Mengenal UI Designer: Pengertian, Tugas dan Cara Memulai Karirnya

UI Designer adalah jenis pekerjaan yang sangat menjanjikan dengan jumlah lowongan yang sangat banyak dan gaji yang sangat menggiurkan. Bila kalian tertarik untuk menjadi seorang UI Designer, maka harus memahaminya dengan baik supaya tahu gambaran pekerjaannya. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai UI Designer mulai dari skill yang dibutuhkan, tugasnya, sampai ke cara memulainya.

Pengertian dari UI Designer

Pengertian dari UI Designer

Banyak orang yang sering melihat lowongan UI Designer namun tidak memahami apa itu UI Designer secara jelas. Jadi UI Designer itu merupakan pekerjaan yang membuat antar muka dari sebuah aplikasi, karena UI itu adalah user interface atau antar muka. Hubungan UI Designer ini sangat erat dengan UX Designer, karena pada akhirnya antar muka sebuah aplikasi berhubungan dengan kenyamanan pengguna.

Antar muka sebuah aplikasi itu harus didesain dengan baik supaya bisa menghasilkan aplikasi dengan tampilan menarik namun ramah pengguna. Fokus dari pembuatan desain UI ini memang pada aspek tampilannya, di mana tampilan aplikasi itu harus menarik. Ada beberapa aspek dalam pembuatan desain UI ini mulai dari penempatan, pemilihan warna, ikon, sampai pilihan font pada tulisan.

Tugas Utama UI Designer

Tugas Utama UI Designer

Pertanyaan utama yang pasti ada di benak kalian yang ingin menjadi UI Designer itu pastinya soal tugas utamanya itu apa. Sebenarnya tugas UI Designer yang paling utama adalah membuat design tampilan aplikasi menarik dan nyaman untuk digunakan. Tujuan akhir dari UI Designer adalah untuk meningkatkan kualitas aplikasi dan jumlah orang yang menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Prototype: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

Ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan seorang UI Designer dalam pembuatan sebuah aplikasi, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Wireframing yang merupakan langkah paling awal saat akan membuat sebuah desain aplikasi. Pembuatan sketsa dasar dari sebuah rancangan mockup.
  1. Membuat semua elemen desain dari aplikasi sesuai dengan kebutuhan dari pengguna tapi tetap memperhatikan sisi estetika di dalamnya.
  1. Memastikan semua elemen yang ada pada tampilan aplikasi itu bisa bekerja atau digunakan dengan baik.
  1. Melakukan pengembangan aplikasi dengan dasar tren desain yang digemari serta kebutuhan dari para pengguna. 
Baca Juga:  Content Planner: Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Tugasnya

Skill yang Dibutuhkan UI Designer

Menjadi UI Designer itu mungkin tidak mudah, akan tetapi bukan hal yang mustahil selama kalian memiliki skill yang dibutuhkan. Ada beberapa skill yang wajib dimiliki oleh UI Designer supaya bisa memiliki kualitas yang baik untuk menghasilkan desain aplikasi yang baik pula. Berikut ini skill UI Designer yang wajib kalian miliki dan juga pelajari.

  1. Skill komunikasi adalah kunci untuk bisa menjadi UI Designer yang baik demi membuat sebuah desain aplikasi yang terbaik pula. UI Designer sangat perlu berkomunikasi dengan UX Designer untuk bisa menghasilkan aplikasi yang sesuai selera pasar dan ramah untuk pengguna. Komunikasi ini adalah skill yang diperlukan untuk menerjemahkan keinginan pengguna ke dalam desain aplikasi.
  1. Empati yang tinggi untuk mampu menempatkan diri sebagai pengguna, sehingga bisa menghasilkan desain yang terbaik.
  1. Ketelitian dalam melakukan analisa pada setiap elemen supaya tidak ada komponen yang mengganggu dan semua saling mendukung.
  1. Skill Wireframing tentunya sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang UI Designer, termasuk penggunaan aplikasi Wireframing juga. Skill ini adalah kunci utama untuk bisa membuat desain aplikasi dan wajib dimiliki bila ingin menjadi UI Designer.
  1. Skill desain grafis berbasis UI aplikasi adalah salah satu skill mendasar yang harus dimiliki oleh setiap UI Designer. Skill desain grafis bagi UI Designer adalah kunci untuk menghasilkan desain yang estetik dan menarik. Skill desain grafis berbasis UI itu meliputi pola desain, tipografi, pemilihan warna dan lain sebagainya.
  1. Skill pemahaman terhadap alur dari sebuah aplikasi untuk memastikan tampilannya sesuai dengan alur dari sebuah aplikasi.
Cara Memulai Karier Sebagai UI Designer

Cara Memulai Karier Sebagai UI Designer

Bila kalian menginginkan menjadi UI Designer, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk memulainya dengan baik. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara memulai karir UI Designer yang baik supaya kalian memiliki perjalanan karier yang baik dan sukses.

  1. Mempelajari skill desain UI untuk bisa memahami seperti apa tampilan yang estetik pada sebuah aplikasi untuk nyaman ketika digunakan. Kamu bisa mengikuti beberapa webinar untuk memahami bagaimana tampilan aplikasi terbaik meliputi layout, ikon, font dan pilihan warna.
  1. Mempelajari tools yang dibutuhkan untuk membuat desain UI pada sebuah aplikasi, supaya bisa membuat desain dengan lebih cepat. Kalian mungkin perlu mempelajari salah satu aplikasi desain UI seperti Adobe XD, Sketch dan Figma. Pastikan juga kalian mempelajari tools Prototyping untuk bisa membuat desain yang terbaik pada sebuah aplikasi.
  1. Mencari sumber referensi dari desain UI yang saat ini bisa kalian temukan di berbagai aplikasi dan juga beragam platform sosial media. Kalian juga perlu selalu update tren desain UI terkini dan tidak ketinggalan jaman, jadi bisa membuat desain UI yang relate dengan selera pasar.
  1. Bergabung dengan komunitas untuk memperluas jaringan untuk memperbesar koneksi kalian yang sangat penting dalam membangun karier. Kalian bisa mendapatkan pekerjaan pertama dari komunitas dan berkembang di komunitas juga.
Baca Juga:  Prototype: Definisi, Tujuan, Fungsi, dan Manfaat

UI Designer adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan, namun ada banyak skill IT yang juga harus kalian pelajari sebelumnya. Coding Studio menjadi tempat kalian bisa mempelajari beragam aplikasi desain UI dan tools yang bisa membantu pembuatan desain UI.