Apa Itu Computational Thinking? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Computational Thinking adalah sebuah skill penting yang sangat diperlukan di era digital terutama dengan persaingan dunia kerja yang semakin keras. Skill ini wajib dimiliki para pekerja saat ini untuk bisa membantu perusahaan atau pemerintahan meningkatkan kinerja dan mengembangkan usaha. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai Computational Thinking ini dan juga manfaat memiliki skill tersebut.

Apa Itu Computational Thinking? 

Pengertian Computational Thinking sendiri merupakan sebuah skill berpikir yang menerapkan cara berpikir komputasi yang meliputi pengetahuan dan ketrampilan. Skill ini digunakan untuk berbagai macam hal mulai dari mengatasi masalah yang rumit sampai mempelajari berbagai topik dan disiplin ilmu. Dasar berpikir dari Computational Thinking ini adalah logika, algoritma dan abstraksi yang merupakan bagian dari pilar Computational Thinking. 

Apa Itu Computational Thinking

Skill ini sangat diperlukan karena mampu menguraikan masalah dengan baik dan menemukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Kemampuan berpikir runtut dan membuat sistem tersendiri dalam mengatasi beragam masalah yang dibutuhkan menjadi fondasi dalam Computational Thinking. 

Pilar Dalam Computational Thinking

Pilar dalam Computational Thinking sendiri terbagi menjadi 4 yang menjadi dasar bagaimana kita bisa memiliki skill tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan masing-masing pilar supaya kalian bisa memahaminya dengan baik. 

Pilar Dalam Computational Thinking

1. Dekomposisi 

Dekomposisi itu adalah penguraian satu masalah untuk bisa memahami akar masalah dan poin-poin yang harus diselesaikan dalam masalah tersebut. Kalian jadi tahu bagian-bagian kecil dari masalahnya yang harus diselesaikan dan pada akhirnya menyelesaikan masalah secara keseluruhan. 

2. Membaca Pola Masalah

Setiap masalah tentunya memiliki pola tersendiri dan kemampuan untuk membaca pola permasalahan itu juga menjadi pilar yang penting. Pilar ini menuntut kalian untuk bisa membaca persamaan yang membentuk pola dalam setiap masalah yang kalian jumpai. Dari pembacaan pola ini menjadikan Computational Thinking adalah sistem terbaik untuk mengatasi masalah yang efektif. 

Baca Juga:  7 Rekomendasi Pekerjaan Online di Rumah

3. Abstraksi

Abstraksi adalah pengumpulan informasi dari masalah dan mulai mengidentifikasi bagian-bagian kecil dari masalah yang sudah diuraikan. Identifikasi ini akan memisahkan masalah yang penting dan masalah yang mungkin tidak terlalu penting untuk diselesaikan. 

4. Algoritma

Algoritma itu adalah sebuah kerangka berpikir dan kerangka bekerja untuk bisa menyelesaikan masalah yang sudah ditemukan. Jadi tahapan ini kalian sudah memiliki tahapan-tahapan yang bisa menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien. Algoritma ini menjadi pilar paling akhir dan menjadi konklusi dalam sebuah skill Computational Thinking. 

Keempat pilar di atas memang menjadi dasar berpikir dalam sebuah proses komputasi termasuk juga dalam pembuatan program komputer. Tapi sebenarnya skill tersebut tidak hanya bisa digunakan pada komputasi saja, akan tetapi juga dalam beragam permasalahan hidup. Kalian jadi bisa menguraikan masalah dengan baik dan menemukan solusi yang tepat dengan tahapan yang benar. 

Manfaat Skill Computational Thinking

Bisa dibilang Computational Thinking merupakan modal yang penting menghadapi perkembangan jaman, karena memiliki banyak manfaat. Berikut ini kami akan jelaskan manfaat Computational Thinking yang bisa kalian rasakan saat sudah menguasai skill tersebut. 

  1. Kemampuan untuk menyederhanakan masalah yang sulit dan menemukan solusi yang paling tepat dan efektif menjadi manfaat utama dari Computational Thinking. 
  1. Mendorong kreativitas yang ada di dalam diri kita, karena kita terdorong untuk membuat suatu terobosan sistem dalam menghadapi masalah. 
  1. Membentuk pola pikir yang runtut dan juga logis terhadap permasalahan atau terhadap satu disiplin ilmu. 
  1. Membantu kita bisa bekerja dengan jauh lebih efisien dan tentunya akan jadi jauh lebih profesional. 

Dari beberapa manfaat di atas kita tahu Computational Thinking adalah kemampuan berpikir yang bisa diterapkan di berbagai aspek kehidupan. 

Contoh Sederhana Computational Thinking

Contoh Sederhana Computational Thinking

Tentunya di masa sekarang ada banyak sekali contoh Computational Thinking, salah satunya jelas program atau software yang banyak digunakan saat ini. Tapi kalau ingin lebih memahaminya secara sederhana itu seperti misalnya pembuatan SOP atau standar operasional pekerjaan. Pada sebuah perusahaan tentunya setiap pekerjaan dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah dan Computational Thinking sangat dibutuhkan. 

Baca Juga:  Apa Itu SIEM? Pengertian, Cara Kerja dan Contohnya

Ada beberapa langkah yang menjadi penerapan dalam Computational Thinking ini, berikut penjelasannya. 

  1. Penguraian masalah dengan melakukan analisis dalam masalah dan menemukan poin-poin dari masalah yang harus segera diselesaikan. 
  1. Identifikasi masalah dan mulai mencari solusi yang sistematis untuk menyelesaikan setiap poin dari masalah yang ditemukan. 
  1. Buat langkah yang sistematis untuk menyelesaikannya dan tentunya bisa diukur untuk menyelesaikan masalah tersebut. 
  1. Evaluasi untuk menemukan kelemahan dari solusi yang sudah ditemukan dan mengembangkan solusi yang lebih baik dan efektif. 

Pembelajaran Skill Computational Thinking 

Pembelajaran Computational Thinking sendiri memang ada beberapa proses dan tahapan, berikut ini kami akan jelaskan tahapannya. 

  1. Tahapan Computational Thinking pertama itu sudah pasti adalah pemahaman akan konsep berpikir secara komputasi itu seperti apa. Kalian mungkin bisa mencari informasinya di internet atau mengikuti kursus untuk bisa memiliki skill Computational Thinking ini. Coding Studio menjadi tempat yang tepat bila kalian menginginkan kursus terkait dengan IT termasuk Computational Thinking ini.
  1. Tahapan Computational Thinking kedua adalah terus mengasah kemampuan tersebut untuk mempertajam skill tersebut dan meningkatkannya. Kalian mungkin bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, baik untuk masalah yang kecil atau juga masalah yang besar. 

Memiliki Computational Thinking adalah modal besar untuk kalian bisa bersaing di dunia kerja atau bahkan di dunia bisnis. Pelajarilah untuk kemungkinan sukses yang jauh lebih besar.