singkatnya, jika Anda memiliki data dalam bentuk menurun maka Anda dapat mengubahnya menjadi bentuk mendatar dengan fungsi transpose Excel. Apakah sudah ada bayangan mengenai fungsi transpose Excel ini?

Apa itu Rumus Fungsi Transpose Excel

Fungsi transpose yang terdapat pada Microsoft Excel ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk menyelesaikan data secara lebih cepat dan juga praktis. Beberapa orang yang belum mengenal fungsi transpose ini biasanya akan mengubah data vertikal menjadi horizontal secara manual yang pastinya akan membutuhkan waktu lebih banyak. 

Namun, dengan menggunakan fungsi transpose ini Anda dapat mengubah data dalam hitungan detik saja. Tertarik untuk mencobanya?

Apa Fungsi Transpose Pada Excel

Sudah bukan waktunya lagi jika Anda mengolah data dengan menggunakan cara manual. Bahkan beberapa orang masih rela untuk menyalin data dari lembar kerja Excel selanjutnya menempel data tersebut pada lembar kerja baru atau bahkan mungkin rela mengetik ulang satu per satu data dari setiap kolom Excel. Cara ini tentu tidak akan efektif jika diterapkan dalam sebuah perusahaan karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

Waktu yang efisien akan menunjang pertumbuhan profit perusahaan semakin tinggi. Tentu, perusahaan tidak akan merekrut karyawan yang tidak memiliki skill apalagi jika bekerja di bidang pengolah data. Dengan keahlian transpose Excel yang Anda miliki, sudah pasti akan meningkatkan nilai diri Anda dalam proses rekrutmen karyawan perusahaan.

Baca Juga:  Data Kuesioner Adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menggunakan transpose Excel, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengenal bentuk fungsi transpose pada Microsoft Excel. Belajar menggunakan Excel memungkinkan Anda akan menemukan shortcut yang akan semakin mempercepat pekerjaan karena tidak dilakukan secara manual termasuk pada transpose Excel. Fungsi transpose pada Excel adalah

Rumus Fungsi Transpose Excel
=TRANSPOSE(range)

Rumus fungsi transpose di atas akan menjadi kunci dalam menyusun data berupa kolom dan baris pada Excel secara efektif. Anda dapat mengubah data yang terdapat dalam kolom dan baris dengan bentuk horizontal atau vertikal sesuka hati dengan orientasi waktu yang lebih cepat karena tidak menggunakan cara jadul lagi. Lalu bagaimana cara menggunakan transpose Excel?

Bagaimana Cara Menggunakan Rumus Transpose di Microsoft Excel

Mengenali rumus transpose menjadi kunci utama untuk Anda dalam menyusun data yang terdapat pada lembar kerja Excel dan mengubahnya dalam bentuk susunan data mendatar atau pun menurun dengan cepat. Berikut ini cara menggunakan rumus transpose pada lembar kerja Excel yang perlu Anda pahami adalah sebagai berikut:

Cara Menggunakan Rumus Transpose di Microsoft Excel - Step 1

1. Tentukan Kolom Hasil Fungsi Transpose

Langkah awal untuk mengubah posisi data dalam cara menggunakan transpose Excel adalah menentukan kolom hasil fungsi transpose. Pemilihan kolom harus disesuaikan dengan jumlah data. Misalnya ada 10 data dengan 2 kolom dan 5 baris maka Anda harus memilih kolom hasil fungsi transposenya yaitu 5 kolom dan 2 baris. Caranya cukup dengan memblok kolom pada lembar kerja Excel dengan menggunakan klik kanan.

Cara Menggunakan Rumus Transpose di Microsoft Excel - Step 2

2. Input Rumus Transpose

Dari rumus transpose di atas yaitu =TRANSPOSE(range), perubahan posisi data dapat dilakukan dengan meletakan rumus tersebut pada bagian pojok kiri atas dari kolom Excel yang ditentukan sebagai hasil transpose data nantinya. Misalnya, Anda akan mengubah data mendatar pada rentang kolom A1 sampai E5 menjadi data menurun maka rumus yang dapat Anda tulis pada kolom hasil transpose kiri atas adalah =TRANSPOSE(A1:B5) lalu klik ENTER.

