Mengenal Jurusan IT dan Kampus Terbaiknya

jurusan it
jurusan it

Teknologi yang terus berkembang tersebut membuat manusia tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut. Salah satu cara mempelajari teknologi adalah dengan menimba ilmu di jurusan IT. Kuliah di bidang teknologi informatika telah jadi minat sendiri bagi sebagian generasi milenial.

Kuliah jurusan IT menjadi jurusan perkuliahan yang mana sangat favorit di kalangan generasi milenial, khususnya dalam dekade terakhir ini. Bagi pembaca yang tertarik seputar dunia perkuliahan Teknologi informasi dan ingin mengetahui apa itu jurusan IT, simak informasi selengkapnya di bawah ini ya!

Apa itu Program Studi IT?

Jurusan IT adalah salah satu program studi atau jurusan yang terdapat di perguruan tinggi. Di mana jurusan ini secara khusus mengajarkan mengenai prinsip dasar komputer dan juga disertai dengan pelatihan dan praktik analisis matematis.

Para peserta pembelajaran akan dilatih untuk menganalisis secara matematis tentang perancangan desain program atau aplikasi, kemudian melakukan pengembangan, pengujian dan evaluasi program untuk nanti diuji apakah platform dapat bekerja dengan baik.

IT adalah jurusan yang memang secara khusus menelaah dan juga membahas secara mendalam terkait dengan kajian olah data melalui komputer. Nantinya peserta perkuliahan akan dihadapkan dengan pengetahuan tentang bahasa pemrograman guna pengolahan data.

Macam Jurusan IT

jurusan it

IT jurusan dapat dikatakan cukup banyak macamnya. Ada beberapa macam jurusan yang ditawarkan sebagai keilmuan yang diajarkan di Perguruan Tinggi. Beberapa macam jurusan IT yang banyak ditawarkan di berbagai perguruan tinggi antara lain:

· Ilmu Komputer

Jurusan ini ditawarkan bagi mahasiswa yang menyukai perancangan dan pengembangan perangkat lunak atau software. Jurusan ini secara luas mempelajari tentang konsep ilmu computer secara umum.

Baca Juga:  WYSIWYG Adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Peranannya

· Teknik Informatika

Jurusan ini adalah jurusan yang biasanya akrab berhubungan dengan desain mendesain system dalam computer yang bentuknya hardware ataupun software. Jurusan ini cukup banyak diminati oleh generasi muda yang tertarik dengan IT.

· Manajemen Informatika

Jurusan Manajemen Informatika adalah jurusan yang mengajarkan mahasiswanya untuk melakukan Analisa terhadap kebutuhan bisnis serta keahlian dengan memanfaatkan computer.

· Teknik Komputer Jaringan

Salah satu jaringan yang banyak diminati oleh generasi muda milenial saat ini. Jurusan Teknik Komputer Jaringan berkonsentrasi pada jaringan internet yang mana berguna dalam rangka pengembangan internet ke depannya.

Adapun untuk jangka waktu yang dibutuhkan berkuliah di jurusan IT kurang lebih empat tahun atau sama dengan delapan semester. Hal tersebut sudah mencangkup teori dan praktik yang diberikan selama masa perkuliahan.

Mengapa Kuliah Di Jurusan IT

jurusan it

Berkuliah di jurusan IT memang tidak mudah. Ada banyak mata kuliah yang harus diselesaikan. Tidak sedikit dari mata kuliah tersebut cukup rumit karena berkaitan dengan keilmuan lain seperti matematika.

Namun tetap saja jurusan kuliah IT memiliki banyak peminat untuk memperoleh ilmu computer dan mengembangkannya dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa jurusan Teknik Informatika diminati banyak orang. Beberapa alasan tersebut di antaranya:

· Profesi yang terus bertambah

Alasan pertama yang mendasari belajar di jurusan IT ialah karena profesi di bidang IT ini tiap tahunnya semakin bertambah. Ini sebagai efek dari digitalisasi data yang membuat teknologi jadi terus berkembang dan berimbas pula pada profesi ini.

· Fleksibel

Profesi sebagai tenaga ahli computer dapat dilakukan di mana saja dan juga kapan saja. Para tenaga ahli dapat mengerjakan pekerjaan baik di kantor atau di tempat lain tidak harus pergi kantor seperti pada umumnya pekerja biasa.

