Cyber security merupakan suatu aktivitas yang dilakukan melindungi sebuah informasi dan juga sebagai keamanan untuk mencegah dari segala bentuk kejahatan online yang dinamakan cyber crime atau cyber attack. Sudah kita ketahui bahwa di masa revolusi industri 4.0 ini tentunya teknologi semakin canggih, semua orang menggunakan  teknologi yang mana data – data juga akan tersimpan di server. Nah karena ini tak jarang orang – orang menyalahgunakan untuk meretas sebuah data atau informasi yang mana ini seringkali disebut sebagai cyber crime atau cyber attack. Dalam melakukan cyber crime tentunya memiliki motif yang beragam diantaranya yaitu adanya motif kebencian sehingga ingin meretas sebuah data atau informasi untuk disalahgunakan atau bahkan motif untuk mencari keuntungan semata. Untuk itu dalam melindungi sebuah data atau informasi penting tentunya membutuhkan sebuah cyber security yang mana dengan menjalankan cyber security yang baik maka bisa membuat data – data menjadi aman dari segala bentuk cyber crime. Nah di artikel ini akan membantu anda mengenal cyber security lebih dalam lagi dan bagaimana tugas dari cyber security itu sendiri. 

Elemen Pokok Dari Cyber Security

Seperti yang dijelaskan di awal bahwasanya cyber security memiliki tujuan untuk melindungi data atau informasi dari segala bentuk cyber crime yang ada. Untuk tetap bisa menjalankan cyber security yang baik tentunya ada beberapa elemen pokok yang harus dipenuhi, dengan begitu cyber security dapat melindungi data – data tersebut dari cyber crime. Elemen pokok tersebut terdiri dari 7 elemen yaitu diantaranya adalah document security policy, perimeter defense, information infrastructure, network monitoring system, system information and event management, human resource and security awareness, dan network security assessment. Tujuh elemen tersebut merupakan elemen yang tentunya menjadi sebuah pondasi dari cyber security itu sendiri. Yang mana ke tujuh elemen ini akan dijabarkan pada poin – poin dibawah ini:

  • Document Security Policy 

Document Security Policy merupakan sebuah dokumen yang menjadi acuan standar operasional prosedur pada cyber security. Yang mana dokumen ini juga berupa kebijakan keamanan yang digunakan sebagai acuan untuk menjalankan segala bentuk proses yang berkaitan dengan keamanan informasi.

  • Perimeter Defense

Perimeter Defense digunakan sebagai komponen utama pertahanan yang berarti elemen ini dianggap sebagai garda terdepan yang bertugas sebagai pertahanan keamanan teknologi informasi. Elemen perangkat ini antara lain intrusion prevention system (IPS), intrusion detection system (IDS) serta firewall.

  • Information Infrastructure

Information Infrastructure merupakan sebuah elemen perangkat lunak dan juga perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mendukung semua aktivitas cyber security

  • Network Monitoring System

Dalam semua aktivitas pasti ada yang bertugas untuk memonitoring berbagai aktivitas tersebut. Nah pada cyber security ini, Network Monitoring System merupakan sebuah elemen yang bertugas untuk memonitoring jalannya perangkat cyber security. Selain itu, Network Monitoring System juga melakukan monitoring infrastruktur dari keamanan cyber seperti perangkat lunak dan juga perangkat keras

  • System Information And Event Management

Seperti pada namanya System Information And Event Management merupakan sebuah elemen sistem informasi dan juga melakukan pencatatan serta laporan dari semua kejadian dalam menangani cyber security. Jadi semua aktivitas akan ada pencatatan dan juga pelaporan yang dilakukan oleh elemen perangkat ini.

