Core Value: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Core Value Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Dalam sebuah bisnis, core value adalah bentuk intrinsik dari visi perusahaan atau bisnis yang ingin ditampilkan ke dunia luar. Prinsip tersebut akan turut serta menentukan nilai apa yang menjadi pegangan dan bagaimana bisnis akan menampilkan nilai tersebut ke hadapan masyarakat umum. 

Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa karyawan yang mengetahui dan memahami core value akan mempunyai tingkat keterlibatan lebih tinggi daripada karyawan yang tidak memahaminya. 

Pengertian Core Value

Untuk sebuah bisnis yang ingin membuat lingkungan usaha dengan adanya keterlibatan karyawan bisa mempelajari bagaimana cara menerapkan nilai di tempat kerja. Maka untuk memulainya, bisa terlebih dahulu dilakukan dengan memperjelas tujuan, visi dan individualitas mereka. Bahwa dampak dari penerapan nilai inti dalam bisnis akan memiliki pengaruh yang sangat kuat pada branding bisnis. 

Pengertian Core Value

Secara umum core value adalah sebuah cita-cita atau etika pribadi yang memberikan panduan pada saat akan membuat keputusan, membangun sebuah hubungan serta untuk mencari solusi dari masalah. 

Perusahaan maupun secara individu biasanya akan memilih kurang lebih 10 core value untuk memfokuskan cara dalam melakukan perekrutan karyawan dan mempertahankannya, berkomunikasi dan dalam pendekatan praktis harian. Dari penjelasan tersebut sekiranya bisa dipahami tentang apa itu core value yaitu prinsip dasar yang menjadi panduan untuk menjalankan bisnis. 

Fungsi Core Value

Fungsi core value sangat penting untuk membantu perusahaan atau bisnis dalam mencapai kesuksesan dengan jangka panjang. Lalu apa saja fungsinya?

Meningkatkan kinerja karyawan

Adanya core value yang jelas bisa membantu karyawan untuk bisa fokus pada tujuan bisnis sehingga bisa bekerja dengan maksimal. Karyawan yang paham core value akan mempunyai dorongan untuk bisa mencapai tujuan perusahaan, efeknya adalah meningkatkan efektivitas dan produktivitas operasional kinerja karyawan. 

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Learning Management System dan Contohnya

Bangun identitas perusahaan

Core value juga bisa membantu perusahaan untuk memiliki identitas bisnis yang khas dan lain daripada yang lain. Dengan begitu pelanggan akan jauh lebih mudah untuk mengenali bisnis serta meningkatkan brand awareness dengan baik. 

Membantu tingkatkan kepuasan pelanggan

Perusahaan atau bisnis yang bisa menerapkan core value dalam pelayanannya biasanya akan lebih memuaskan pelanggan. Hal tersebut memberikan keuntungan bagi bisnis, karena mereka akan setia menggunakan produk bahkan mungkin akan merekomendasikannya pada orang lain. 

Meningkatkan daya saing bisnis

Bisnis yang mempunyai core value yang kuat akan menjadikan posisinya lebih kokoh di persaingan pasar bisnis. Adanya core value yang sesuai dengan kebutuhan pasar sangat membantu membuat bisnis tampil lebih unggul di kalangan pesaing bisnis sehingga bisa meningkatkan daya saingnya. 

Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif

Core value adalah pedoman untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif bagi karyawan. Karyawan yang merasa mendapatkan motivasi kerja, penghargaan serta ada rasa memiliki bisa dibentuk dengan mudah dengan core value yang diterapkan secara konsisten.

Memudahkan keberlanjutan bisnis

Penerapan core value yang benar akan menjadikan perusahaan bisa terbantu untuk terjaga stabilnya keberlanjutan operasional bisnis. Selain itu akan memudahkan perusahaan untuk memperoleh dukungan dari rekan bisnis dan penanam modal yang memiliki kepedulian pada bisnis yang berkembang. 

Bantu pertahankan etika dan integritas bisnis

Peran pentingnya core value juga akan membantu bisnis atau perusahaan dalam menjaga etika dan integritas yang dimilikinya dalam menjalankan bisnis. Dengan begitu maka kepercayaan karyawan, pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya bisa terjaga dengan baik. 

Tujuan dan Contoh Penerapan Core Value

Tujuan Core Value

Maka bisa dipahami bahwa dengan memahami serta menerapkan core value yang kuat dalam sebuah bisnis akan membantu perusahaan atau bisnis untuk mencapai sukses jangka panjang. Selain itu, perusahaan atau bisnis juga akan bisa menghadapi adanya tantangan dan perubahan yang sangat mungkin terjadi di masa yang akan datang. 

Sehingga bisa dipahami bahwa tujuan core value salah satunya adalah untuk menjaga bisnis untuk tetap kokoh sekaligus bisa memiliki perkembangan seiring berjalannya waktu. 

Baca Juga:  White Box Testing Adalah: Fungsi dan Tekniknya

Contoh Penerapan Core Value

Contoh core value diantaranya adalah ketika di dalam sebuah perusahaan atau bisnis tersebar berita mengenai budaya tempat kerja yang tak baik. Reputasi yang buruk akan menjadikan perusahaan merasakan adanya tantangan rekrutmen karyawan seperti adanya kesulitan menemukan calon pekerja yang cocok. 

Lalu bagaimana cara penerapan nilai bisa membantu perusahaan untuk menemukan solusinya? Perusahaan bisa mulai menerapkan core value adalah dengan cara mendengarkan apa yang diinginkan karyawan dan menyesuaikannya dengan misi perusahaan. 

Usahakan tim kepemimpinan perusahaan memiliki pemahaman yang sama dengan karyawan dan bersedia bersama-sama untuk menerapkan nilai tersebut. Nilai perusahaan harus bisa ditetapkan sekaligus disepakati bersama agar supaya bisa berjalan beriringan. 

Langkah-langkah Untuk Membangun Core Value

Langkah-langkah Untuk Membangun Core Value

Berikut ini adalah beberapa langkah membangun core value perusahaan yaitu :

  • Usahakan untuk bisa mendorong adanya transparansi dalam bisnis sehingga bisa memperoleh kepercayaan karyawan, adanya koneksi dengan tim kepemimpinan dan mendapatkan keterlibatan karyawan
  • Berikan proses orientasi karyawan berlangsung lancar dan pastikan mereka mendapatkan dukungan penuh dalam kinerja mereka
  • Mendorong ketahanan karyawan untuk bisa melampaui batas kemampuannya sehingga bisa menjalani masa yang sulit
  • Berupaya untuk menciptakan budaya kerja yang penuh semangat diantaranya dengan adanya rasa saling menghormati dan saling percaya
  • Buat karyawan untuk bisa memahami dan menghargai nilai-nilai yang ada dalam perusahaan sehingga mereka merasa menjadi bagian dari perusahaan atau bisnis

Sekian ulasan tentang core value adalah sesuatu yang penting untuk mengembangkan bisnis. Yuk persiapkan dirimu untuk belajar keahlian yang dibutuhkan dalam dunia bisnis masa kini dengan Coding Studio. Tersedia beragam jenis kursus IT sesuai dengan bidang teknologi yang Anda minati dan daftarkan diri Anda sekarang juga.

Related Articles