· Dapat bekerja di Industri kreatif

Lulusan Teknik Informatika dapat bekerja di beberapa industry kreatif yang mana kini tumbuh subur di lapangan. Banyak dari lulusan Teknik informatika yang jadi desainer grafis maupun desainer web.

Baca Juga:  XAMPP adalah Software Web Server, Fungsi dan Cara Penggunaannya

Peluang Kerja Jurusan IT?

Jurusan IT kerja apa? Kalimat tersebut sering menjadi pertanyaan umumnya di kalangan orang tua bila anaknya ingin masuk ke perguruan tinggi jurusan Teknik Informatika. Padahal prospek kerja di bidang ini sekarang ini begitu tinggi dan dibutuhkan di setiap perusahaan.

Setiap perusahaan yang telah menjalankan programnya secara digital pastinya akan membutuhkan tenaga ahli Teknik Informatika, sehingga nantinya dapat membantu dalam kelancaran kegiatan usahanya.

Berikut ini beberapa peluang kerja sebagai lulusan IT di antaranya

§ Programmer

Profesi yang sudah pasti akan digeluti oleh seorang lulusan IT adalah menjadi Programmer. Profesi ini memang menjadi profesi khusus dari seorang lulusan IT. Selain itu, profesi satu ini juga sangat banyak dibutuhkan saat ini di lapangan yang bersinggungan dengan dunia digital.

Adapun penghasilan atau gaji yang dapat diperoleh oleh lulusan IT yang menjadi programmer dapat berkisar antara 5 hingga 10 juta tergantung dari proyek dan juga keahlian yang dimiliki oleh masing-masing individu lulusan Teknologi Informatika tersebut.

§ Pengembang Software

Pengembang software juga menjadi peluang kerja yang cukup menjanjikan bagi lulusan IT sekarang ini. Maraknya software atau aplikasi yang dijumpai sekarang ini membuat peluang kerja satu ini memiliki banyak peminatnya.

Tidak sedikit juga dari perusahaan dan instansi besar yang membuat aplikasi dengan menggunakan jasa software developer atau pengembang software sebagai kreatornya. Selain memudahkan costumer, juga memudahkan perusahaan untuk pendataan ke depannya.

§ Pendesain Web

Kini, banyak sekali dijumpai website yang ada di internet. Hal tersebut tentunya menjadi produk dari lulusan IT. Terlebih permintaan pembuatan web semakin banyak karena masyarakat telah beralih ke e-commerce atau transaksi digital.

Seorang lulusan IT pastinya sudah tidak asing dengan cara mendesain web maupun mengembangkannya. Sehingga peluang kerja satu ini dapat menjadi pekerjaan yang dapat dikembangkan nantinya.

Adapun untuk penghasilan sebagai seorang pendesain web atau web developer sendiri dapat mencapai 4 jutaan tergantung dari kerumitan dan bentuk desain dari web yang diinginkan. Semakin rumit dan atraktif desain web yang dihasilkan, maka gajinya pun semakin tinggi.

Baca Juga:  6 Cara Mudah Belajar Flutter untuk Pemula

Anggapan Khusus Anak IT

Sebagai seseorang yang banyak berkutat dengan computer, pastilah ada beberapa anggapan yang melekat bagi anak IT yang mana kadang jadi pandangan khusus bagi mahasiswa yang belajar ilmu computer.

Pandangan yang biasa ditujukan kepada anak IT yakni jago meretas akun tertentu di internet. Padahal tidak semua anak IT dapat melakukan peretasan akun tertentu.

Anak-anak IT akan sering dimintai bantuan untuk melakukan reparasi laptop ataupun computer yang terkena virus. Hal ini karena umumnya pelajar yang berkuliah di IT sudah terbiasa untuk mengutak atik laptop maupun computer sehingga tidak jarang dimintai bantuan.

Kesimpulan

Nah, demikian tadi pembahasan seputar perkuliahan di jurusan Teknologi Informasi beserta dengan keterangan mata kuliah dan juga peluang kerja yang nantinya dapat diperoleh.

Berkuliah di jurusan IT sekarang ini menjadi salah satu alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan digital yang semakin hari semakin berkembang untuk memudahkan kehidupan masyarakat zaman sekarang. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Tertarik mengikuti kursus yang telah disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang.

Related Articles