Max If Excel, Rumus Nilai Tertinggi Excel

Max If Excel, Rumus Nilai Tertinggi Excel

Pada bahasan kali ini, akan dibahas salah satu penggunaan bentuk fungsi IF yang cukup populer yaitu Max If Excel. Kombinasi rumus tersebut bisa kamu gunakan jika ingin mencari data nilai terbesar pada kumpulan angka dengan entri data yang sesuai kriteria tertentu. Beda kalau dibandingkan fungsi umumnya di Excel, Max If dipakai untuk pencarian nilai tertinggi melalui kondisi tertentu. 

Apa Yang Dimaksud Dengan Max If Di Excel?

Max if merupakan salah satu jenis rumus yang bisa kamu temukan pada Microsoft Excel. Ada pun fungsi dari Max If yaitu mencari nilai paling besar dari kumpulan data-data berdasarkan kondisi tertentu. Pada penggunaan Max itu sendiri, rumus Excel satu ini biasa digabungkan memakai rumus IF.

Apa itu Rumus Max if Excel

Sehingga bisa menentukan kondisi atau kriteria yang perlu dipenuhi data sebelum hendak dicari nilai paling besarnya di Excel. Sebagai cara mencari nilai tertinggi di Excel, perpaduan IF dan MAX sering diandalkan banyak pihak.

Konsep Penulisan Rumus Excel Max If

Untuk kamu yang sedang membutuhkan rumus nilai tertinggi Excel, inilah salah satu rumus yang ideal kamu gunakan. Saat menggunakan Max If, kita perlu menambahkan kriteria terkait untuk fungsi MAX. Agar bisa membuat MAX memakai kriteria yang kamu butuhkan, kita perlu menggabungkannya dengan memakai fungsi IF. 

Rumus Max If

Kalau secara umum, inilah penulisan kombinasi antara MAX dengan IF:

{=MAX(IF(criteria_range=criteria[¦],number_range))}

Supaya lebih jelas input yang dipakai pada penulisan formula Max If Excel, coba lihat penjelasan detail di bawah ini:

  • criteria_range pada formula di atas berarti cell range yang berisikan data terkait yang hendak evaluasi sesuai kriteria yang dibutuhkan.
  • criteria merupakan kriteria tertentu yang ingin pengguna gunakan dalam melakukan seleksi angka yang nanti hendak dibandingkan agar bisa tahu nilai terbesar.
  • [¦] yang merupakan komponen opsional ini merupakan pasangan range cell beserta kriteria tambahan kalau semisal kamu perlukan. Nantinya kamu perlu menuliskan IF tambahan. 
  • number_range berarti cell range Excel lokasi angka dengan entri data yang memenuhi kriteria tertentu. Komponen ini akan diambil agar bisa diperbandingkan lalu didapatkan nilai paling terbesarnya.
Baca Juga:  Mail Merge: Pengertian, Fungsi, Contoh dan Cara Membuatnya

Itulah detail mengenai berbagai komponen yang bisa kamu temukan pada formula Max If. Lalu kemudian nantinya diakhiri dengan memakai Ctrl+Shift+Enter. Dengan kombinasi tombol tersebut, bisa mengubahnya menjadi formula Array. Bentuk array diperlukan karena kita memakai IF agar dapat melakukan evaluasi datanya pada konsep cell range. 

Saat menggunakan rumus yang umumnya memiliki masukkan satu data dalam mengelola cell range, versi array diperlukan untuk penulisannya. Seperti itulah gambaran konsep rumus Excel nilai tertinggi satu ini.

Tahap-Tahap Penulisan Max If

Selanjutnya akan dijelaskan detail langkah-langkah seperti apa yang perlu kamu tahu seputar penulisan kombinasi rumus max if. 

  1. Mulai dengan mengetik terlebih dahulu tanda = atau sama dengan. Tulis = tersebut di lokasi cell di mana kamu ingin menaruh Max If Excel
  1. Lanjutkan dengan mengetik MAX, bisa memakai huruf besar semua atau memakai huruf kecil. Masukkan buka kurung sebagai tahap setelahnya. 
  1. Mengetik IF, kamu bisa memakai baik itu huruf besar maupun kecil juga untuk IF, lalu input buka kurung
  1. Input cell range lokasi data yang hendak dievaluasi dengan kriteria/ kondisi terkait berada. Masukkan sama dengan atau = , bisa juga tanda bantu lainnya yang melambangkan evaluasi data pada cell range bersama kriteriamu
  1. Input kriteria yang hendak dipakai agar bisa melakukan evaluasi data Excel di input cell range target kamu tadi.
  1. Terdapat langkah opsional yang perlu kamu pahami, jelasnya yaitu input pasangan range cell dan jenis kriteria lainnya kalau memang kamu butuhkan. Ada dua macam cara yang bisa kamu terapkan dalam tahap menginput pasangan cakupan cell beserta kriteria tambahannya.

