Ketahui Pekerjaan Cyber Security Yang Lagi Dibutuhkan!

Industri cyber security sudah menjadi area pertumbuhan yang menjanjikan dalam hal jalur karier di bidang teknologi. Cyber security sendiri adalah metode yang digunakan untuk melindungi jaringan, sistem, atau aplikasi dari serangan siber. Ini digunakan untuk menghindari akses data yang tidak sah, serangan siber, dan pencurian identitas.

Ahli cyber security memiliki tanggung jawab melindungi data yang berpotensi disusupi. Semakin banyak informasi yang disimpan, semakin penting untuk meningkatkan keamanan. Selain itu, dikarenakan banyaknya frekuensi serangan dunia maya, karir ini akan semakin membutuhkan banyak ahli yang berkualitas. Sehingga, dapat dikatakan ada banyak peluang bagi pekerja untuk memulai dan memajukan karir di bidang ini karena profesinya yang bervariasi.

Simak artikel ini untuk ketahui pekerjaan cyber security yang bisa kamu tempuh ketika kamu memiliki skill cyber security.

Berikut Pekerjaan Cyber Security yang terkait :

1. Chief Information Security Officer

pekerjaan cyber security
Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Chief Information Security Officer adalah eksekutif yang bertanggung jawab atas keamanan informasi dan data bisnis. Ia mengawasi aspek strategis, operasional, dan anggaran dari manajemen dan perlindungan data. Selain itu, profesi ini harus melindungi data kepemilikan dan kekayaan intelektual bisnis.

Sebagai ahli keamanan informasi teratas, profesi ini memiliki pengetahuan luas tentang praktik teknologi informasi dan kebutuhan keamanan bisnis. Untuk menjadi profesi ini, kamu harus memiliki berbagai soft skills dan hard skills. Serta, memahami bahasa pemrograman; jaringan komputer, perangkat lunak, sistem, dan keamanan siber.

2. Security Consultant

pekerjaan cyber security
Photo by rawpixel.com on freepik

Security Consultant adalah ahli keamanan informasi yang dilatih untuk melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data, dan perangkat jaringan. Profesi ini bekerja untuk berbagai bisnis yang menilai risiko, masalah, dan solusi untuk masalah keamanan. Mereka menganalisis sistem keamanan, mempelajari potensi pelanggaran, dan mengawasi penerapan solusi.

Selain itu, profesi ini juga bisa mengawasi operasi keamanan untuk satu perusahaan, atau berkonsultasi secara independen. Serta, membantu bisnis untuk memahami di mana langkah-langkah cyber security yang perlu ditambal atau diperbaiki. Misalnya, mereka mengusulkan perbaikan infrastruktur.

Baca Juga:  Apa itu NOC (Network Operation Center)? Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya

3. Incident Responder

pekerjaan cyber security
Photo by Sarah Elizabeth on Unsplash

Incident Responder bertugas untuk melindungi dan meningkatkan keamanan bisnis dengan mencegah dan mengurangi ancaman keamanan. Tugas pencegahan meliputi pemantauan sistem, penilaian, pengujian, dan analisis yang dirancang untuk mengidentifikasi dan memperbaiki potensi pelanggaran keamanan.

Incident Responder biasanya membuat rencana keamanan, kebijakan, protokol, dan pelatihan yang mempersiapkan bisnis untuk merespons insiden secara efisien dan efektif. Selain itu, mereka terbiasa bekerja bawah tekanan karena menilai dan menanggapi ancaman melalui intrusion detection, security auditing, dan risk analysis.

4. Penetration Tester

profesi-cyber-security
Photo by Soumil Kumar from Pexels

Penetration Tester sering disebut sebagai “ethical hackers” dan juga validator jaminan. Mereka biasanya disewa oleh pemilik sistem jaringan dan penyedia aplikasi berbasis web. Dengan tujuan untuk menyelidiki kerentanan yang mungkin dapat dieksploitasi oleh peretas dengan niat jahat. Serta untuk mengumpulkan data dan intelijen yang aman.

Profesi ini membantu bisnis mengidentifikasi dan menyelesaikan kerentanan dan kelemahan keamanan tersebut yang memengaruhi aset digital dan jaringan komputer. Sistem dan jaringan yang biasanya dicek mencakup situs web, sistem penyimpanan data, dan aset IT lainnya.

Itulah dia beberapa pekerjaan cyber security yang bisa kamu tempuh. Di Indonesia sendiri masih kekurangan ahli cyber security, sehingga peluang kerja di bidang ini masih terbuka lebar. Tentunya, jika kamu ingin bekerja di bidang security, maka kamu harus memiliki skill-nya terlebih dahulu.

Nah, oleh karena itu, tidak lama lagi Coding Studio akan menyediakan course cyber security. Di mana, ini akan berguna untukmu menambah atau meperdalam ilmu. Jadi, stay tuned terus ya di media sosial dan website untuk info lebih lanjut!

Kamu mau punya pekerjaan cyber security juga ? Tapi kamu belum punya basic sama sekali ? Ikuti kursus cyber security dari coding studio. Nanti kamu akan mempelajari :

  • Memahami konsep dasar dan terminologi yang digunakan dalam bidang keamanan informasi dan cyber
  • Mengambil peran untuk IT dan Posisi Cyber Security
  • Memahami bagaimana hacker sebenarnya melakukan peretasan

Raih pekerjaan cyber security sekarang juga untuk dapatkan gaji yang sangat fantastis !

Related Articles