Pengertian Range dalam Microsoft Excel

kolom

Dengan menggunakan Microsoft Excel, kita bisa melakukan beberapa macam pekerjaan, terutama dalam bidang pengelolaan data, akuntansi, pembuatan grafik, kalkulasi dan lain sebagainya. Ada banyak sekali istilah di dalam Microsoft Excel tersebut, beberapa mungkin masih belum kita pahami seluruhnya, ada salah satunya yaitu range. Lalu apa yang dimaksud dengan range dalam Excel? Simak informasi jelasnya di bawah ini.

Yuk Cari Tahu Apa yang Dimaksud Dengan Range Dalam Excel

range dalam excel

Pada dasarnya, range adalah kotak cell di dalam Microsoft Excel dengan fungsi menjadi tempat hasil komando atau perintah dari fungsi-fungsi logika atau formula. Selain pengertian dasar tersebut, Anda perlu tahu range juga memiliki nama sesuai cell awal range dengan tanda “:” atau titik dua dan nama cell akhir range.

Ciri cell awal range yaitu cell yang ada di bagian kiri atas pojok, sementara cell akhir range yaitu cell yang posisinya ada di bagian kanan bawah pojok suatu range. Kita bisa memahami lebih jelas lagi range ini sebagai suatu area yang berbentuk persegi panjang, dan terdiri atas beberapa cell.

Unit yang terdapat di sebuah range akan memiliki tanda berlatar warna biru, seperti seleksi teks di Microsoft Word. Sangat penting memahami istilah-istilah dalam Excel seperti range, lalu ada juga daerah tempat penulisan rumus Excel disebut dengan Formula Bar dan istilah-istilah lain sebagainya.  

Bedanya Cell dan Range Dalam Excel

range dalam excel

Setelah membaca penjelasan mengenai range di atas, Anda mungkin sudah bisa memahami apa definisi range, tapi masih banyak orang yang keliru antara range dan cell. Intinya adalah cell itu mencakup hanya satu buah cell saja beserta koordinatnya.

Baca Juga:  Cara Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Dengan Excel

Sementara cakupan range adalah dua atau lebih cell dengan koordinatnya, kalau dibahas secara definisi, maka cell merupakan satu entitas di dalam Microsoft Excel yang dipakai untuk menginput data pengguna dari cell lain secara terpisah.

Pada saat digunakan di Microsoft Excel, contohnya cell bisa berbentuk C4 misalnya, sedangkan range berbentuk C4:F6.

Fungsi Range Dalam Excel

Ada beberapa kegunaan utama yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan range dalam Excel, berikut beberapa kegunaan range tersebut:

  • Melakukan format secara sekaligus untuk banyak cell (dua atau lebih cell).
  • Mampu membuat referensi isi pada sekumpulan cell pada bentuk penulisannya.
  • Bisa menghapus isi sekumpulan cell jika dibutuhkan.

Beberapa Cara Membuat Range Dalam Excel

range dalam excel

Kalau Anda sudah memahami apa yang dimaksud dengan range dalam Excel, fungsinya dan perbedaannya dengan cell, selanjutnya perlu tahu juga bagaimana cara membuat range di dalam software Microsoft Excel.

Pada dasarnya, kita bisa membuat data range dengan memakai mouse, atau keyboard, bisa juga dengan menggunakan keduanya. Berikut tahap-tahapnya untuk tiap metode tersebut:

1. Memakai Mouse Untuk Membuat Range

Metode pertama yang dapat coba Anda lakukan jika ingin membuat range yaitu dengan memakai mouse, langkah-langkahnya seperti di bawah ini:

  • Pertama-tama Anda bisa arahkan kursor mouse ke cell di awal range, misal contohnya D5.
  • Selanjutnya klik lalu tahan tombol mouse bagian kiri.
  • Selagi ditahan, bawa kursor mouse ke cell di akhir range, misal D13.
  • Anda bisa lepas tombol kiri tersebut lalu range sudah selesai berhasil dibuat.

Pada dasarnya cara ini sangat mudah untuk diterapkan, tetapi lebih ideal dipakai untuk range yang tidak terlalu luas.