Bisa dengan input , atau tanda koma, ulangi tahap 3-5. Terus ulangi input tanda koma beserta langkah 3-5 hingga setiap pasangan range cell dan kondisi kamu sudah diinput. Sedangkan cara lainnya yaitu membuat tanda kurung yang mengelilingi input tahap 4-5 di atas. Masukkan * atau tanda bintang lalu ulangi tanda kurung beserta tahap 4-5. Tanda bintang beserta tanda kurung perlu diulangi terus, termasuk langkah 4-5 sampai seluruh pasangan range sel serta kondisi sudah diinput

  1. Ketikan tanda koma, masukkan range sel lokasi angka-angka yang hendak diperbandingkan agar diambil detail nilai terbesar berada. Angka di Excel yang sejajar data-data tertentu yang lolos seluruh kriteria saja yang diambil sebagai proses perbandingannya
  1. Pakai tutup kurung beserta jumlah sesuai tertentu yang diperlukan berdasarkan buka kurung tertentu yang belum kamu tutup dengan memakai penulisan Max If Excel . 
  1. Langkah selanjutnya yaitu dengan menekan Ctrl+Shift+Enter, tekan kombinasi tombol tersebut pada perangkat Mac. Kamu bisa menekan Command plus Enter pada Excel versi sebelum 2016. Tombol lain yaitu Control+Shift+Enter kalau versi Excel yang digunakan versi 2016 dan versi setelahnya.

Panduan Penting Menggunakan Rumus Max If

Jenis rumus fungsi Excel untuk menentukan nilai tertinggi atau terbesar adalah Max If ini. Terdapat beberapa catatan tertentu yang perlu kamu perhatikan agar berhasil memakai fungsi rumus Excel satu ini. 

  • Criteria yang nanti digunakan untuk Max If harus merupakan angka atau teks. Tidak boleh referensi rumus atau sel agar Max If bisa berhasil kamu gunakan.
  • Range yang nanti digunakan untuk Max If harus merupakan sel atau berupa kumpulan sel bersebelahan.
  • Kalau criteria atau range yang dipakai terkandung teks, teks tersebut perlu diapit memakai “ atau tanda petik.
  • Kalau kamu hendak mencari nilai paling kecil memakai kriteria tertentu, cukup mengganti saja rumus MAX yang sudah dibuat menjadi MIN. Dengan modifikasi penulisan simple seperti ini, kamu bisa mendapatkan hasil secara efektif. Pemakaian rumus MIN IF itu sendiri hampir mirip dengan MAX IF di Excel yang sudah diajarkan tadi di atas. 
  • Bisa juga kamu memakai SUMPRODUCT MIN kalau tidak mau menggunakan versi array
  • Kalau memiliki software Excel dengan versi lebih atas dari 2019, bisa gunakan MAXIFS sebagai cara lebih mudah. Kamu sudah tidak lagi mengkombinasikan MAX bersama IF. Sementara MAXIFS mempunyai kegunaan sama persis sehingga bisa menjadi alternatif ideal untuk Max If Excel
Baca Juga:  Pengertian Range dalam Microsoft Excel

Dengan kamu memperhatikan beberapa catatan-catatan tersebut, diharapkan rumus Excel satu ini bisa memiliki hasil tepat. Kamu pun bisa mendapatkan nilai terbesar di Excel sesuai kriteria yang kamu butuhkan.

Sebenarnya ada kemiripan Max-Min dengan Large-Small. Misal kalau berencana ingin mencari data nilai paling kecil ke-n memakai kriteria tertentu. Tinggal ganti rumus LARGE ke SMALL pada penulisan kamu. Penggunaan SMALL IF ini hampir mirip pemakaian rumus LARGE IF. Bisa gunakan juga SUMPRODUCT SMALL kalau tidak ingin memakai rumus array.

Agar kamu bisa memahami Max If Excel dan ilmu Excel atau pembahasan IT lainnya, kamu bisa coba ikut kursus pelatihan berkualitas dari Coding Studio. Kamu pun bisa lebih mahir menguasai teknologi dan memiliki bekal ilmu terbaik yang dibutuhkan banyak industri saat ini.

Related Articles