Fungsi Index dan Match Di Microsoft Excel

Kombinasi antara fungsi index dengan fungsi match pada Excel bisa menjadi alternatif rumus ideal untuk mencocokkan data-data. Kombinasi tersebut sangat berguna sebagai alternatif rumus atau fungsi Vlookup. Untuk memahami lebih lanjut seputar kedua rumus tersebut, simak pembahasan kali ini. 

Mengapa Harus Belajar INDEX MATCH?

Saat kita menjalankan tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan data di spreadsheet, biasanya ada kalanya harus mencari data tertentu. Data tersebut kemudian perlu diolah. Kalau semisal data tersebut sulit kita temukan, terutama kalau terdapat banyak row dan column, akan lebih sulit.

Saat mencari data tersebut secara manual, akan lebih banyak waktu yang digunakan. Terutama kalau membutuhkan penemuan banyak data yang dipakai untuk mengisi row/ column di spreadsheet kita. Misalnya kita memiliki tugas mengisi data harga produk sesuai dengan nama produknya. 

Angka harga tersebut diambil melalui database besar yang berisikan bermacam-macam detail mengenai produk perusahaan. Karena merupakan database kumpulan, terdapat banyak detail produk perusahaan. Pastinya terdapat berbagai entri dan kolom produk, jumlahnya bahkan bisa sangat banyak. 

Pada akhirnya akan menyulitkan kita jika ingin menemukan variabel tertentu pada produk tertentu misal harga. Mungkin kita perlu hal tersebut secepat mungkin agar bisa membuat dokumen. Misalnya invoice untuk dikirim ke distributor yang rencananya membeli produk kita.

Semisal kondisinya seperti itu, sangat membantu kalau ada solusi yang dapat membantu kita menemukan data dengan lebih mudah atau secara otomatis. Meski ada banyak row/ column, kita bisa cepat menemukannya sesuai indikator tertentu. Kalau pada contoh di atas, maka indikator yang digunakan yaitu harga maupun nama produk terkait. 

Rumus atau fungsi index maupun match bisa membantu pencarian cell range yang dimaksud di atas. Data pada cell range bisa ditemukan secara arah vertikal-horizontal berdasarkan input indikator pada penulisan formulanya. Agar lebih jelasnya mengenai index match, simak pembahasan selanjutnya.

Baca Juga:  Belajar Ms Office: 7 Manfaat Belajar Office Sejak Dini

Apa Yang Dimaksud Dengan Index Match?

Fungsi index match merupakan suatu kombinasi formula yang tujuannya adalah menemukan data melalui kumpulan cell di spreadsheet. Rumus tersebut menjadi kombinasi dua formula, sementara masing-masing rumus sebenarnya memiliki kegunaan sendiri. Kita bisa mencari data dengan menginput posisi detail cell baris. 

Apa itu Fungsi Index Match

Lalu kegunaan lainnya yaitu memberikan posisi detail cell suatu data. Kalau sudah ada indikator detail cell, langsung dapat dimasukkan ke formula Excel index match ini. Pada akhirnya bisa mencari tahu hal tertentu yang kita inginkan berdasarkan indikator tersebut.

Fungsi Index Match Pada Excel

Fungsi index pada Excel ialah untuk mendapatkan data melalui range/ array data berdasarkan informasi cell (baris dan kolom). Sementara fungsi MATCH yaitu memiliki detail posisi index yang dicari melalui range pencarian data.

Rumus Index Match

Sebenarnya rumus fungsi index dan match hampir mirip VLOOKUP dengan HLOOKUP. Tetapi yang perlu kita ingat yaitu INDEX MATCH bisa mencari sesuatu pada cell langsung tanpa mempedulikan proses pencarian vertikal-horizontal. Kombinasi ini juga lebih fleksibel, input penulisan rumusnya dapat kita ganti-ganti berdasarkan kebutuhan proses pencarian,

Rumus Index Match

Agar memahami cara menggunakan fungsi index match pada Excel, pahami input untuk kedua formula tersebut di bawah ini:

=INDEX(array,row_num,column_num)

Dari rumus di atas, kita perlu tahu array merupakan cell range lokasi kita ingin mencari data terkait. Sementara row_num di atas berarti posisi baris pada cell range lokasi data terkait berada. Lalu column_num adalah posisi kolom pada cell range Excel tempat datanya berada. 

