Apa Itu Afiliasi? Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Apa Itu Afiliasi Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Afiliasi adalah sebuah langkah untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mendaftarkan diri di suatu perusahaan yang memberikan peluang menjual produk melalui afiliasi. Keuntungan dari sistem ini adalah untuk memperoleh keuntungan besar dari strategi marketing dengan cara menambahkan tautan maupun promosi di media sosial atau blog.

Singkatnya, bisnis afiliasi ini artinya cara memperoleh uang dengan menjual produk atau jasa dari perusahaan yang menyediakan program afiliasi. Setelah Anda memahami pengertian afiliasi, simak juga keuntungan, cara kerja dan contoh-contohnya di bawah ini.

Keuntungan Afiliasi

Keuntungan menggunakan program afiliasi adalah:

Keuntungan Afiliasi

1. Penghasilan Pasif

Program afiliasi bisa memberikan passive income dengan mudah dan cepat. Afiliasi merupakan tips mendapatkan penghasilan secara terus menerus tanpa harus intervensi berlebihan. Promosi yang dilakukan biasanya melalui platform media sosial dan akan tersimpan sampai kapan pun di sana. Setelah Anda memperoleh komisi tidak perlu memikirkan proses pengiriman maupun layanan pelanggan.

2. Modal Kecil

Adanya program afiliasi hanya membutuhkan modal kecil bahkan bisa dilakukan tanpa modal. Sebagai salah satu seorang affiliater marketers, Anda tidak harus mengeluarkan biaya untuk membeli produknya dan menyiapkan konsep pemasarannya. Anda hanya membuat blog atau daftarkan diri di akun media sosial kemudian bisa menampilkan konten yang terkait.

3. Jam Kerja Fleksibel

Afiliasi sangat menguntungkan karena jam kerjanya lebih fleksibel dibandingkan kerja kantoran. Anda bisa bekerja di waktu luang saja untuk mempromosikan suatu produk. Afiliasi termasuk jenis usaha online sampingan yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Namun biasanya ada beberapa aturan atau ketentuan dalam pembuatan kontennya.

Baca Juga:  Pelatihan Digital Marketing Academy

4. Bisa Bekerja dari Rumah

Keuntungan dari afiliasi adalah bisa bekerja di rumah atau mana saja sesuai dengan keinginan. Jadi seorang affiliate, Anda bebas memilih tempat untuk bekerja termasuk di rumah. Anda tidak harus mematuhi ham kerja dan bisa mengatur jadwal memasarkan produk atau jasa tersebut.

5. Penghasilan Murni dari Kerja Keras Anda

Penghasilan yang didapatkan jadi afiliasi merupakan kerja keras sendiri. Semakin kreatif dan usaha yang Anda lakukan pasti bisa menampilkan konten produk yang menarik dan berpeluang besar untuk mendapatkan komisi besar.

Di afiliasi pemasaran, kesuksesan ditentukan oleh kerja keras dan strategi penjualan produk yang menarik. Setelah Anda memahami apa itu afiliasi dan melihat beberapa affiliasi marketer di luar sana pasti tertarik untuk mencobanya karena bisa mendapatkan keuntungan dan pengalaman berharga.

6. Bisa Daftar Beberapa Program Afiliasi

Anda juga bisa daftar di banyak program afiliasi sehingga mendapatkan keuntungan lebih besar. Anda juga bisa memperluas jangkauan pasar untuk mendapatkan komisi lebih besar jika mulai mendaftarkan di sejumlah program afiliasi yang ditawarkan oleh perusahaan. Anda juga harus selektif dalam memilih perusahaan yang menawarkan program afiliasi agar tidak tertipu.

Nah, itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui program afiliasi.

Cara Kerja Afiliasi

Cara Kerja Afiliasi

Cara kerja program afiliasi yang paling umum adalah:

1. Mendaftar Program Afiliasi

Agar Anda bisa mengikuti program afiliasi pastinya harus daftar dahulu ke pemilik merchant atau suatu perusahaan. Cara daftar program afiliasi biasanya tersedia di masing-masing website atau akun media sosial perusahaan yang terkait. Jika pendaftaran Anda diterima biasanya diberikan tautan afiliasi maupun kode referral untuk digunakan di sejumlah platform. 

2. Mempromosikan Produk atau Jasa

Setelah Anda diterima menjadi affiliator, kemudian akan mulai mempromosikan produk atau jasa. Ada beberapa metode yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Salah satunya mereview produk melalui blog dengan menambahkan link afiliasi pada bagian konten. 

Promosi di media sosial paling banyak dilakukan, seperti Twitter, Facebook, Instagram dan yang lainnya. Anda juga bisa promosi melalui forum maupun komunitas yang relevan. Anda bisa mendapatkan pemahaman dan keterampilan pemasaran produk dan layanan online dengan mengikuti kursus di Coding Studio.

Baca Juga:  Carousel Adalah? Definisi, Jenis Dan Tips Membuat Carousel

3. Konsumen Memakai Kode Referral Affiliator

Saat calon konsumen membeli suatu produk afiliasi dari tautan unik maupun kode referral Anda, mak mereka ditandai sebagai pelanggan Anda. Tautan maupun kode tersebut memiliki fungsi untuk melacak konsumen yang melakukan pembelian produk. Di beberapa afiliasi, tautan maupun referral isinya potongan harga jadi pelanggan bisa membeli produk dengan harga terjangkau. 

4. Affiliator Mendapatkan Komisi

Setelah semua langkah di atas dilakukan, Anda akan mendapatkan komisi dari perusahaan tersebut. Hal juga bisa terjadi jika ada pelanggan yang membeli produk yang Anda promosikan. Besaran komisi afiliasi adalah tergantung dengan program afiliasi yang diikuti, jenis produk atau jasa yang ditawarkan dan sebagainya. 

Itulah cara kerja program afiliasi sehingga bagi Anda yang ingin memulainya bisa pahami cara kerjanya dahulu.

Contoh Afiliasi

Beberapa contoh program afiliasi yang cukup menjanjikan dan bisa Anda coba adalah:

Contoh Afiliasi

Affiliate By Me Tokopedia

Afiliasi Tokopedia merupakan salah satu program yang bertujuan untuk mempromosikan sejumlah produk maupun barang di aplikasi Tokopedia. Apabila barang yang Anda promosikan terjual dengan kode referral yang sudah Anda miliki, maka akan mendapatkan komisi. Komisi tersebut dibayarkan dalam waktu 1×24 jam. 

Program Afiliasi ZALORA

Di perusahaan Zalora, program afiliasi yang ditawarkan sama seperti program yang lainnya. Anda akan mendapatkan komisi apabila pembeli sudah menggunakan link maupun kode referral yang Anda miliki. Komisi yang diberikan mulai dari 4% sampai 6% dari setiap produknya. 

Amazon Affiliate Program

Amazon merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia dan mereka memberikan peluang bagi afiliator. Caranya mempromosikan produk yang mereka jual dan akan mendapatkan keuntungan sampai 10% di setiap produk yang terjual.

Jadi, afiliasi adalah suatu program kerja sama untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara daftar di perusahaan yang menawarkan program afiliasi.

Related Articles