Apa Itu Referral? Pengertian, Manfaat, Jenis dan Cara Kerjanya

Referral adalah suatu strategi pemasaran yang bermanfaat untuk mendorong pelanggan dengan mengajak calon pelanggan baru lainnya. Referral juga memiliki banyak jenisnya seperti contohnya one way incentives referrer, two way incentives, one way incentives dan no incentives.

Referral artinya rujukan dengan mengajak orang lain untuk membeli suatu produk, membuat akun, membagikan akun dan sebagainya. Nah, agar Anda lebih memahami referral lebih lengkapnya bisa simak penjelasan mengenai, manfaat, jenis, cara kerja dan contoh dan cara membuatnya di bawah ini.

Manfaat Referral

Ada beberapa manfaat referral yang perlu Anda ketahui sebelum mencobanya, seperti:

Manfaat Referral

1. Memudahkan Menyebarkan Diskon

Adanya sistem referral akan memudahkan dalam penyebaran diskon pembelian suatu produk menggunakan kode referral. Anda akan mendapatkan kode referral dan dibagikan ke calon konsumen baru agar mereka menggunakan kode tersebut. Kode referral dapat dibagikan ke siapa saja untuk mendapatkan diskon yang diberikan.

2. Memberikan Banyak Keuntungan

Manfaat berikutnya dari referral adalah bisa memberikan banyak keuntungan, baik untuk Anda dan calon konsumen yang lainnya. Komisi yang Anda dapatkan saat ada aksi tertentu, seperti membeli produk, daftar akun dan sebagainya. Komisi yang didapatkan beragam sesuai dengan kebijakan dari penyedia jasa maupun layanan referral yang Anda ikuti.

3. Harga Produk Lebih Murah

Dengan adanya sistem referral kemungkinan harga produk jadi lebih murah. Anda bisa membeli suatu produk menggunakan kode referral yang sudah didapatkan. Besaran diskon yang diberikan tergantung dari jasa atau layanan yang memberikan, namun biasanya besar diskon kisaran 10% hingga 50% untuk para penggunanya.

Baca Juga:  Apa Itu Data Mining? Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya

Nah, jadi itulah beberapa contoh manfaat yang bisa didapatkan dari referral sehingga Anda harus memanfaatkannya secara maksimal agar mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Jenis Referral

Jenis-jenis referral untuk marketing yang kerap digunakan oleh jasa atau layanan pemberi referral yaitu:

1. One Way Incentives Referrer

One way incentives referral merupakan referral yang hanya memberikan komisi atau imbalan ke pelanggan yang merekomendasikan suatu produk atau untuk daftar akun saja.

2. Two Way Incentives Referral

Two way incentives referral merupakan referral yang memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, baik dari pihak pemberi atau penerima referral tersebut. Referral jenis ini biasanya dapat membuat pelanggan termotivasi lebih semangat untuk merekomendasikan suatu aksi ke calon customer baru.

3. One Way Incentives Referred

One way Incentives referred merupakan referral yang mana pelanggan yang akan memperoleh keuntungannya. Contohnya menggunakan kode referral, maka pelanggan mendapatkan diskon saat pembelian produk atau jasa yang diberikan.

4. No Incentives

No incentives merupakan referral yang tidak memberikan imbalan apa pun kepada pelanggannya. Referral jenis ini bisa berjalan apabila produk maupun layanan Anda membuat pelanggan merasa puas. Dengan demikian, dengan senang hati mereka akan merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada orang terdekat.

Itu dia beberapa jenis dari referral yang sangat umum digunakan oleh pihak penyedia referral pada umumnya.

Cara Kerja Referral Marketing

Cara Kerja Referral Marketing

Cara kerja penggunaan referral sangat sederhana dan mudah dipahami oleh pelanggan maupun calon pelanggan Anda nantinya. Nah, cara kerja penggunaan referral selengkapnya adalah:

1. Membuat Kode Referral

Kode referral merupakan kode yang bisa Anda bagikan ke member atau pengguna aplikasi. Kode referral dibuat secara berbeda-beda di setiap pelanggan yang mendapatkannya. Ada sejumlah aplikasi atau website yang bisa kustomisasi kode referral sesuai dengan keinginan juga.

2. Menyebarkan Kode Referral

Setelah kode referral dibuat dan pelanggan mendapatkannya, kemudian merek bisa langsung menyebarkan kode tersebut ke pengguna atau calon customer yang lainya. Biasanya cara menyebarkan kode referral yang banyak dilakukan melalui media sosial, blog atau website, mulut ke mulut dan sebagainya.

Baca Juga:  Direct Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi Dan Tips

3. Redeem Kode Referral

Saat kode referral digunakan oleh calon customer, maka sistem mendeteksi dan melakukan pengumpulan data berapa pengguna yang memakai kode tersebut. Penyedia kode referral melakukan verifikasi dari jumlah penggunaan kode referral.

4. Mendapatkan Keuntungan

Setelah proses verifikasi dilakukan, kemudian sistem memberikan keuntungan kepada pengguna kode referral sesuai dengan kebijakan yang sudah ditentukan sebelumnya. Contohnya mereka mendapatkan komisi uang, poin, promo diskon dan sebagainya.

Begitulah cara kerja penggunaan kode referral yang perlu Anda pahami sebelum memanfaatkannya.

Contoh Referral

Contoh-contoh penggunaan referral adalah suatu gym menawarkan link referral daftar member untuk mendapatkan diskon. Agar mendorong pelanggan merujuk kepada teman maupun keluarga mendapatkan diskon daftar member, maka pihak gym tersebut menyiapkan kode referral dan memberikan diskon kepada perujuk dan orang yang dirujuk untuk mendapatkan layanan gym.

Cara Membuat Referral

Cara Membuat Referral

Anda pasti penasaran seperti apa cara membuat program referral. Nah, di bawah ini merupakan tata cara pembuatan referral yang bisa Anda coba:

1. Menentukan Target Pasar

Anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu agar program referral berhasil. Anda bisa menentukan target pasar supaya pelanggan lama tidak merasa kesulitan membagikan kode referral yang telah didapatkan dan bisa memahami keuntungan yang didapatkan.

2. Menawarkan Imbalan yang Tepat

Menawarkan imbalan yang sesuai untuk meningkatkan brand awareness. Cara menawarkan imbalan yang menguntungkan bagi pelanggan adalah memberikan insentif untuk pelanggan lama, pelanggan referral atau kedua pelanggan.

3. Memakai Software Program Referral

Menggunakan software program referral juga bisa dilakukan untuk memantai keberhasilan program referral yang Anda berikan.

4. Mempromosikan Program Referral

Promosikan program referral yang Anda tawarkan ke pelanggan setia untuk mendapatkan banyak keuntungannya. Anda perlu mempelajari digital marketing agar bisa memasarkan produk dan layanan agar berhasil mendapatkan banyak komisi melalui Coding Studio.

Jadi, referral adalah suatu program yang berfungsi untuk mengajak pelanggan dengan merekomendasikan suatu produk atau aksi lainnya kepada orang lain.