Saat ini, ada bermacam-macam sistem operasi atau operating system yang beredar, baik pada laptop, PC, smartphone, hingga switch, router, dan server. Salah satu operating system atau OS yang cukup populer dan cukup banyak digunakan ialah OS Linux. Meskipun begitu, masih ada banyak orang yang belum mengenal OS yang satu ini.

Kira-kira, apa saja ya kelebihan OS Linux ini? Jika memang Linux lebih unggul dibanding sistem operasi lainnya, mengapa masih banyak orang, terutama di kalangan awam, yang tidak mengenal OS yang satu ini? Nah, untuk mendapat jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan di atas, yuk kita berkenalan lebih jauh lagi dengan Linux!

Apa itu Operating System?

Sebelum berkenalan dengan Linux, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tentang definisi operating system itu sendiri. Operating system, atau yang lebih sering disebut OS, merupakan software yang bertanggung jawab untuk mengatur kerja hardware dan software lainnya dalam suatu sistem komputer. Saat komputer dinyalakan, OS inilah yang dijalankan terlebih dahulu. Setelah OS dijalankan, barulah software-software lainnya bisa dijalankan.

Operating system juga bertugas untuk membantu software-software lainnya dalam melakukan layanan inti umum, seperti akses ke disk, manajemen CPU, manajemen memori, dan sebagainya. Bagian dari operating system yang membantu software-software menjalankan layanan inti umum ini disebut dengan kernel.

Seperti yang sudah kita ketahui, ada banyak operating system yang beredar saat ini. Selain OS Linux, beberapa sistem operasi lainnya yang juga cukup populer adalah Windows, Mac OS, Microsoft DOS, serta Unix.

Apa itu OS Linux?

Logo OS Linux

Pada dasarnya, OS Linux merupakan operating system yang menggunakan kernel Linux di dalamnya. Salah satu keunggulan dari OS Linux ini adalah sifatnya yang gratis dan open source, sehingga sistem operasi yang satu ini bebas untuk digunakan dan bahkan dikembangkan.

Jika dilihat dari sejarah perkembangannya, OS yang satu ini memang diciptakan dengan tujuan untuk bisa diakses secara bebas oleh semua orang. Pasalnya, para developer di masa itu sering kali terbentur dengan regulasi dan lisensi OS yang ada setiap kali akan membuat project. Dari permasalahan inilah para pengembang Linux mendapat inspirasi untuk mengembangkan sistem operasi yang dapat diakses secara bebas.

Jika memang sifatnya yang open source merupakan suatu keunggulan, lalu mengapa masih banyak kalangan awam yang tidak mengenal OS Linux? Nah, ternyata, sejak awal diciptakan, OS yang satu ini memang lebih difokuskan untuk digunakan pada pembuatan infrastruktur, mulai dari infrastruktur jaringan internet, infrastruktur keamanan, hingga infrastruktur IT. Oleh karena itu, tidak heran apabila kalangan awam yang lebih banyak penggunakan PC, laptop, dan smartphone kurang mengenal OS yang satu ini.

Apabila kamu bekerja di bidang yang berhubungan dengan infrastruktur IT, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan OS yang satu ini. Pasalnya, Linux banyak digunakan untuk berbagai perangkat infrastruktur IT, seperti switch, router, hingga server. Selain itu, banyak juga aplikasi untuk server yang hanya mendukung OS Linux ini.

Kelebihan dan Kekurangan OS Linux

Layaknya sistem operasi lainnya, Linux pun pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Salah satu kelebihan OS yang satu ini adalah aksesnya yang gratis dan open source. Mengapa hal ini disebut sebagai kelebihan Linux? Dengan akses open source, komunitas developer dapat membantu mengembangkan sistem operasi yang satu ini. Dengan bantuan komunitas developer tersebut, pastinya bug pada sistem operasi ini dapat dengan cepat ditemukan dan diperbaiki kan?

Selain itu, OS Linux juga terkenal dengan tingkat keamanannya yang tinggi. Selain karena jumlah virus pada Linux yang sangat sedikit, sistem operasi ini juga dikenal sangat ketat dalam hal pengelolaan keamanannya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir akan terserang virus ketika menggunakan OS yang satu ini nih!

Terakhir, Linux juga dikenal dengan performanya yang sangat stabil dan juga bobotnya yang ringan. Apabila kamu menggunakan OS yang satu ini, dijamin deh kamu akan jarang atau bahkan tidak mengalami crash maupun hang!

Meskipun begitu, di sisi lain, OS ini juga memiliki kelemahannya sendiri. Kelemahan pertamanya ialah dibutuhkannya keahlian khusus untuk dapat menggunakan sistem operasi yang satu ini. Hal ini dikarenakan proses instalasi dan konfigurasinya yang memang cukup sulit. Selain itu, karena sistem operasi ini memang jarang digunakan pada laptop, PC, dan sebagainya, tidak banyak software yang mendukung Linux.

Tidak hanya software, banyak driver yang juga tidak kompatibel dengan Linux. Pasalnya, Linux kurang mendapat dukungan dari produsen hardware. Driver yang dapat ditemukan pada Linux saat ini pun merupakan jerih payah dari komunitas yang berusaha mengembangkannya.

Itulah sedikit perkenalan terkait OS Linux, teman-teman. Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan OS Linux, kamu mungkin juga tertarik untuk melakukan eksplorasi lebih jauh terkait distro-distro yang ada pada Linux. Distro sendiri merupakan sistem operasi yang dikembangkan dengan basis kernel Linux, dan saat ini sudah ada banyak distro yang bisa kamu gunakan. Beberapa distro Linux yang populer saat ini adalah Red Hat, Debian, Ubuntu, Mint, serta Fedora. Nah, apabila kamu tertarik untuk mulai menggunakan Linux, kamu bisa banget nih mencari tahu lebih lanjut tentang distro-distro ini!

Semoga artikel dari Coding Studio kali ini bisa membantu kamu untuk mengenal Linux lebih jauh lagi ya, teman-teman! Sampai jumpa di artikel selanjutnya!