Belajar Kursus Cyber Security dan Cara Kerjanya

Dewasa ini terdapat banyak sekali perkembangan teknologi digital yang cukup berpengaruh pada kehidupan masyarakat masa kini. Ada banyak sekali kemudahan dan hal baik yang bisa dirasakan baik untuk masyarakat selaku pengguna teknologi maupun sebagai pelaku bisnis. Namun hal itu juga turut mendorong terjadinya kejahatan digital sehingga perlu belajar kursus cyber security.

belajar kursus cyber security

Belajar Kursus Cyber Security dan Pahami Cara Kerjanya

Dalam perkembangan digital yang terjadi di masa sekarang Kita akan menemukan bahwa semua hal akan saling terhubung langsung dengan jaringan internet dari mulai bidang sosial, pendidikan sampai ke proses jual beli.

Kemudahan yang bisa dirasakan oleh pengguna juga membuka peluang tindak kejahatan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi yang dikenal dengan cyber crime. Maka dari itu, kemudian banyak yang berminat untuk mempelajari cyber security untuk bisa mengamankan teknologi digital sehingga bisa digunakan dengan aman oleh semua kalangan pengguna.

Cyber security adalah sebuah kegiatan yang bekerja dengan cara memastikan integritas, kerahasiaan dan adanya informasi yang mendukung sehingga teknologi serta informasi bisa digunakan dengan aman. Tindakan ini juga dilakukan oleh beberapa pihak yang kompeten dalam bidang tersebut dengan tujuan untuk memberikan perlindungan akses jaringan, program, sistem dan data yang diperoleh dari beragam ancaman cyber atau akses ilegal yang terjadi.

Bagaimana cara belajar kursus cyber security? Untuk bisa memberikan perlindungan secara menyeluruh pada teknologi digital dari tindak kejahatan yang bisa terjadi, biasanya terdapat beberapa cara kerja yang dilakukan oleh para ahli cyber security. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Memanfaatkan antivirus

Dalam belajar kursus cyber security, sangat disarankan untuk semua pengguna perangkat digital untuk memasang antivirus pada perangkat gadget yang digunakannya. Sehingga keamanan sistem digital dalam perangkat mereka bisa terjaga dengan baik karena antivirus akan bertugas untuk melakukan pemindaian dan pembersihan perangkat keras yang digunakan dari beragam ancaman kejahatan cyber.

Baca Juga:  Firewall Adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Update perangkat lunak

Dalam belajar kursus cyber security, cara yang berikutnya untuk melakukan kegiatan cyber security adalah dengan melakukan update perangkat lunak secara berkala. Keamanan sistem digital yang ada akan bisa terlindungi secara maksimal jika Anda memperbarui perangkat lunak secara rutin dan berkala.

Penyebabnya adalah karena tindak kejahatan cyber biasanya berusaha untuk mengambil jaringan komputer dengan cara memanfaatkan celah yang terbuka seperti ketika sebuah perangkat lunak lama tak dilakukan update versinya.

Pakai kata sandi atau password yang aman dan kuat

Dalam belajar kursus cyber security, harus berupaya membuat kata sandi atau password yang lebih aman dan kuat. Saat ini kata sandi biasanya terbuat dari perpaduan huruf, angka dan simbol dengan kombinasi huruf besar dan kecil sehingga membuat pelaku tindak kejahatan cyber pun akan sulit untuk melakukan eksploitasi akses pada perangkat yang Anda gunakan.

Waspada pada adanya email asing

Dalam belajar kursus cyber security, cara kerja yang terakhir adalah dengan tetap waspada pada munculnya email asing yang tak dikenal di surel Anda. Seperti misalnya tiba-tiba muncul penawaran bisnis padahal Anda tak pernah melakukan subscribe atau berlangganan newsletter website tersebut. Hindari mengklik apapun yang ada di email asing tersebut karena biasanya memiliki potensi adanya serangan malware yang bertujuan untuk mengambil data pribadi yang Anda miliki.

Jenis Keahlian yang Harus Dikuasai untuk Cyber Security

belajar kursus cyber security

Jika Anda berminat untuk memiliki profesi dalam bidang cyber security maka setidaknya harus sudah belajar kursus cyber security dan berikut adalah beberapa hal yang bisa dipelajari dalam belajar kursus cyber security.

Hard Skills

Berprofesi sebagai tenaga ahli cyber security harus memiliki pemahaman dan menguasai dengan baik bahasa pemrograman. Selain itu juga sangat penting untuk memiliki bekal kemampuan teknis dan pengetahuan sehingga bisa melakukan penerapan teknologi yang terkini. Berikut adalah beberapa jenis keahlian hard Skills untuk profesi cyber security.

