Broadcast Adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Broadcast Adalah Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Jika Anda sering melihat acara berita, di mana ada yang memegang kamera, membawakan berita dan meng-handle hal lainnya adalah sebuah proses dari broadcast. Istilah broadcast adalah sebuah bagian dari ilmu komunikasi, yang bisa memudahkan kita untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber secara jelas dan akurat. Istilah broadcast umumnya digunakan dalam kegiatan penyiaran yang dilakukan beragam jenis media dari radio, televisi dan internet.

Pengertian Broadcast

Broadcast digunakan untuk menggambarkan sebuah proses untuk menyiarkan satu hal secara luas. Misalnya fitur broadcast yang tersedia pada aplikasi chatting dengan kegunaan untuk menyebarkan pesan berantai yang ditujukan pada pengguna lain dalam satu waktu. Lalu apa itu broadcast?

Pengertian Broadcast

Pengertian broadcast adalah sebuah proses pengiriman sinyal yang dilakukan dari satu titik ke berbagai tujuan lokasi lainnya dalam waktu bersamaan. Media yang digunakan untuk mengirimkan pesan cukup beragam seperti radio, televisi, satelit dan lain sebagainya.

Broadcast menjadi satu proses untuk menyebar luaskan siaran dengan menggunakan sarana transmisi dan sarana pemancar melalui spektrum frekuensi radio yang berbentuk gelombang elektromagnetik. Gelombang tersebut akan merambat via kabel, udara atau jenis media lainnya agar bisa diterima secara bersamaan oleh masyarakat yang dituju dengan menggunakan perangkat untuk menerima siaran.

Manfaat dari Broadcast

Manfaat broadcast ada beberapa, yaitu:

  1. Sarana yang efektif untuk menyampaikan konten edukasi seperti acara program pendidikan, tutorial, debat, seminar, wawancara dan lainnya
  2. Konten hiburan seperti misalnya dalam bentuk konten drama, musik, film dan lainnya
  3. Media pemasaran untuk lembaga, organisasi dan perusahaan yang ingin mengenalkan produk serta layanan pada masyarakat luas
  4. Media komunikasi yang efektif antara penyiar dan masyarakat umum yang terjalin di dalam program diskusi, siaran interaktif hingga talk show
  5. Untuk memudahkan masyarakat bisa mengakses informasi terbaru sehingga bisa tetap mengikuti perkembangan dunia luar
  6. Membantu menyebar luaskan berita terbaru mengenai berita tentang peristiwa, politik, ekonomi dan berbagai topik lainnya dengan cepat
  7. Sarana promosi yang hemat biaya dan waktu sekaligus bisa membantu meningkatkan umpan balik serta penjualan dalam bisnis
Baca Juga:  Clickbait: Pengertian, kelebihan dan Kekurangannya

Jenis dari Broadcast

Peran broadcast secara umum adalah untuk menyampaikan atau memberikan informasi yang berharga pada masyarakat luas dalam bentuk pengumuman, program berita, wawancara hingga prakiraan cuaca. Berikut ini adalah beberapa jenis broadcast yang ada:

Jenis dari Broadcast

a. Program berita

Merupakan jenis broadcast yang digunakan untuk menyiarkan semua informasi dan berita penting atas peristiwa yang terjadi. Informasi berita mempunyai sifat yang aktual, sehingga harus segera ditayangkan atau disampaikan pada masyarakat luas. Selain itu, sifat berita yang faktual membuat informasi tersebut harus bisa disampaikan sesuai dengan fakta yang sebenar-benarnya.

b. Program hiburan

Adalah jenis broadcast yang memiliki bentuk berupa semua tayangan yang dilakukan untuk menghibur masyarakat. Contoh broadcast program ini di antaranya adalah acara drama, musik, permainan, film, atraksi, teater dan lain sebagainya.

c. Program informasi

Jenis broadcast yang bertujuan untuk memberikan lebih banyak informasi pada penonton. Umumnya program ini mempunyai ruang lingkup yang lebih luas dari program untuk berita pada umumnya. Program ini dilakukan untuk memenuhi rasa ingin tahu yang dimiliki masyarakat umum atas suatu hal secara khusus.

Berdasarkan jaringan komputer, konsep broadcast dipahami sebagai sebuah proses pengiriman paket data yang ditujukan ke beberapa penerima sekaligus dalam jaringan komputer. Adapun cara kerjanya dilakukan oleh perangkat jaringan yang menyiarkan dengan melakukan transmisi paket data pada alamat siaran jaringan.

Sedangkan dalam dunia bisnis atau marketing, peran broadcast adalah terbilang penting untuk dilakukan, yaitu:

  • Bisa menghemat waktu untuk melakukan promosi bisnis karena lebih praktis untuk digunakan
  • Bisa menghemat biaya karena tak ada biaya iklan yang dibebankan
  • Menjadi media marketing yang efektif

Proses penyiaran yang dilakukan dengan menggunakan media broadcast dinilai jauh lebih baik dan cepat untuk menyampaikan informasi dalam waktu yang sama secara langsung. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi syarat untuk mendukung terjadinya proses broadcast adalah:

  • Tersedianya siaran berupa program atau acara 
  • Adanya sarana yang digunakan untuk transmisi data (perangkat pemancaran)
  • Adanya sarana untuk menerima siaran yang dikirimkan (perangkat penerima / receiver)
  • Adanya dukungan spektrum frekuensi radio 
  • Siaran bisa diterima dengan cepat, daya jangkau luas dan dalam waktu yang bersamaan
Cara untuk Membuat Broadcast

Cara untuk Membuat Broadcast

Berikut adalah beberapa cara membuat broadcast yang menarik sehingga bisa menyampaikan pesan dengan sebaik-baiknya, yaitu:

  1. Buatlah pesan broadcast yang singkat, jelas namun tetap sederhana sehingga bisa dengan mudah dipahami oleh penerima pesan
  2. Usahakan untuk menggunakan kalimat pesan broadcast yang menarik dengan memperhatikan tata bahasa yang mudah dimengerti penerima pesan
  3. Pastikan untuk memasukkan Call to Action yang berisi kalimat penawaran yang menarik, seperti penawaran diskon produk atau layanan hingga kode voucher khusus setiap pembelian jumlah tertentu
  4. Sebaiknya kirimkan pesan broadcast di waktu yang tepat sehingga tidak mengganggu penerima pesan seperti ketika waktu istirahat makan siang atau setelah beraktivitas di sore hari
Baca Juga:  Virtual Assistant: Pengertian, Tugas, Kelebihan dan Kekurangannya

Demikian ulasan tentang broadcast adalah metode penyampaian pesan dan informasi yang saat ini banyak digunakan berbagai kalangan masyarakat. Anda bisa mencoba untuk ikut kursus IT online di Coding Studio untuk mengasah keahlian dalam bidang broadcast. Ada banyak konsep pelajaran dan materi kursus yang tepat untuk meningkatkan keahlian Anda di bidang digital marketing khususnya hanya di Coding Studio.

Related Articles