Cyber Security Engineer: Pengertian, Tugas dan Skillnya

Trend industrialisasi baru saat ini sudah berubah ke arah yang lebih modern, industri teknologi informasi menjadi industri yang sedang populer dan banyak diperlukan saat ini. Salah satu pekerjaan yang cukup banyak diminati pada industri teknologi informasi adalah cyber security engineer. Hal tersebut karena pekerjaan yang satu ini cukup vital peranannya di sebuah perusahaan.

cyber security engineer

Definisi dan Tugas yang Dimiliki Cyber Security Engineer

Di bawah ini merupakan beberapa informasi yang berkenaan dengan pekerjaan security engineer baik itu definisi, tugas maupun skill yang harus dimiliki oleh seorang security engineer. Secara umum, security engineer diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab dalam merancang suatu strategi yang bisa melindungi jaringan internal yang dimiliki perusahaan dari akses yang tidak dikenal maupun diinginkan. Security engineer juga bisa diartikan sebagai insinyur teknik yang bisa menjaga sistem keamanan dari suatu perusahaan.

Itulah pengertian atau definisi mengenai cyber security engineer, selanjutnya kamu juga penting mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang cyber security engineer khususnya bagi kamu yang tertarik dengan pekerjaan yang satu ini. Apa saja tugas yang harus dilakukan itu, simak informasinya di bawah ini.

cyber security engineer
  • Mengenali langkah keamanan dan respon yang harus dilakukan

Tugas dan tanggung jawab pertama yang harus dilakukan oleh cyber security engineer adalah mengidentifikasi langkah-langkah yang harus dilakukan kaitannya dengan keamanan. Kemudian seorang security engineer juga harus melakukan respons yang cepat apabila terjadi masalah keamanan yang terjadi pada perusahaan tersebut. Jadi cyber security engineer harus cepat tanggap terhadap masalah yang terjadi tersebut kemudian juga melaporkannya ke rekan sesama tim serta melakukan koordinasi dengan semua tim IT yang bertugas.

Bekerja di industri teknik informasi memang diperlukan problem solving yang cukup cepat karena sebagai security engineer ini erat kaitannya dengan sistem keamanan suatu perusahaan. Jadi jika security engineer cepat tanggap maka sistem keamanan tersebut akan segera diatas secara koordinatif maupun holistik. Jadi dengan langkah keamanan yang diambil ini dapat menjaga data perusahaan juga secara keseluruhan.

  • Melakukan penilaian dan juga audit
Baca Juga:  Pentingnya Cyber Security di Era Digital

Tugas selanjutnya yang harus dilakukan cyber security engineer adalah melakukan evaluasi dan juga audit. Hampir di semua pekerjaan tentunya setiap posisi memiliki peranan untuk melakukan evaluasi baik itu untuk diri sendiri maupun perusahaan. Hal ini tak lain bertujuan agar perusahaan dapat selalu berkembang tentunya ke arah yang lebih baik.

Nah tugas sebagai security engineer ternyata juga melakukan evaluasi atau penilaian. Hal tersebut karena peranannya sebagai teknisi utama tentunya yang paling mengetahui tentang sistem keamanan suatu perusahaan tersebut. Oleh karena itu dengan evaluasi ini security engineer dapat mengetahui apa saja kekurangan atau kejanggalan yang dimiliki oleh sistem keamanan perusahaan itu sendiri sehingga nantinya tentunya bisa diperbaiki secara teknis.

  • Melakukan pengembangan terhadap solusi teknis sekaligus mengetahui kerentanannya

Hampir mirip dan berkaitan dengan tugas sebelumnya, security engineer juga memiliki tugas untuk melakukan pengembangan terhadap solusi teknis dan juga mengetahui kerentanan yang dimiliki. Jadi dengan hal yang dilakukan ini diharapkan security engineer bisa mengetahui apakah sistem keamanan yang telah diterapkan tersebut dapat bertahan lama atau tidak. Sebagai solusi teknik inilah diharapkan perusahaan dapat terus mengalami peningkatan baik itu dalam bisnisnya maupun dari segi sistem keamanannya.

