Hal Menarik Mengenai Ilmu Komputer

abstrak skripsi

Ilmu komputer atau dalam bahasa Inggris adalah Computer Science, umumnya memiliki arti sebagai cabang ilmu yang mempelajari tentang komputasi, lalu perangkat keras atau hardware, dan juga perangkat lunak atau software. Dalam ilmu bidang komputer terdapat berbagai macam topik yang memeliki keterkaitan dengan komputer, misalnya seperti algoritma sampai dengan subjek yang lebih konkret, misalkan bahasa pemrograman, lalu perangkat lunak dan juga perangkat keras.

Sebagai salah satu disiplin ilmu, hal ini lebih menekankan mengenai pemrograman komputer, serta membuat rekayasa perangkat lunak atau software, sedangkan untuk teknik komputer cenderung terkait dengan hal layaknya perangkat keras dalam komputer atau hardware. Akan tetapi, dua istilah itu sering kali disalah artikan banyak orang sejauh ini.

Menurut Tesis Church-Turing, disampaikan bahwa semua alat yang berhubungan dengan komputasi dan telah umum dikenal sebenarnya memiliki kesamaan dalam hal fungsi atau kegunaannya, meskipun dengan tingkat efisiensi yang berbeda-beda. Tesis tersebut tak jarang dianggap sebagai sebuah prinsip dasar dalam ilmu komputerisasi.

Para ahli dalam bidang ilmu komputerisasi umumnya menekankan pada komputer von Neumann maupun mesin Turing atau komputer yang digunakan untuk mengerjakan tugas kecil yang deterministik dalam suatu waktu khusus, sebab hal semacam itulah mayoritas komputer semakin banyak digunakan belakangan ini.

Para ahli di bidang ilmu komputerisasi juga belajar tentang berbagai jenis mesin lainnya, beberapa masih belum bisa digunakan secara praktikal, misal seperti komputer DNA, komputer neural, dan juga komputer kuantum, juga di antaranya beberapa masih cukup teoritis, seperti pada komputer yang random dan komputer oracle.

Apa Itu Ilmu Komputer?

Ilmu komputer

Ilmu komputer adalah pelajaran mengenai apa yang dapat dilakukan dalam beberapa program, serta apa saja yang tidak bisa atau dikenal dengan komputabilitas serta kecerdasan buatan, bagaimana sebuah program itu diharuskan mengevaluasi sebuah hasil atau algoritma, bagaimana sebuah program harus bisa menyimpan serta mengambil bit dengan jumlah tertentu dari sebuah informasi atau struktur data, dan juga bagaimana sebuah program dan para pengguna bisa berkomunikasi secara antarmuka pengguna serta dalam hal bahasa pemrograman.

Baca Juga:  Widget Adalah: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Ilmu komputerisasi akarnya dari elektronika, lalu matematika dan juga linguistik. Selama tiga dekade terakhir sejak abad ke 20, ilmu ini telah menjadi sebuah disiplin ilmu yang baru dan sudah mengembangkan metode serta istilah sendiri.

Departemen ilmu bidang komputer pertama kali didirikan di Universitas Purdue sejak tahun 1962. Semua universitas saat ini memiliki Fakultas Ilmu Komputer. Sebuah penghargaan yang paling tinggi dalam ilmu bidang komputer disebut Turing Award, pemenang dari penghargaan tersebut adalah seluruh pionir di bidang masing-masing.

Deskripsi Jurusan Ilmu Komputer

Ilmu komputer adalah bidang studi yang sangat identik dengan istilah computer programming. Anda akan diberikan keterampilan untuk menyusun rangkaian algoritma dan melakukan programming untuk melakukan pengembangan terhadap sebuah aplikasi atau sistem pada perangkat lunak.

Dengan kata lain, pada dasarnya Anda akan belajar cara bagaimana supaya komputer Anda bisa melakukan banyak hal yang sesuai keinginan penggunanya. Dalam jurusan ini, Anda bisa mewujudkan gagasan Anda, apalagi dalam dunia informasi digital tak terbatas semacam ini.

  • Pengetahuan dan Keahlian yang Didapat
  • Kemampuan untuk melakukan programming
  • Kemampuan berpikir secara sistematis
  • Kemampuan berpikir dengan logis
  • Kemampuan menemukan problem solving
  • Kemampuan untuk melakukan analisis
  • Kemampuan melakukan riset
  • Pemahaman terhadap matematika
  • Pemikiran kreatif, bisa melihat secara detail, dan memiliki ketekunan yang tinggi

Kenapa Jurusan Ilmu Komputer?

Ilmu komputer

Anda bisa mendapat banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari orang yang menyandang status lulusan ilmu bidang komputer.