Rumus Match

Seperti itulah rumus index, lalu untuk match, berikut detail rumusnya:

=MATCH(lookup_value,lookup_array,match_type)

Detail lookup_value berarti nilai yang dicari pada baris/kolom sementara lookup_array yaitu cell range lokasi pencarian. Komponen match_type ini adalah komponen opsional. Pencarian yang hendak dilakukan apakah itu ingin sama persis, lebih besar dan sama persis atau lebih kecil dan sama persis. 

Saat memakai INDEX MATCH, kamu harus menentukan indikator pencarian pada baris/ kolom, maupun keduanya. Dengan begitu, kamu bisa tahu lokasi kamu hendak memakai MATCH pada formula INDEX. Pada akhirnya kamu bisa mencari indikator lalu selanjutnya hasil akan diperlihatkan sebagai input utama hasil dari INDEX.

Baca Juga:  Memahami Peran Microsoft Excel untuk Analisis Data

Keuntungan Memakai Rumus Formula Index-Match Di Excel

Fungsi index dan match di Excel mampu memberikan keuntungan kepada yang menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan memakai formula kombinasi Index-Match ada Microsoft Excel:

  • Fungsi index yang berpadu dengan match mampu menggantikan fungsi dari LOOKUP, VLOOKUP maupun HLOOKUP. Kita tidak perlu lagi pusing-pusing dalam memilih-milih fungsi Excel tertentu yang paling ideal digunakan.
  • Mampu melakukan pencarian data ke kiri, hal ini tidak dapat dilakukan dengan menggunakan vlookup. Saat kita memakai index-match, maka arah pencarian bisa lebih fleksibel dan mampu mempermudah tugas Excel.
  • Dapat insert kolom lebih aman, kalau memakai fungsi Vlookup, kita harus menyesuaikan nomor kolomnya lagi.
  • Fungsi MATCH dapat mencari data dengan memakai karakter secara lebih leluasa. Proses pencarian yang kamu lakukan pun bisa lebih dinamis lagi.
  • Saat mengelola data besar, Index-Match relatif bisa dilakukan lebih cepat kalau dibandingkan fungsi LOOKUP yang disebut sebelumnya baik itu VLOOKUP atau pun HLOOKUP. Untuk kamu yang punya tugas mengelola data perusahaan, Index-Match merupakan salah satu solusi yang ideal kamu gunakan.
  • Index-match juga bisa kamu gunakan bersama berbagai fungsi-fungsi lainnya, kebutuhan Excel kompleks pun bisa kamu lakukan. 

Fakta Mengenai Index Excel

Terdapat beberapa fakta-fakta tertentu yang bisa kamu temukan saat menggunakan INDEX melalui Excel. Berikut beberapa fakta dari formula atau rumus Index tersebut:

  • Rumus INDEX bukan mengambil Format. Contohnya misal Cell yang memakai Format Cell baik itu border, font, warna dan lain sebagainya. Misal untuk Conditional Formatting yaitu Color Scales, Data Bars dan lain sebagainya. Sedangkan untuk Data Validations yaitu misalnya daftar Drop Down. 

Konsep seperti ini mungkin bisa sering kamu temukan saat memakai Copy Paste versi Special

  • Rumus INDEX akan mengambil nilai secara default. Kalau Cell pada Range sumber datanya berupa Rumus, Excel mengambil hasil saja.
  • Kalau kamu ingin memakai rumus INDEX pada beda Sheet lalu memakai sumber data berbentuk Named Range, hanya dapat menggunakan INDEX model Array saja. Sementara sumber data yang berbentuk referensi biasa contoh C4:E11), bisa memakai dua macam INDEX. Pada kasus tersebut, kamu bisa memakai baik itu Index versi Array maupun Reference.
  • Akan semakin maksimal fungsi index kalau kamu gabungkan dengan beberapa fungsi lain. Bisa dengan IF, IFERROR dan lain sebagainya, sesuaikan saja dengan pekerjaan atau tugas kamu.Itulah pembahasan kali ini mengenai fungsi dari formula index-match.
Baca Juga:  Passkey: Pengertian, Sejarah, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

Kamu bisa mempelajari lebih banyak lagi ilmu dan skill IT melalui Coding Studio. Di sana kamu bisa mendapatkan pelatihan secara fleksibel dengan pengajar berpengalaman. Semoga bahasan seputar fungsi index kali ini bisa bermanfaat.