Nah jika sudah mengetahui tidak bertahan lama maka security engineer dapat menentukan solusi terbaik yang harus dilakukan sebagai bentuk jaga-jaga apabila terdapat serangan siber mendadak. Jadi dengan meneliti kerentanan ini juga menjadi tugas seorang security engineer untuk selalu melakukan peningkatan.

Itulah ketiga tugas dan tanggung jawab yang harus dimiliki oleh seorang security engineer. Bagi kamu yang sangat tertarik dengan pekerjaan ini maka kamu juga perlu mengetahui apa saja skill yang harus dimiliki untuk bisa menjalankan tugas-tugas yang disebutkan tadi.

Skill atau Kemampuan yang Harus Dimiliki Cyber Security Engineer

cyber security engineer
  • Kemampuan dalam hal teknis

Hal teknis yang harus dimiliki cyber security engineer ini berhubungan dengan pengetahuan yang dimiliki baik itu tentang kontrol keamanan, ahli dalam menggunakan aplikasi Ruby hingga mengetahui security libraries. Salah satu tugas yang harus dilakukan tadi adalah melakukan evaluasi, nah dalam melakukan evaluasi ini diperlukan keahlian terhadap SQLi, XSS, CSRF, SSRF. Selanjutnya pengetahuan lain yang harus dimiliki diantaranya Arachni, OAuth, SAML, CAs, CSP, OTP dan lain sebagainya.

  • Kemampuan pengkodean (coding)

Pekerjaan di bidang teknik informasi tentu saja berhubungan dengan pengkodean, jadi tentu saja security engineer harus mempunyai kemampuan coding yang baik. Hal ini akan berguna dalam mengetahui risiko keamanan yang terjadi melalui penemuan kode yang sudah kadaluwarsa. Jadi diwajibkan untuk memiliki pemahaman dan kemampuan yang bagus dalam menuliskan kode.

  • Kemampuan dalam hal berkomunikasi
Baca Juga:  Cyber Espionage Adalah Aktivitas Mata-Mata, Amankan Datamu

Tidak hanya berhubungan dengan pengetahuan dan keahlian saja namun seorang security engineer tentu saja dituntut untuk memiliki soft skill yang bagus diantaranya mampu berkomunikasi dengan baik. Hal tersebut karena seperti yang disebutkan tadi seorang security engineer nantinya tidak akan bekerja sendiri namun diperlukan kerja sama tim selain itu juga security engineer akan melakukan konsultasi ke beberapa pihak yang ada seperti developer atau product manajer.

Jadi agar memiliki tim keamanan yang baik maka dibutuhkan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik sehingga security engineer dapat menjelaskan sesuatu dengan cara yang efektif dan efisien.

  • Bisa mendeteksi gangguan jaringan

Skill selanjutnya mungkin berhubungan dengan ketiga skill sebelumnya, seorang security engineer diharapkan harus sangat teliti dalam mendeteksi gangguan jaringan yang ada. Hal tersebut karena tugas security engineer lah yang memastikan bahwa semua data yang tersimpan itu aman sehingga jika terjadi gangguan berupa data yang bocor, security engineer harus bisa mengetahui hal tersebut sekecil apapun. Jika terlewat sedikit pun maka akan tercipta kerugian yang menyerang perusahaan.

  • Mengetahui cloud security

Cloud saat ini sudah cukup banyak dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan yang ada. Hal tersebut karena cloud dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data yang baik. Nah meski memiliki keunggulan dibanding sistem yang lain nyatanya cloud cukup rentan terhadap serangan dan ancaman dari kejahatan siber.

Oleh karena itu sebagai seseorang yang memiliki tugas untuk melindungi sistem keamanan perusahaan, dalam hal ini cloud security juga wajib dipahami oleh seorang security engineer. Jadi diharapkan dengan memiliki pemahaman ini seorang security engineer bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Itulah beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan tentang cyber security engineer. Seperti yang diketahui pekerjaan ini memang cukup banyak diminati di era yang modern ini jadi jika kamu tertarik fokuskan jurusan teknik informatika yang kamu ambil agar bisa memperoleh pekerjaan yang satu ini.

Untuk memudahkan kamu mempersiapkan diri sebagai Cyber Security Engineer.

Related Articles