  • Network Security Assessment

Elemen yang satu ini berperan untuk memberikan kontrol dalam mengukur level dari keamanan teknologi informasi atau cyber security dan juga memberikan penilaian atas keamanan dari cyber security

  • Human Resource And Security Awareness

Elemen terakhir pada cyber security adalah elemen manusia atau yang disebut user atau pengguna. Elemen manusia sendiri merupakan mata rantai terlemah dari keamanan teknologi informasi itu sendiri, untuk itu perlunya peningkatan kesadaran akan pentingnya keamanan cyber security. 

Pelaku Utama Dalam Cyber Security

Untuk mengenal cyber security lebih dalam, penting juga bagi anda untuk memahami siapa saja pihak yang terlibat dalam cyber security. Dalam cyber security tentunya ada beberapa pihak yang terlibat dalam keamanan cyber. Pihak – pihak tersebut tentunya memiliki tugas masing – masing mulai dari memetakan potensi keamanan yang mana juga bertugas untuk memberikan pencegahan sebelum terjadi serangan terhadap teknologi informasi, kemudian pihak yang melakukan tugas ketika sudah terjadi serangan terhadap sebuah teknologi informasi serta pihak yang bertugas untuk melakukan penerobosan ke dalam sistem komputer. Nah berbagai pihak disini tentunya akan dijelaskan pada poin – poin dibawah ini:

  • Security Analyst

Sebelum terjadi sebuah penyerangan terhadap keamanan suatu teknologi tentu ada baiknya jika dilakukan pencegahan sebelum serangan itu akan terjadi, nah security analyst bertugas untuk melakukan pencegahan tersebut dengan cara memetakan potensi ancaman keamanan cyber dan kemudian memberikan pencegahan dan siapa saja yang harus dilakukan untuk mencegah ancaman tersebut. Selain melakukan pencegahan terhadap suatu ancaman, security analyst juga bertugas untuk menghitung resiko baik itu risiko financial yang kemungkinan akan ditanggung jika terjadi sebuah serangan terhadap teknologi informasi tersebut.

  • Forensic Specialist

Jika telah terjadi serangan terhadap teknologi tersebut maka forensic specialist akan berperan dalam hal ini. Yang mana forensic specialist harus melakukan penyelidikan terhadap serangan tersebut. Forensic specialist akan melakukan investigasi dengan mencari bukti atau jejak digital dari terjadinya penyerangan tersebut, yang mana bukti tersebut digunakan untuk melacak pelaku atau cyber attack yang telah melakukan penyerangan.

  • Hacker / Peretas

Hacker dalam suatu cyber security merupakan seseorang yang biasanya melakukan penerobosan kedalam sistem komputer. Dalam pekerjaannya hacker harus memiliki ethical hacking yang tentunya sangat penting dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini dikarenakan setiap penerobosan terhadap sistem tentunya hacker harus memiliki izin dari pemilik sistem, jika tidak memiliki izin dan hacker melakukan hal – hal seperti perubahan data, manipulasi data hingga pencurian maka ini disebut sebagai cracker. Untuk itu dalam pekerjaan ini, ethical hacking sangat penting. Karena apabila melanggar maka hacker dapat dihukum atas tindakannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Nah itulah penjelasan mengenai cyber security yang sudah dibahas dalam artikel ini, berbagai pembahasan mengenai seperti apa cyber security itu, kemudian berbagai elemen dari cyber security yang tentunya merupakan sebuah pondasi serta pelaku utama yang telah dijabarkan diatas tentunya anda sekarang sudah mulai mengenal cyber security dengan bai. Nah untuk bisa mempelajarinya lebih dalam, anda dapat belajar atau mengikuti tempat kursus yang bisa menunjang proses belajar anda yaitu dengan belajar di codingstudio.id, disini anda dapat mengenal dan belajar lebih dalam lagi mengenai cyber security. Dengan bisa meningkatkan ilmu dan wawasan akan cyber security tentunya anda bisa lebih siap dalam revolusi industri 4.0 yang saat ini sedang terjadi di Indonesia. Untuk itu codingstudio.id bisa menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin belajar dan menambah wawasan anda dan tentunya lebih siap dalam revolusi industri 4.0