Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Prospek Kerjanya

information technology

Teknik informatika merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana memakai teknologi komputer dengan optimal agar bisa mengatasi masalah transformasi ataupun pengolahan data menggunakan proses logika.

Ketika kalian mengambil perkuliahan jurusan teknik informatika akan ada banyak prinsip yang dipelajari berkaitan dengan ilmu komputer seperti perancangan, pengujian, sampai dengan tahapan evaluasi pada sistem perangkat lunak.

teknik informatika

Tentunya selama perkuliahan kalian akan mengkaji lebih banyak komputasi dan pemrograman serta dibekali dengan berbagai keterampilan di dalam merancang perangkat lunak.

Tahukah kalian dengan pesatnya perkembangan teknologi tentunya berdampak pada jurusan ini yang semakin ramai peminat. Bahkan potensi pekerjaan dari jurusan ini tergolong menjanjikan dengan gaji yang cukup besar.

Pengetahuan dan Keahlian

Tentunya ada banyak hal yang akan dipelajari jika kalian mengambil jurusan ini. Setelah mengetahui apa itu teknik informatika maka informasi lainnya terkait dengan pengetahuan dan keahlian yang akan dipelajari.

  • Kemampuan dalam melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir logis
  • Kemampuan berpikir secara sistematis
  • Kemampuan dalam problem solving
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri maupun tim
  • Kemampuan di dalam memahami bahasa pemrograman
  • Keterampilan dalam rekayasa informatika
  • Kreatif, teliti, tekun, dan detail

Kenapa Harus Memilih Jurusan Perkuliahan Teknik Informatika?

teknik informatika

Tentunya setelah belajar di jurusan ini ada banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan. Beberapa keuntungan tadi sebagai berikut ini.

  • Pesatnya perkembangan teknologi akan menjadikan prospek kerja pada jurusan ini akan semakin luas. Bahkan jenis pekerjaannya beragam dengan gaji yang besar tentunya sangat menarik bukan.
  • Era revolusi industri seperti saat ini tentu saja lulusan dari jurusan ini sangatlah diperlukan baik itu instansi pemerintahan, perusahaan swasta, maupun BUMN.
  • Memiliki bekal keterampilan dan keilmuan yang didapatkan ketika kuliah tentunya bisa menjadikan sebuah bekal ketika ingin membuat startup sendiri.
  • Jika tidak tertarik mendirikan startup sendiri maka kalian bisa bekerja dengan menjadi independent self-employed dan menjadi konsultan di dalam pengembangan sebuah sistem memakai software database tertentu.
Baca Juga:  Crowdfunding: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Jadi saat ini teknik informatika adalah salah satu jurusan yang memang harus kalian pertimbangkan mengingat kebutuhan akan jurusan ini sangatlah besar.

Ketahui Prospek Kerja Teknik Informatika

Berbekal pengetahuan serta keterampilan yang diperoleh selama perkuliahan tentu saja membuat alumni jurusan ini memiliki nilai jual yang bagus. Hal ini dikarenakan jurusan tersebut memang sangat diperlukan dalam perancangan dan pembangunan perangkat lunak serta berbagai masalah komputasi.

Tersedia banyak pilihan karier yang bisa dicoba bagi seorang fresh graduate dari jurusan ini. jenis serta jenjang kariernya tergolong bervariasi dan umumnya rata-rata dari gaji awalnya berkisar 5 juta – 7 jutaan dengan bekerja sebagai staf pada bidang yang sama.

Namun perlu diingat jika besaran gaji tadi sangatlah bergantung kepada kemampuan, jenis pekerjaan, area kerja, dan pengalaman yang kalian miliki. Adapun beberapa pilihan karier yang dapat digeluti sebagai berikut ini.

1.      Pemrogram komputer

Programmer atau pemrograman komputer dapat menjadi salah satu dari jenis pekerjaan yang berkaitan dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Hal ini karena programmer bertanggung jawab dalam menulis coding (kode-kode) pada suatu program aplikasi maupun software. Nantinya seorang programmer perlu menguasai berbagai bahasa pemrograman dan tentunya andal dalam menggunakannya.

Gaji dari seorang programmer tergolong tinggi terutama jika kalian sudah berpengalaman dan memiliki jam kerja tinggi. bahkan di Indonesia gaji seorang junior programmer bisa menghasilkan sekitar 60 juta dalam setahun.