Cara Menggunakan Rumus Transpose di Microsoft Excel - Step 3

3. Gunakan short cut ‘CTRL+SHIFT+ENTER’

Dengan menggunakan langkah a dan juga b di atas, pada dasarnya untuk proses perubahan data dengan menggunakan rumus transpose sudah selesai dilakukan. Akan tetapi, sebagai catatan untuk data lebih dari 1 sel maka setelah menulis rumus bisa menekan fungsi tombol ‘CTRL + SHIFT + ENTER’. Apabila Anda hanya menekan tombol ENTER saja biasanya fungsi transpose ini tidak dapat digunakan karena data selnya terlalu banyak.

Baca Juga:  Coding Adalah: Definisi, Manfaat dan Jenis Bahasa Pemrograman untuk Coding

Itulah cara yang dapat Anda gunakan untuk mengubah posisi data baik data menurun atau pun data mendatar dalam lembar kerja Excel Anda. Selain menggunakan rumus transpose seperti yang diuraikan di atas, ternyata ada cara yang lebih sederhana yang bisa Anda lakukan. Penasaran bagaimana caranya?

Tidak hanya dapat mengubah data menggunakan rumus saja, melakukan transpose Excel juga dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana. Berikut cara menggunakan transpose Excel dengan hanya menggunakan cara klik kanan sebagai berikut:

  • Pilih data pada lembar kerja Excel yang akan diubah dengan cara blok semua data atau dapat dengan klik ‘CTRL + A’.
  • Klik kanan copy atau ‘CTRL + C’ melalui keyboard data yang telah Anda pilih.
  • Tentukan posisi data yang diinginkan dengan memblok kolom Excel baik horizontal atau pun vertikal’
  • Klik kanan pada mouse lalu pilih icon paste (tempel), pada daftar icon paste akan menawarkan beberapa pilihan maka untuk transpose Anda klik icon paste transpose yang bergambar tanda panah melengkung dari bawah ke kanan.
  • Selanjutnya, data transpose akan muncul langsung pada kolom lembar kerja yang Anda pilih.

Kedua cara diatas cukup mudah untuk diikuti bukan? Anda dapat memilih cara menggunakan transpose Excel dengan rumus fungsi transpose atau juga hanya dengan langkah klik kanan pada mouse yang menurut Anda cepat dan mudah.

Pekerjaan seperti akuntan yang tidak terlepas dari pekerjaan mengolah data membutuhkan skill yang cepat dan tepat dalam pekerjaannya. Rumus fungsi transpose ini sangat membantu pekerjaan seorang akuntan karena dituntut untuk mengubah posisi data dari vertikal ke horizontal dalam waktu singkat. 

Biasanya atasan tidak akan peduli bagaimana cara Anda mengubah data asalkan dapat memperoleh hasil dengan waktu yang cepat. Untuk itu, transpose Excel menjadi solusi terbaik yang harus digunakan.

Cara menggunakan rumus transpose di Excel cukup sederhana untuk dilakukan dan diterapkan dalam melakukan aktivitas pekerjaan pengolah data. Tidak ada alasan lain untuk Anda tidak menggunakan transpose Excel untuk mempercepat pekerjaan. Dari pada menggunakan cara jadul yang tidak efisien, dengan transpose Excel Anda akan memiliki waktu luang lebih banyak untuk melakukan aktivitas lainnya. 

Baca Juga:  Content Pillar Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Membuatnya

Ingin belajar Excel lebih jauh? Yuk ikuti kursus IT di Coding Studio. Anda akan dibimbing oleh tutor bertaraf internasional untuk menunjang karir Anda di dunia IT!