Pengertian Cyber Security dan Elemen serta Manfaatnya

Perkembangan zaman memicu adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Teknologi yang canggih banyak dimanfaatkan oleh seseorang untuk mengembangkan bisnisnya, akan tetapi tidak sedikit pula yang memanfaatkannya untuk hal yang tidak baik, salah satunya ialah cyber crime atau kejahatan dalam dunia maya. Oleh karena itu, kita sangat perlu keamanan yang biasanya disebut dengan cyber security. Nah, disini akan dibahas terkait pengertian cyber security, elemen dan manfaatnya dalam masyarakat luas.

pengertian cyber security

Pengertian Cyber Security

Apa itu pengertian cyber security? Mungkin banyak sebagian orang yang belum mengetahui secara jelas mengenai pengertian cyber security atau tindakan perlindungan. Tindakan perlindungan ini sangat perlu digunakan oleh setiap pengguna internet untuk mencegah terjadinya kejahatan yang tidak diinginkan. Tindakan yang dilakukan biasanya untuk melindungi jaringan, perangkat, program serta data-data dari ancaman cyber crime serta akses yang ilegal.

Saat ini ancaman cyber sangat nyata dan sangat membahayakan, dimana ancaman tersebut biasanya dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Oknum tersebut biasanya tidak hanya mengincar perusahaan yang besar, akan tetapi biasanya juga menyerang bisnis kecil sampai dengan urusan pribadi.

Salah satu ancaman kejahatan yang sering terjadi ialah mengakses informasi yang sensitif lalu mengubah serta menghancurkan data-datanya. Oleh karena itu adanya tindakan keamanan sangat penting untuk kita miliki dan lakukan.

Elemen dari Cyber Security

pengertian cyber security

Pengertian Cyber security memiliki banyak elemen, adapun beberapa elemen-elemen tersebut, diantaranya ialah:

  1. Network security

Network security ialah elemen keamanan yang dapat mencegah dan melindungi akses yang tidak sah ke dalam jaringan komputer, sehingga dapat melakukan konfigurasi untuk dapat mencegah dan memantau dari penyalahgunaan, selain itu network security juga dapat memodifikasi jaringan komputer dan resource.

Ada banyak macam metode yang bisa digunakan untuk meningkatkan keamanan jaringan, diantaranya ialah Email security, Web security, Wireless security, Firewall, Software Antivirus, dan masih banyak lagi metode lainnya.

  1. Cloud security
Baca Juga:  Apa Itu Unauthorized Access? Pengertian, Metode dan Cara Mencegahnya

Cloud Security merupakan suatu elemen yang bertindak untuk melindungi berbagai keamanan data yang memiliki cloud, biasanya ancaman tersebut berupa pembajakan pada traffic layanan, pencurian, serta penyalahgunaan data.

Penerapan elemen ini sangat penting bagi penyedia layanan dari cloud untuk dapat melindungi data sensitif dari para pelanggan. Oleh karena itu, kita perlu memenuhi berbagai persyaratan dan prosedur keamanan terlebih dahulu, dengan begitu segala bentuk kejahatan dapat diminimalisir.

  1. Information security

Information Security atau biasa disingkat dengan IS ialah elemen keamanan siber yang mengacu pada suatu proses dan metode untuk mencegah terjadinya ilegal, gangguan, penggunaan, modifikasi, atau bisa juga penghancuran informasi yang tidak sah. Beberapa informasi yang biasanya menjadi target kejahatan ialah data rekening bank, Email, informasi pribadi, detail jaringan, profil di media sosial dan lainnya.

  1. Disaster recovery planning

Merupakan upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam mengatasi berbagai macam ancaman, baik ancaman dari alam maupun dari siber dan lain sebagainya. Rencana dari pemulihan bisa dilakukan dalam bentuk dokumen formal yang mana terdiri dari berbagai informasi seperti administrasi, perangkat keras, budget financial, sumber daya dan teknologi.

  1. Operational security

Operational Security ialah elemen manajemen resiko untuk dapat melindungi data yang biasanya rentan disalahgunakan, dimana elemen ini akan mengidentifikasi semua informasi penting dan mengembangkan mekanisme perlindungan untuk dapat memastikan keamanannya.

  1. End-user education

Merupakan suatu elemen terpenting dalam sebuah keamanan siber. Hal ini dikarenakan para user atau pengguna internet kurang memiliki edukasi terhadap cyber security sehingga menjadi resiko keamanan yang cukup besar.

