Mengenal Web Accessibility dan Cara Meningkatkannya

Mengenal Web Accessibility dan Cara Meningkatkannya

Secara fundamental, sebenarnya web didesain supaya dapat digunakan semua orang dan terlepas dari perangkat lunak, perangkat keras, lokasi, bahasa, maupun kemampuannya. Web accessibility adalah suatu hal yang penting karena web yang mudah diakses akan dapat memenuhi kebutuhan targetnya. 

Website umumnya akan dapat diakses dengan orang yang mempunyai kemampuan dalam bergerak, mendengar, kognitif, dan melihat yang berbeda. 

Akan tetapi jika website mempunyai desain buruk sehingga aksesibilitasnya berkurang akan tercipta sebuah hambatan yang bisa menutup akses untuk beberapa orang saat memakai website. 

Pengertian Web Accessibility

Apa itu web accessibility? Sederhananya web accessibility adalah akses setara untuk semua orang. Website yang bisa diakses merupakan situs yang bisa di navigasi serta dipahami semua orang maupun disabilitas. 

Pengertian Web Accessibility

Untuk profesional website, membuat website yang bisa diakses itu artinya menerapkan standar pengembangan tertentu supaya konten web bisa dipahami dan dioperasikan secara baik. Walaupun awalnya dikembangkan guna membantu penyandang disabilitas. Kenyataannya desain web yang bisa diakses sudah terbukti memberikan manfaat untuk khalayak lebih luas. 

Web Accessibility Kenapa Penting?

Tentunya kalian bertanya-tanya kenapa web accessibility penting. Untuk menjawab pertanyaan tersebut simak informasi berikut. 

1. Memperluas Audiens

Kesalahpahaman yang kerap terjadi banyak yang mengira jika web accessibility adalah suatu hal yang sengaja dikembangkan untuk penyandang tunanetra ataupun tuli saja. Namun tahukah kalian jika para disabilitas mengakses website dengan berbagai alat. 

Tentunya jika kalian bisa mengembangkan aksesibilitas web secara benar akan bisa memperluas audiens. Supaya website bisa diakses oleh semua orang, kalian perlu memperhatikan beberapa prinsip dasar seperti konten mudah dipahami, web mudah dioperasikan, dan kuat. 

Baca Juga:  Hreflang: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Tentunya ketika situs web mudah untuk diakses baik melalui perangkat seluler ataupun web, maka bisa meningkatkan jangkauan dengan signifikan tanpa perlu menggunakan akomodasi khusus untuk mengaksesnya. 

2. Mampu Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Prinsip aksesibilitas website tadi selaras dengan praktik terbaik dari desain web. Saat konten mudah untuk dilihat, dipahami, serta dioperasikan maka setiap pengguna akan memperoleh keuntungan. Contoh aksesibilitas yang bermanfaat untuk semua orang. 

  • Closed caption ukuran bisa mengakomodasikan penyandang disabilitas pendengaran. 
  • Rasio kontras dari warna yang sesuai guna memastikan jika teks bisa dibaca penyandang disabilitas penglihatan. 
  • Proses otentikasi pengguna lebih sederhana bisa mengakomodasi orang yang mempunyai gangguan mobilitas ataupun memori. 
  • Menulis konten secara jelas dan ringkas bisa mengakomodasi penyandang dengan keterbatasan belajar. 

3. Biaya Pemeliharaan Murah

Website yang mudah untuk diakses akan memiliki waktu muat yang lebih cepat, sedikit kesalahan, dan juga posisi mesin pencarian lebih baik. Ketika kalian telah siap untuk menambahkan fitur, mendesain ulang situs, ataupun menyegarkan konten maka kalian perlu membayar untuk pengembangan serta pemeliharaan yang lebih sedikit. 

4. Kewajiban Hukum dan Etika

Web accessibility adalah suatu kewajiban hukum serta etika karena sudah banyak negara yang mempunyai undang-undang serta peraturan terkait dengan hal itu. Sebenarnya jika aturan tersebut tidak ada sekalipun, peningkatan aksesibilitas web akan sangat bermanfaat. 

Namun saat ini sudah banyak pelaku usaha yang memprioritaskan para pengguna yang menyandang disabilitas guna menghindari konsekuensi hukum. 

Cara Meningkatkan Aksesibilitas Web

Cara Meningkatkannya Aksesibilitas Web

Cara meningkatkan web accessibility bisa dilakukan dengan cara menerapkan beberapa strategi kunci guna mengatasi tantangan aksesibilitas secara efektif. 

1. Penambahan Teks Alt Pada Gambar

Caranya kalian bisa memberikan deskripsi secara singkat dan jelas pada setiap gambar dan mengkomunikasikan informasi kunci tanpa memakai kata berlebihan. 

Tambahkan kata kunci relevan yang berkaitan dengan isi gambar, akan tetapi tetap pastikan menjaga kejelasan serta ketepatan informasi. 

Hindari juga pemakaian frasa berlebihan semacam “gambar dari” dikarenakan pembaca layar telah mengidentifikasikan konten tersebut sebagai gambar. 

Baca Juga:  SCSS: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

2. Letakan Judul Dengan Tepat

Buat struktur judul secara tegas serta terorganisir dengan cara menggunakan tag heading HTML. Selanjutnya pelihara susunan hierarki guna memastikan jika judul mencerminkan organisasi serta hierarki konten akurat. Struktur ini menjadi penting karena dijadikan paduan navigasi oleh pengguna. 

3. Perhatikan Kontras Warnanya

Lakukan evaluasi terhadap kontras warna yang dimiliki dan sasaran untuk rasio kontras minimum yakni 4,5:1 (teks normal) serta 3:1 (teks besar). Ini sangat penting diperhatikan supaya tulisan di website kalian mudah dibaca pengguna yang mempunyai gangguan penglihatan. 

Lakukan pengecekan berkala pada kombinasi warna dan khususnya di elemen teks serta latar belakang. Hal ini dilakukan untuk memastikan jika standar aksesibilitas bisa tetap terjaga. 

4. Buat Link Deskriptif Mudah Diakses

Buatlah teks link yang mempunyai makna serta deskriptif, jadi kalian memberikan pemahaman secara jelas untuk pengguna terkait konten yang dituju.  

Hindari pemakaian frasa umum semacam “klik di sini” dan pakailah bahasa deskriptif guna mengkomunikasikan tujuan dari tautan secara jelas. Pastikan jika teks tautan mempunyai relevansi kontekstual bersama isi konten. 

5. Uji Navigasi Keyboard

Lakukanlah uji navigasi keyboard dengan rutin dengan memakai keyboard guna mengidentifikasi serta menangani potensi terkait masalah navigasi.  

Selanjutnya pastikan seluruh elemennya interaktif dan tambahkanlah tautan berupa “lewati ke konten” pada bagian awal halaman agar pengguna keyboard bisa melewati navigasi berulang serta langsung mengakses ke konten utama.

Jadi web accessibility adalah suatu hal yang penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengakses web. Salah satu cara meningkatkan pengalaman pelanggan dengan melakukan front end development dan jika tertarik dengan itu maka bisa belajar di Coding Studio. Bagi pemula jangan khawatir karena kalian akan mendapatkan pembelajaran mulai dari dasar.

Related Articles