  • Programming

Dalam belajar kursus cyber security, dengan memiliki pemahaman dasar pada bahasa pemrograman maka akan diperoleh manfaat untuk melakukan pengukuran pada berbagai kemungkinan untuk terjadinya serangan pada sistem sekaligus untuk merancang desain rencana untuk mengantisipasi aneka hal yang bisa terjadi di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Apa itu Cloudflare? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Shell, C atau lainnya bisa sangat membantu cyber security untuk memahami back end dalam sebuah sistem teknologi. Selain itu, juga dibutuhkan bekal pengetahuan mengenai manajemen sistem operasi, sistem arsitektur, administrasi, networking dan virtualization software.

  • Kemampuan analisis dan mitigasi adanya resiko

Keahlian yang berikutnya adalah untuk bisa melakukan analisis dan mitigasi adanya resiko sehingga bisa dengan baik mengidentifikasi berbagai ancaman yang datang.

Disebutkan untuk keahlian mitigasi resiko yang bisa terjadi di bidang teknologi memiliki fokus acuan pada proses serta kebijakan yang dibuat oleh perusahaan untuk bisa mencegah adanya tindak pelanggaran data dan keamanan. Selain itu juga bisa bermanfaat untuk membantu memberikan batasan skala kerusakan yang bisa dialami ketika terjadi serangan malware pada sebuah sistem komputer.

  • Keahlian untuk mendeteksi adanya intrusi

Saat ini hampir semua sistem komputer yang digunakan oleh perusahaan maupun perorangan memiliki resiko untuk diretas pihak yang tak bertanggung jawab. Hal itu menjadikan seorang cyber security harus bisa memiliki keahlian untuk bisa mengurangi resiko terjadinya peretasan dengan memiliki kemampuan bisa mendeteksi adanya intrusi dengan cepat.

Keahlian untuk mendeteksi intrusi akan membuat seorang cyber security bisa mengetahui lebih dini tentang beberapa kegiatan yang memiliki potensi untuk bisa memberikan bahaya pada sistem komputer sebelum terjadi peretasan atau serangan malware.

  • Keamanan berbasis Cloud

Keahlian yang berikutnya adalah yang harus dimiliki mengingat saat ini ada banyak sekali masyarakat maupun perusahaan yang menggunakan layanan dengan basis penyimpanan cloud. Diketahui layanan yang memiliki basis cloud sangat beresiko pada keamanan cyber sehingga berpeluang untuk terjadi pelanggaran pada database atau terjadinya peretasan pada akun. Sehingga diperlukan keahlian tersendiri untuk memastikan data yang tersimpan di penyimpanan cloud tetap terjaga dengan aman.

  • Analisis pada ancaman malware

Setiap kursus cyber security juga harus mampu menghadapi ancaman malware yang datang dengan melakukan metode yang proaktif seperti melakukan pendekatan keahlian sehubungan dengan manajemen ancaman teknologi digital yang ada. Hal itu menjadi penting untuk dilakukan karena perusahaan harus melakukan pemulihan data dengan cepat ketika terjadi ancaman malware ke pada situs website atau sistem komputer yang mereka gunakan.

  • Keahlian melakukan enkripsi
Baca Juga:  Apa Itu Adware? Pengertian, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Keahlian untuk enkripsi bagi seorang cyber security harus dimiliki karena saat ini lebih banyak perusahaan yang menyadari adanya serangan cyber yang beresiko terjadi sehingga bisa berdampak lebih sulit untuk dilakukan identifikasi dan pencegahan dalam prosesnya.

Keahlian ini sangat berguna ketika perusahaan menghadapi kejadian yang paling buruk misalnya ketika adanya ancaman malware yang dilakukan saat peretas berusaha untuk mengakses dan melakukan pencurian data pribadi pengguna namun tim keamanan gagal mengetahuinya lebih awal.

Pada kondisi tersebut akan sangat dibutuhkan keahlian untuk enkripsi sebagai cara terakhir untuk memberikan perlindungan data yang tersimpan karena data yang sudah dilakukan enkripsi tak bisa diakses jika tidak menggunakan kunci enkripsi.

Soft Skills

Selain kemampuan teknis yang harus dimiliki oleh ahli cyber security, ada juga kemampuan non teknis atau soft skills yang harus dikuasai untuk mendukung pekerjaan sebagai cyber security. Diantaranya adalah sebagai berikut :

belajar kursus cyber security
  • Kemampuan untuk bisa mencari pemecahan masalah dengan baik
  • Mempunyai perhatian dan fokus pada hal yang detail serta terperinci
  • Mampu untuk melakukan komunikasi dengan baik
  • Memiliki keinginan untuk terus mempelajari sesuatu
  • Mempunyai kemampuan untuk menganalisis dan mendeteksi sesuatu dengan cepat

Itulah beberapa jenis keahlian dasar yang wajib dimiliki oleh seorang cyber security yang bisa dipelajari dengan jalur belajar kursus cyber security. Semoga bermanfaat. Yuk miliki keahlian cyber security dari mulai nol hingga menjadi seorang tenaga profesional hanya di belajar kursus cyber security Codingstudio.id. Dapatkan kemudahan dalam belajar, dengan kemampuan yang tersertifikasi dan harga terjangkau hanya disini. Daftar sekarang juga.

Related Articles