2. Memakai Mouse & Keyboard Untuk Membuat Range

Kalau Anda ingin membuat range dengan cakupan yang lebih luas, bisa coba membuat range dengan kombinasi penggunaan mouse beserta keyboard:

  • Langkah pertama yaitu Anda bisa meletakkan kursor mouse menuju cell awal yang ingin dijadikan range, selanjutnya klik tombol mouse kiri.
  • Klik dan tahan Shift di keyboard Anda
  • Selanjutnya arahkan kursor mouse menuju cell akhir yang ingin dibuat range lalu klik kembali tombol mouse kiri.
Baca Juga:  Belajar Word Lengkap dengan Tips dan Triknya

Karena tidak perlu drag kursor mouse, kita bisa leluasa memilih mana titik akhir cell yang nantinya akan menjadi range. Kalau Anda belum memahami apa yang dimaksud dengan Range dalam excel, bisa coba lihat pembahasan di awal. Meski cell akhir jauh dari cell awal, kita tetap bisa dengan mudah membuat range,

3. Memakai Keyboard Untuk Membuat Range

Ada lagi cara lain untuk pembuatan range di Microsoft Excel yaitu hanya dengan menggunakan keyboard, ini langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, Anda bisa pastikan cell aktif pada cell awal yang akan dibuat range.
  • Selanjutnya tekan lalu tahan Shift di keyboard Anda
  • Selanjutnya gunakan tombol-tombol arah atau panah di keyboard untuk menuju cell akhir yang diinginkan.

Pada saat-saat tertentu, bisa saja metode satu ini efektif digunakan, terutama jika cell yang aktif sangat dekat dengan cell yang dituju.

Langkah-langkah Memberi Nama Range Dalam Excel

Anda bisa juga memberi nama untuk range, hal ini bisa memudahkan Anda pada saat melakukan pekerjaan. Memberi nama range bisa membantu kita dalam mengelola lembar kerja, lembar kerja dalam Excel disebut juga dengan worksheet, hal tersebut tergolong penting jika range menjadi acuan untuk proses kerja selanjutnya. Ini dia langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memberi nama sebuah range:

  1. Pilihlah range cell tertentu yang Anda ingin beri nama, misal cell G8
  2. Lalu klik kanan pada bagian atas cell tersebut yang akan diberikan nama, pilih Define Name.
  3. Selanjutnya Microsoft Excel memperlihatkan sebuah kotak yaitu New Name.
  4. Input nama range, misal “price”
  5. Langkah terakhir cukup klik saja OK agar selanjutnya menutup kotak tersebut.

Secara umum, manfaat dari Named Range yaitu supaya Anda dapat mereferensikan range dalam Excel dengan lebih mudah saat memerlukannya pada suatu penulisan.

Beberapa Shortcut Microsoft Excel Untuk Mobilitas Cell

Agar bisa lebih mudah dan efisien mengatur cell dan range dalam Microsoft Excel, disarankan untuk Anda memahami apa saja shortcut keyboard yang bisa dipakai untuk berpindah cell, ini dia beberapa di antaranya.

  • → , ↓, ←, ↑       : Pindah ke arah tertentu
  • Tab                  : Pindah ke kanan cell
  • Shift+Tab         : Pindah ke kiri cell
  • Enter                : Pindah ke bawah cell
  • Shift+Enter       : Pindah ke atas cell
  • Home               : Pindah langsung ke column A
  • Ctrl+Home        : Pindah langsung ke cell A1
  • Ctrl+→             : Pindah ke paling kiri cell di kolom pertama
  • Ctrl+←             : Pindah ke paling kanan cell di kolom terakhir
  • Ctrl+↑               : Pindah ke paling atas cell di baris pertama
  • Ctrl+↓               : Pindah ke paling bawah cell di baris terakhir
Baca Juga:  Memahami Peran Microsoft Excel untuk Analisis Data

Itulah bahasan mengenai apa yang dimaksud dengan range dalam Excel. Sangat penting juga untuk Anda memahami beberapa istilah lainnya yang terdapat pada Microsoft Excel untuk mempermudah pemahaman. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua terutama yang ingin belajar seputar Excel.

Tertarik mengikuti kursus Microsoft Excel, cek promonya di Coding Studio

Related Articles