Docker Compose: Pengertian, Kegunaan dan Kelebihannya

Docker Compose Pengertian, Kegunaan dan Kelebihannya

Pada pengembangan software modern, virtualisasi merupakan bagian terpenting dalam memudahkan pengelolaan infrastruktur maupun aplikasi. Apakah Anda tahu apa itu docker compose? Docker compose merupakan sebuah alat yang dibuat di atas Docker yang digunakan untuk mendefinisikan maupun mengonfigurasi serta menjalankan aplikasi yang tersusun atas berbagai kontainer dengan cara mudah. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang docker compose serta kegunaan maupun cara install dan kelebihannya simak informasi di bawah ini. 

Apa Itu Docker Compose?

Pengertian dari docker compose adalah sebuah alat yang memungkinkan Anda dalam menjalankan aplikasi multi-kontainer environments yang didasarkan pada definisi yang disusun pada file YAML. Jadi dengan menggunakan alat ini Anda bisa mengatur environments dari pengembangan maupun produksi yang kompleks secara mudah. 

Apa Itu Docker Compose

Pengertian yang lebih spesifik, alat ini memakai file konfigurasi dengan format YAML yang bertujuan untuk menggambarkan komponen yang ada pada aplikasi serta mengetahui bagaimana cara mereka berinteraksi. Komponen utama dari docker compose yaitu terdiri dari: 

Service

Komponen ini mengartikan masing-masing layanan yang ada pada aplikasi yang dijalankan contohnya server web, layanan aplikasi hingga database. 

Image

Komponen selanjutnya menentukan gambar docker yang nantinya dipakai dalam mengatur setiap layanan. Gambar tersebut biasanya terdiri dari sistem operasi maupun seluruh dependensi yang dibutuhkan dalam menjalankan aplikasi. 

Volume

Komponen ini memungkinkan penyimpanan data yang berada di luar kontainer serta mempertahankan data tersebut hingga setelah kontainer tersebut berhenti maupun dihapus. 

Network

Komponen network mengartikan jaringan yang dipakai layanan dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lain. 

Environment variables

Sementara komponen yang terakhir mengatur variabel lingkungan yang diperlukan kontainer untuk berjalan secara tepat contohnya variabel kata sandi, kunci API maupun pengaturan lainnya. 

Baca Juga:  Programming Adalah, Tujuan, Jenis dan Tipsnya untuk Pemula

Itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu docker compose. Informasi selanjutnya mengenai kegunaan dan cara install akan dibahas di bawah ini. 

Kegunaan Docker Compose

Docker compose berfungsi untuk mengelola lingkungan pengembangan maupun produksi yang kompleks. Pada sebuah proyek alat ini akan melibatkan berbagai kontainer. Docker compose juga memungkinkan pengguna dalam mengatur maupun mengintegrasi kontainer secara mudah. 

Kegunaan utama docker compose sendiri yang pertama mengelola kontainer pengguna yaitu membantu dalam mengelola infrastruktur yang rumit secara cepat dan mudah. Fungsi selanjutnya, konfigurasi yang dilakukan juga terasa mudah karena menggunakan file YAML yang sederhana. Beberapa hal yang dapat dikonfigurasi diantaranya jaringan, variabel lingkungan, serta volume bersama. 

Kegunaan yang ketiga, docker compose juga dapat mengelola skala aplikasi menggunakan replikasi kontainer yang relevan. Dengan demikian dalam meningkatkan kinerja dapat lebih mudah. 

Cara Membuat Docker Compose

Setelah mengetahui apa itu docker compose, Anda juga perlu mengetahui cara integrasi dengan docker compose. Berikut ini adalah cara menginstal docker compose. 

Cara Membuat Docker Compose

Pertama instal docker compose

Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah mendapatkan docker compose yang versi stabil dan terbaru yaitu versi 1.26.0. Selanjutnya simpan berkas yang bisa dieksekusi pada /usr/local/bin/docker-compose supaya bisa diakses sebagai docker-compose secara global. 

Menyiapkan berkas

Dalam menunjukkan prosedur menyiapkan berkas docker-compose.yml serta bekerja dengan docker compose, kami akan mengembangkan lingkungan server web dengan citra Nginx resmi yang berasal dari Docker Hub. 

Menjalankan docker compose

Selanjutnya dengan adanya berkas docker-compose.yml kami akan mengeksekusi Docker Compose sebagai lingkungan yang aktif. 

Dalam mengilustrasikan kegunaan docker compose di sini kami memberikan contoh docker compose sederhana dalam penggunaannya. Contohnya kami mempunyai aplikasi web yang tersusun atas dua layanan diantaranya server web memakai Nginnx serta server database memakai MySQL. 

Pertama perlu dibuat file docker-compose.yaml dengan konfigurasi tertentu. Selanjutnya pada layanan web yang memakai gambar Nginx meneruskan port 80 pada kontainer ke port 80 pada mesin host. Sementara layanan db yang memakai gambar MySQL mengatur variabel lingkungan contohnya password root MySQL serta nama database. 

Kelebihan Docker Compose

Kelebihan Docker Compose

Docker compose mempunyai beberapa kelebihan yang membuat alat yang satu ini populer di dunia software development. Berikut ini adalah kelebihan utama yang dimiliki docker compose. 

Baca Juga:  Hyperlink Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Membuatnya

Sintaks yang digunakan lebih mudah dipahami

Docker compose memiliki sintaks serta antarmuka yang mudah dipahami. Selain tu antarmuka yang intuitif ini memungkinkan para pengguna dapat memulai serta mengelola aplikasi yang tersusun atas berbagai kontainer dengan cepat. 

Memiliki pengaturan lintas platform

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki docker compose yaitu tersedianya pengaturan lintas platform. Dengan begitu alat ini akan compatible jika digunakan pada berbagai platform contohnya Linux, macOS, Windows dan sebagainya. 

Pengguna dapat membuat replikasi kontainer serta terintegrasi dengan docker

Dengan mudahnya pembuatan replikasi kontainer, hal ini memungkinkan aplikasi untuk berkembang serta mampu menangani beban kerja yang besar. Selain itu dengan terintegrasinya docker akan memberikan keuntungan penuh bagi teknologi kontainerisasi. Dalam hal ini termasuk isolasi, portabilitas maupun kemampuan dalam membagikan aplikasi pada orang lain dengan mudah. 

Demikian sedikit informasi mengenai docker compose. Untuk mempelajari pembuatan docker compose lebih lanjut Anda bisa mempelajarinya di Coding Studio. Coding Studio merupakan sebuah kursus yang khusus menghadirkan kelas di bidang IT. Di sini selain Anda bisa memahami apa itu docker compose, Anda juga bisa meningkatkan skill digital bersama mentor praktisi yang profesional dan juga berpengalaman.

Anda bisa belajar kapan pun dan di mana pun karena Coding Studio menyediakan kelas online. Penasaran kan apa saja kelas yang tersedia yuk kunjungi Coding Studio dan daftarkan kelas Anda segera hanya di sini.

Related Articles