Sebagian besar adanya ancaman dan kejahatan siber ini terjadi karena kurangnya kesadaran dan kebijakan terhadap suatu sistem keamanan. Adapun beberapa celah dari keamanan siber dapat terjadi melalui pesan teks, mendownload aplikasi, penggunaan di media sosial, penggunaan email, serta pembuatan dan penggunaan kata sandi.

Manfaat Cyber Security untuk Bisnis

pengertian cyber security

Setelah mengetahui pengertian cyber security dan berbagai elemen yang dimiliki oleh cyber security, maka kita juga perlu mengetahui berbagai manfaat yang bisa kita rasakan, diantaranya ialah:

  • Untuk menjaga reputasi perusahaan
Baca Juga:  Kursus Cyber Security di Indonesia

Manfaat pertama ialah mampu menjaga reputasi perusahaan, hal ini dikarenakan reputasi perusahaan di mata para pelanggan suatu hal yang sangat penting. Adapun salah satu untuk menjaga reputasi ialah dengan meningkatkan keamanan sistem sehingga akan terhindar dari berbagai ancaman.

Banyak serangan yang bisa mengancam keamanan data perusahaan, sebagai contoh ialah data breaching yang dapat mengakibatkan informasi pelanggan dapat diakses tanpa otoritas, hal ini tentunya sangat dapat menurunkan kepercayaan dari pelanggan, serta dapat merugikan perusahaan dalam segala aspek.

  • Memulihkan kerusakan dengan lebih cepat

Selain menjaga reputasi, adapun pengertian cyber security juga memiliki manfaat dalam penggunaan sistem keamanan juga dapat memulihkan terjadinya kerusakan dengan lebih cepat. Walaupun sistem sempat mengalami kerusakan, akan tetapi waktu untuk memulihkan nya akan lebih cepat dan singkat jika telah dilengkapi dengan prosedur keamanan yang baik, dengan itu perusahaan masih bisa meminimalisir kerugian. Oleh karena itu penggunaan sistem keamanan untuk kepentingan bisnis yang sudah memiliki skala cukup besar sangat disarankan.

  • Meningkatkan manajemen data

Data merupakan bagian inti dalam bisnis ataupun pemasaran. Oleh karena itu, dengan adanya pemasangan sistem keamanan yang baik maka inti dari bisnis kita bisa aman. Data dan informasi sensitif dari para pelanggan dapat terlindungi dari adanya peretasan dan ancaman siber yang sangat membahayakan.

Sistem keamanan sangat dibutuhkan untuk hal ini, sehingga perusahaan perlu mengutamakan sistem keamanan karena merupakan kepentingan jangka panjang untuk tetap menstabilkan perusahaan.

  • Website lebih terjamin keamanannya

Hal yang paling utama dari penggunaan sistem keamanan ialah website lebih terjamin keamanannya. Website bagi bisnis merupakan representasi digital yang sangat penting untuk menginformasikan kepada masyarakat luas mengenai bisnis kita, sehingga keamanan dari website sangat perlu untuk dijaga dengan baik. Salah satunya ialah dengan cara menggunakan sistem keamanan.

Jika website telah terancam dan terinfeksi ancaman jahat maka kemungkinan besar akan membuat website menjadi down. Hal ini pastinya akan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi perusahaan karena dapat menyebabkan beberapa resiko seperti resiko kehilangan data, kehilangan pelanggan serta resiko kehilangan sebagian besar transaksi yang biasanya data akan disimpan dalam website perusahaan.

Baca Juga:  Kenali Apa itu Scam? Pengertian, Jenis dan Cara Mengatasinya

Untuk itu pengertian cyber security sangat penting di era sekarang, hal ini untuk menghindari segala tindak kejahatan yang meresahkan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui lebih dalam mengenai berbagai tindakan keamanan agar segala data pribadi maupun perusahaan kita aman dan terhindar dari segala ancaman buruk dari luar.

Nah, demikianlah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan terkait pengertian cyber security yang sangat penting digunakan untuk mengamankan akun sosial media ataupun website kita. Semoga dengan adanya artikel pengertian cyber security dan manfaatnya ini membuat para pembaca lebih berhati-hati lagi ketika berinternet ataupun bersosial media agar terhindar dari segala bentuk kejahatan yang tidak kita inginkan. Selamat mencoba!
Tertarik memahami pengertian cyber security dari dasar? cek link ini dan dapatkan promo menarik!

Related Articles