rumus countif

Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel

Apabila mempunyai data yang mengandung data sama atau dobel bisa menggunakan rumus COUNTIF di Excel. Penghitungan jumlah data unik artinya mencacah banyak data dan jika di data tersebut mempunyai duplikat yang dihitung hanya 1 kali saja. Data unik tersebut bisa berupa teks, angka atau campuran keduanya.

Cara penghitungan data unik dari suatu range data di Excel adalah menggunakan rumus-rumus Excel. Rumus Excel satu ini berguna untuk menghitung banyaknya data berdasarkan dengan kriteria tertentu.  Nah, agar Anda lebih memahami tentang menghitung jumlah data unik di Excel bisa simak penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Rumus COUNTIF Excel?

rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 12

COUNTIF adalah salah satu rumus untuk menghitung data di Excel dengan memakai kriteria yang jadi dasar perhitungannya. Fungsi rumus Excel ini adalah untuk memperoleh banyaknya data di suatu cell range yang sudah memenuhi dengan kriteria tersebut. Biasanya hasil dari perhitungan ini adalah sebuah angka yang dapat melambangkan data di suatu cell range yang sudah memenuhi kriteria tertentu.

Cara Penulisan dan Input Rumus COUNTIF

Secara umum, bentuk dari penulisan rumus Excel ini adalah:

=COUNTIF(range, criteria)

Penjelasannya:

  • Range, yaitu cell range yang akan menghitung banyak data berdasarkan dengan kriterianya
  • Criteria, yaitu kriteria perhitungan data Anda

Penulisan langkah-langkah rumus COUNTIF Excel yang secara umum adalah:

  • Tulis tanda sama dengan (=) pada cell tempat Anda ingin mengisi hasil perhitungan data
rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 13
  • Tulis COUNTIF, bisa dengan huruf kecil atau besar dan berikan tanda kurung buka ( setelah =
rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 14
  • Memasukkan cell range dimana tempat banyak data sesuai dengan kriteria yang akan dilakukan. Kemudian, masukkan tanda koma (,)
rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 15
  • Memasukkan kriteria sesuai keinginan Anda
rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 16
  • Tulis tanda kurung tutup )
rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 17
  • Klik tombol Enter
  • Selesai
rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 18

Contoh Rumus COUNTIF

Contoh-contoh rumus COUNTIF Excel adalah:

1.     Contoh Rumus COUNTIF 1

rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 19

Pada kolom E adalah cara mencari data nilai dari siswa dengan hasil nilai 80. Pencariannya adalah total data siswa dan dengan perolehan nilai 80, jadi memakai rumusnya adalah =COUNTIF(C2:C8;80).

Artinya adalah range data pada C2 hingga C8 dicari angkanya dengan jumlah 80. Selanjutnya, ada kolom yang terdapat di kolom yaitu huruf E. Agar memperoleh total nilai dari siswa dengan jumlah lebih dari 80, jadi rumusnya adalah =COUNTIF(C2:C8;”>80”) yang artinya adalah range nilai dimulai dari C2 hingga C8, kemudian dijumlahkan dan syaratnya adalah nilainya lebih dari 80 dan kemudian hasilnya adalah 3.

Perlu Anda perhatikan bahwa saat akan memakai simbol, logika bukan angka, teks perlu memberi tambahan tanda kutip dua (“) seperti pada rumus Excel COUNTIF di atas.

2.     Contoh rumus COUNTIF 2

rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 20

Contoh di penggunaan rumus COUNTIF yang kedua ini memakai referensi cell untuk mencari hasil perhitungannya. Rumus yang dipakai adalah =COUNTIF(C2:C8;”>”&D3).

Artinya adalah di rentang data C2 hingga C8 akan mencari data dengan nilai lebih dari yang terdapat di kolom D3, jadi hasilnya total ada 3 data. Anda harus menyesuaikan serta harus tetap memakai konsep formula countif dasar di Excel ini dengan rumus =COUNTIF(range;kriteria).

Apabila tetap memegang rumus tersebut, maka semua hal yang berkaitan dengan perhitungan data dapat diselesaikan secara mudah dan baik di Excel. Apabila Anda akan menambah lebih dari 1 kriteria, maka harus memakai rumus COUNTIFS.

3.     Contoh rumus COUNTIF 3

Apabila Anda akan menghitung data dengan sifat AND, bisa simak contohnya di bawah ini. Biasanya di rumus COUNTIF bisa memasukkan cell range dan kriteria secara terus menerus hingga semua kriteria di rumus tersebut mengevaluasi cell range ke pasangannya saja.

Anda bisa memasukkan cell range yang sama maupun berbeda di setiap kriteria sesuai dengan kebutuhan. Apabila memasukkan cell range yang berbeda, maka harus memastikan semua input cell range COUNTIFSmu sudah sejajar dan cellnya sama banyak.

Contoh rumus penulisannya untuk COUNTIFS adalah =COUNTIFS(cell_range_1, kriteria_1, …). Contoh tabel dengan rumus COUNTIFS adalah:

rumus countif
Cara Menghitung Rumus COUNTIF Excel 21

Berdasarkan dari tabel di atas, penggunaan COUNTIFS adalah untuk menghitung kuantitas penjualan bulanan di atas 3000 serta di bawah 6000. Itulah sebabnya, memasukkan cell range kuantitas penjualan sebanyak 2 kali dengan menulis kriterianya setelah input cell rangenya

Penyebab COUNTIF Menghasilkan Perhitungan Error

Bagi Anda yang mendapatkan kesulitan memperoleh hasil yang benar dari rumus COUNTIF tersebut bisa saja terjadi beberapa macam masalahnya dan penyebabnya adalah:

  1. Kesalahan bentuk pada penulisan kriteria dan masalah ini sering terjadi sehingga hasil perhitungan menjadi error atau salah. Pastikan pada penulisan kriteria sesuai dengan bentuk penulisan yang diperoleh oleh fungsi countif tersebut.
  2. Memasukkan lebih dari 1 kriteria ke dalam rumusnya. Apabila Anda membutuhkan perhitungan banyak data dengan memenuhi lebih dari 1 kriteria, maka harus menggunakan rumus COUNTIFS.
  3. Terjadi kesalahan memasukkan cell range, sehingga Anda harus mencoba untuk input cell range kembali.

Jadi, itulah penjelasan mengenai rumus COUNTIF, cara penulisannya, contoh dan juga hasil error yang sering terjadi saat menggunakan rumus tersebut.
Tertarik mempelajari rumus COUNTIF lebih lengkap dengan praktiknya? cek link ini sekarang!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *