Mengenal Kuliah IT, Jurusan dan Kampus IT Terbaik

kuliah it
kuliah it

Di zaman yang telah ditunjang perkembangan teknologi dan gaya hidup serba digital seperti sekarang ini membuat masyarakat tertarik untuk mempelajari ilmu tentang teknologi secara lebih jauh. Kuliah IT jadi salah satu cara memperoleh ilmu di bidang teknologi tersebut.

Berkuliah di bidang teknologi informasi telah jadi primadona generasi muda milenial zaman now yang mana dalam kehidupan sehari-harinya sendiri sudah akrab dengan berbagai gadget dan perangkat digital lainnya.

Dari data yang dihimpun oleh perusahaan khusus konsultan pendidikan yang bernama Vista Education atau PT. VIC Indonesia sendiri menjelaskan bahwa jurusan perkuliahan yang paling favorit di sepanjang dekade terakhir adalah kuliah IT.

Peminatnya sendiri mencapai ribuan bahkan ratusan ribu peserta setiap tahunnya. Umumnya generasi muda tertarik untuk menciptakan hal-hal baru dalam dunia digital seperti aplikasi maupun sistem pemrograman yang didukung lewat pembelajaran HTML, Java dan PHP.

Nah, bila pembaca juga tertarik untuk melanjutkan pendidikan di bidang teknologi informasi. Simak penjelasan selengkapnya seputar kuliah IT dan beberapa kampus terbaik yang menyelenggarakan pembelajaran di bidang teknologi informasi di bawah ini ya!

Apa itu Jurusan IT atau Teknologi Informasi?

kuliah it

Jurusan kuliah IT atau Teknik Informatika adalah salah satu dari jurusan yang ada di perguruan tinggi yang mana secara khusus mengajarkan tentang prinsip dasar komputer serta melatih analisa matematis seperti perancangan, pengembangan, pengujian serta evaluasi.

Analisa digunakan untuk menguji software serta sistem operasi komputer apakah dapat bekerja dengan baik sehingga nantinya dapat menjadi produk yang bermanfaat untuk menunjang gaya hidup digital sekarang ini.

Bidang studi ini secara khusus memang membahas dan menelaah lebih dalam kaitannya dengan kajian mengolah data menggunakan komputer. Sehingga nantinya mahasiswa akan banyak berkutat dengan bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengolah data sistem.

Baca Juga:  Programming Adalah, Tujuan, Jenis dan Tipsnya untuk Pemula

Apa Saja Mata Kuliah di Bidang IT?

Jika pembaca memilih jurusan Teknologi Informatika sebagai jenjang pendidikan tinggi, maka nantinya akan bersiap dengan beberapa bahan pembelajaran yang berkaitan seputar pemrograman, teknologi jaringan dari komputer serta pengembangan software.

Mudahnya, seorang yang belajar di kuliah IT nantinya akan dilatih untuk menuangkan ide ke dalam bentuk digital dengan menggunakan sebuah bahasa pemrograman khusus yang disesuaikan dengan ide tadi.

Ada cukup banyak mata kuliah IT yang nantinya dipelajari di Jurusan Teknik Informatika ini. Beberapa contoh dari mata kuliah tersebut antara lain:

  • Statistik
  • Matematika secara dasar
  • Aljabar Linier
  • Matematika Diskrit
  • Dasar-dasar pemrograman
  • Algoritma dan struktur data
  • Artificial intelligence atau kecerdasan buatan
  • Prinsip dasar multimedia
  • Prinsip dasar keamanan sistem
  • Teknologi jaringan komputer
  • Basis suatu data
  • Analisa Algoritma dan perancangannya
  • Sistem operasi komputer
  • Pengembangan web dan aplikasi
  • Analisa serta olah data
  • Pengembangan platform
  • Grafis komputer
  • Technopreneurship

Beberapa mata kuliah IT tersebut belum termasuk dalam tambahan mata kuliah yang menjadi pilihan dari mahasiswa sendiri. Beberapa mata kuliah pilihan yang umumnya ditawarkan seperti switching, routing, pengembangan permainan digital, olah bahasa, system security hingga integrasi mata kuliah biologi dengan digital yang disebut Komputasi Biologi.

Beragamnya mata kuliah yang didapatkan oleh peserta kuliah bidang Teknik Informatika dikarenakan nantinya para peserta tersebut akan dihadapkan dengan berbagai praktik yang akan ditemui di lapangan.

Peserta juga harus mempelajari terkait dengan bahasa pemrograman yang nantinya akan ditemui, seperti Haskell, PHP, Java, Ruby, JavaScript dan lain sebagainya yang digunakan dalam pemrograman suatu sistem di komputer.

Mata kuliah yang diajarkan menekankan prinsip logika, berpikir sistematis dan penuh ketelitian yang tinggi. Hal ini supaya nantinya bahasa pemrograman yang digunakan dapat menjalankan sistem yang dirancang oleh peserta pembelajaran IT tersebut.

Nah, umumnya para mahasiswa yang mengambil jurusan di bidang IT dapat menyelesaikan serangkaian mata kuliah yang diajarkan dalam waktu kurang lebih delapan semester atau selama empat tahun kuliah.

Manakah Kampus IT terbaik?

kuliah it

Seiring dengan semakin banyaknya peminat yang ingin melanjutkan pendidikannya di bidang IT, maka tidak sedikit dari perguruan tinggi di Tanah Air yang menyelenggarakan kuliah IT ini.

Baca Juga:  Infografis Adalah: Definisi, Jenis dan Contohnya

Namun bagi pembaca yang tengah mencari manakan tempat kuliah IT terbaik, maka berikut di antaranya:

1. ITB

Pertama ada Institut Teknologi Bandung atau yang sering dikenal dengan sebutan ITB. Kampus yang terletak di Bandung ini menjadi favorit dan menempati urutan pertama sebagai kampus kuliah IT terbaik di Indonesia.

Hal ini didasarkan dari pemeringkatan Perguruan Tinggi oleh The World University Rangkings atau WUR pada tahun 2022 dengan subjek khusus yakni bidang Teknik Informatika atau Komputer.

2. UI

Selanjutnya ada Universitas Indonesia atau yang kerap disebut dengan UI. Kampus yang lokasi utamanya ada di Depok ini memiliki Program Studi Teknik Informatika yang telah terakreditasi oleh Pemerintah.

Selain itu, UI sendiri cukup menjanjikan mengingat banyak lulusannya yang memiliki pekerjaan sesuai dengan bidang yang dipelajari di lingkup perguruan tinggi.

3. ITS

Perguruan tinggi lainnya yang memiliki Program Studi Teknik Informatika terbaik yakni ITS atau Institut Teknologi Surabaya yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur. Tidak sedikit dari alumni ITS yang berhasil melanjutkan kiprahnya di berbagai lingkup pekerjaan di bidang IT.

4. Binus

BINUS adalah universitas di Indonesia yang menawarkan berbagai program studi, termasuk dalam bidang teknologi informasi (TI). BINUS menawarkan program sarjana di TI seperti Information Systems, Computer Science, Information Technology, and Computer Engineering.

Peluang Kerja Jurusan IT?

Ada banyak peluang yang dapat diperoleh setelah menjadi alumni di Bidang Teknik Informatika. Beberapa profesi tersebut juga dapat dikatakan vital untuk saat ini. Ini karena sebagian besar pekerjaan telah dijalankan secara digital.

Beberapa peluang kerja bagi lulusan IT antara lain

· Programmer

Profesi yang tentunya dapat menjadi peluang kerja bagi lulusan IT adalah programmer. Ya, profesi ini banyak diambil oleh alumni IT seiring dengan permintaan berbagai bidang yang cukup tinggi untuk seorang programmer.

Gajinya sendiri dapat mencapai 10 juta hingga 20 juta tergantung dari keahlian yang dimiliki oleh programmer tersebut.

· Pengembang Software

Selain programmer, pengembang software menjadi peluang kerja yang cukup banyak diminati oleh lulusan IT. Banyak dari aplikasi yang dirancang untuk memudahkan kehidupan manusia modern, sehingga tak ayal pekerjaan ini cukup menjanjikan bagi lulusan IT.

Baca Juga:  Framework JavaScript: Apa Bedanya dengan Library?

· Pendesain Web

Bagi seorang lulusan IT, merancang dan mendesain web telah menjadi salah satu keahlian yang dimiliki. Dan hal tersebut dapat diimplementasikan menjadi peluang kerja yang menjanjikan. Seorang desainer web dapat menghasilkan 4 juta untuk proyek tentang web.

Hal tersebut juga dapat bertambah tergantung dari tingkat kerumitan website yang didesain oleh seorang web designer tersebut di lapangan.

Itulah tadi informasi yang disampaikan seputar kuliah IT dengan berbagai mata kuliah yang diajarkan hingga peluang kerja yang dapat diambil ketika telah menyelesaikan pembelajaran di bidang Teknik Informatika. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tertarik mengikuti kursus yang telah disediakan oleh Coding Studio, cek promonya sekarang juga

Related Articles