2.      Analis keamanan informasi

Information security analyst atau analis keamanan informasi adalah profesi yang tergolong penting sekarang karena perannya sangatlah krusial di dalam organisasi, perusahaan, dan sektor pemerintahan.

Singkatnya, profesi ini memiliki tugas dalam menjaga jaringan komputer, data, dan informasi digital supaya aman dari berbagai ancaman baik peretasan, dan lainnya.

Profesi ini juga memiliki tanggung jawab di dalam menjaga infrastruktur IT yang dipunyai perusahaan. Untuk gajinya rata-rata di Indonesia sebanyak 96 juta per tahun.

3.      Data scientist

Profesi ini mempunyai tanggung jawab dalam mengumpulkan, mengolah serta menganalisis data guna menghasilkan suatu informasi yang diperlukan di dalam pengambilan sebuah keputusan.

Baca Juga:  Integer Adalah Salah Satu Tipe Data Pemrograman, Kenali Dulu!

Data scientist harus mempunyai pengalaman pada data mining, kemampuan statistik kuat, dan keahlian programming dan scripting.

Profesi ini sangat menjanjikan dengan besaran gaji per tahun di Indonesia yang lumayan tinggi sekitar 144 juta. Walaupun begitu sampai saat ini profesi tersebut masih tergolong langka padahal permintaannya sangatlah tinggi.

4.      Web developer

Profesi ini paling banyak diminati yang mana bertugas dalam pembangunan produk website ataupun sistem web. Beberapa tugasnya seperti mengatur domain, pembuatan basis data, mendesain, dan juga memelihara situs web.

Tidak hanya bekerja dalam sebuah perusahaan namun nantinya kalian juga dapat bekerja sendiri menjadi freelancer dan mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai permintaan dari klien.

Untuk besaran gajinya sekitar 84 juta per tahunnya dan bisa lebih tinggi tergantung di mana tempat kalian bekerja.

5.      Konsultan IT

Konsultan IT ini bertindak sebagai jembatan di antara tim teknis dan klien. Nantinya konsultan IT akan membantu klien di dalam mengatasi permasalahan IT yang berkaitan dengan sistem serta operasional di dalam perusahaan.

sehingga perusahaan yang nantinya dijalankan oleh klien bisa lebih siap di dalam menghadapi persaingan usaha sesuai kondisi dari perkembangan teknologi yang ada.

Besaran gaji dari konsultan IT bisa mencapai 120 juta setiap tahunnya dan bisa lebih bergantung pada perusahaan tempatnya bekerja.

Jadi bagi kalian yang bertanya teknik informatika kerja apa, maka sudah dijawab dengan penjelasan di atas yang tentunya sangat menjanjikan dengan gaji yang lumayan tinggi.

Dunia Perkuliahan

teknik informatika

Tentunya kalian bertanya-tanya teknik informatika belajar apa tentu saja jawabannya berkaitan dengan teknologi. Jadi jurusan ini bukan hanya mempelajari tentang bagaimana menginstall perangkat lunak pada komputer saja melainkan juga merancang perangkat lunak tersebut.

Selama berkuliah nantinya kalian akan dibekali berbagai ilmu serta keterampilan dalam pengembangan perangkat lunak. Jadi salah satu judul skripsi teknik informatika banyak yang mengambil tema perangkat lunak ini.

Jurusan ini juga mengajarkan berbagai hal seperti bahasa pemrograman, kecerdasan buatan serta multimedia. Bahkan kalian juga akan diajarkan mengenai cara memecahkan masalah komputasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang tentunya akan sangat bermanfaat.

Baca Juga:  Data Nominal Adalah: Pengertian dan Contoh

Berbagai mata kuliah yang dapat kalian temui pada jurusan teknik informatika seperti komputasi numerik, struktur data, sistem digital, sistem basis data, manajemen basis data, dan lainnya. Nantinya setelah lulus pendidikan kalian akan memiliki gelar Sarjana Sains, Sarjana Teknik, ataupun Sarjana Komputer tergantung pada tempat kalian menempuh pendidikan.

Jadi itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui soal teknik informatika. Jika kalian ingin menambah pengetahuan dalam bidang tersebut jangan ragu untuk ikut kursus di Coding Studio. Nantinya kalian akan mendapatkan materi tambahan dan juga sertifikat yang bisa bermanfaat untuk terjun ke dunia kerja.

Tertarik mengikuti kursus yang telah disediakan Coding Studio, cek promonya sekarang

Related Articles