  • Ketersediaan lapangan kerja amat luas dengan banyak jenis pekerjaan yang cukup bergengsi, dan menggiurkan, Anda bisa mendapat penawaran gaji yang sangat menggiurkan dan menarik.
  • Dalam masa revolusi industri 4.0 yang terjadi saat ini, lulusan dari ilmu bidang komputer akan banyak dibutuhkan, entah bagi instansi pemerintah, lembaga BUMN, dan juga perusahaan swasta.
  • Anda dapat bekerja sebagai programmer maupun pengembang software atau perangkat lunak, misal membuat website, aplikasi untuk ponsel, aplikasi bantuan e-learning, dan juga aplikasi game setelah Anda lulus dari perkuliahan ilmu bidang komputer.
  • Bagi Anda yang punya jiwa bisnis tinggi, Anda bisa mencoba peruntungan Anda dengan mendirikan sebuah perusahaan start-up. Dengan cara itu, Anda juga turut serta dalam membuat banyak lapangan kerja baru.
  • Anda akan bisa berkreasi secara bebas untuk bisa mewujudkan gagasan Anda dalam dunia informasi digital.
Baca Juga:  Virtual Assistant: Pengertian, Tugas, Kelebihan dan Kekurangannya

Prospek Kerja

Ilmu komputer

Ada banyak sekali peluang karier yang akan menanti lulusan Ilmu Komputer. Hampir semua sektor akan membutuhkan lulusan dari ilmu bidang komputer supaya bisa bertahan serta bersaing di tengah era revolusi industri 4.0 ini. Jadi, dengan bekal ilmu yang Anda pelajari selama masa perkuliahan, sebagai lulusan ilmu bidang komputer Anda punya nilai jual tinggi dan patut dibanggakan. Maka tidaklah mengherankan jika jenis serta jenjang karier yang ditawarkan juga sangat bervariasi.

Umumnya, rata-rata gaji atau penghasilan awal yang didapat lulusan komputer ada pada kisaran Rp 5.000.000, pekerjaan yang dilakukan sebagai seorang staf di bidang tertentu dalam sebuah perusahaan. Besaran gaji ini sangat tergantung pada kemampuan serta pengalaman yang Anda miliki, area di mana Anda bekerja, posisi Anda saat bekerja.

Masa Perkuliahan

Kuliah dengan masa 4 tahun atau setidaknya 8 semester pada jurusan komputer akan banyak bersentuhan dengan istilah computer programming. Anda akan mempelajari kemampuan untuk bisa menjadikan sebuah komputer dapat menjalankan seluruh fungsi yang Anda inginkan. Dalam jurusan ini, Anda diharuskan untuk berpikir secara sistematis, menjalankan tahapan demi tahapan, supaya komputer bisa melakukan banyak hal sesuai keinginan.

Tahapan demi tahapan yang dimaksud itu bisa Anda pelajari secara lebih dalam algoritma. Anda akan menjalani proses terjemah algoritma jadi susunan kode-kode dalam bahasa pemrograman. Maka, kuliah di ilmu bidang komputer ini amat memungkinkan bagi Anda untuk mewujudkan gagasan kreatif.

Beberapa mata kuliah bisa Anda pelajari saat masuk jurusan ilmu bidang komputer antara lain:

  • Data Science and Analytics
  • Teori serta Bahasa Automata
  • Pemrograman Sistem
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Sistem Cerdas
  • Jaringan Komputer
  • Sistem Digital
  • Desain dan Analisis Algoritma
  • Analisis Numerik
  • Ilmu yang mengintegrasikan matematika terapan dan ilmu komputer disebut Matematika Komputasi

Jurusan ini memberi penawaran banyak bidang minat, antara lain:

  • Arsitektur dan Infrastruktur TI
  • Pengolahan Informasi Multimedia
  • Teknologi Perangkat Lunak
  • Kecerdasan Komputasional.

Persiapan Karier di Bidang Komputer

Jurusan Ilmu Komputer termasuk salah satu favorit dalam rumpun sains dan teknologi. Masih belum banyak kampus dengan jurusan ini memiliki akreditasi A. Maka, jika Anda memang ingin masuk jurusan komputer di kampus negeri bergengsi, persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Setelah Anda lulus dan memiliki gelar sebagai Sarjana Ilmu Komputer, Anda dapat melanjutkan studi hingga jenjang pascasarjana. Banyak sekali kampus bergengsi luar negeri yang dapat Anda jadikan pilihan.

Baca Juga:  Core Value: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Tertarik mengikuti kursus yang telah disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang.

Related Articles