Tugas Game Developer dan Prospek Kerja serta Skillnya

Apakah kalian suka bermain game di hp? Pasti kalian akan merasakan seru nya bermain game bukan? Apakah kalian pernah terpikirkan siapa yang sangat kreatif menciptakan game di hp? Nah, disini akan kami bahas seputar siapa yang berperan dalam pembuatan game yang seru dan menyenangkan.

Di balik berbagai game yang kita mainkan ada sosok yang sangat berperan dalam pembuatannya, dimana orang tersebut biasa disebut dengan game developer. Yuk, cari tahu apa saja tugas game developer berserta informasi lainnya.

tugas game developer

Pengertian dari Game Developer

Sebelum kita mengetahui berbagai informasi seperti tugas, prospek kerja serta skill yang dibutuhkan, kita perlu mengetahui pengertian secara umum terlebih dahulu. Tugas Game Developer ialah seseorang yang bertugas untuk mengembangkan software yang mana memiliki keahlian dalam bidang pembuatan game, yang mana tugas utamanya ialah membuat software game yang nantinya untuk bisa diakses melalui berbagai perangkat.

Tanggung Jawab dan Tugas Game Developer

tugas game developer

Sesuai dengan namanya, tugas game developer merancang sebuah konsep game. Tugas game developer dimulai dari menuliskan draft mengenai konsep dari gema yang ingin dikembangkan, dimana dalam membuat konsep dalam game maka orang tersebut perlu menciptakan sebuah karakter, alur dari cerita, sampai dengan menyusun mekanisme dan desain nya. Selain itu, tugas game developer juga mendokumentasikan proses pembuatan sampai dengan testing game tersebut.

Beberapa Skill yang Wajib Dimiliki Game Developer

Tugas game developer bukanlah biasa-biasa saja, mereka ialah orang yang memiliki skill yang mumpuni, hanya sebagian kecil saja orang yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan atau merancang sebuah game. Bagi kalian yang ingin menjadi seorang game developer maka ada beberapa skill yang wajib dimiliki, diantaranya ialah:

  1. Memiliki kreativitas yang tinggi

Seorang pembuat atau perancang game perlu memiliki skill salah satunya ialah memiliki daya kreativitas yang tinggi. Hal ini dikarenakan tugas yang nantinya diemban ialah berkaitan dengan merancang, mengembangkan, menghidupkan game yang mana biasanya terdiri atas strategi, tantangan, serta visual yang menarik pengguna.

Baca Juga:  Web Development: Definisi, Jenis hingga Tahapan Kerja

Kreativitas dalam hal ini sangat diperlukan untuk dapat membangun sebuah alur cerita yang menarik dan juga menantang sehingga para gamer merasa tertantang dan penasaran untuk mencobanya. Selain itu, disini kreativitas seseorang sangat dibutuhkan juga untuk membuat sebuah karakter dan tokoh yang menarik.

  1. Memiliki kemampuan IT yang kuat

Selain memiliki kreativitas yang tinggi, seorang perancang game juga perlu memiliki kemampuan dalam bidang IT yang cukup tinggi, karena untuk bisa mengembangkan game kita perlu memahami serta menguasai beberapa bahasa pemrograman dan juga desain dari perangkat lunak yang digunakan.

Selain itu, seorang pembuat game juga perlu menguasai beberapa peralatan yang memiliki hubungan dengan audio video. Hal ini dikarenakan game biasanya tersedia dari animasi dan grafis. Dengan memiliki skill yang baik dalam bidang IT maka kita bisa membuat sebuah game yang lebih hidup.

  1. Memiliki kemampuan problem solving

Selain beberapa skill diatas, kita sebagai seorang pembuat game juga perlu memiliki kemampuan problem solving yang baik. Hal ini sangat diperlukan karena dalam proses pembuatan game kita pasti menemukan banyak kendala, sehingga kita perlu memiliki kemampuan dalam melihat masalah dalam berbagai macam perspektif, sehingga dapat dengan mudah mencarikan solusi untuk permasalahan tersebut.

  1. Memiliki rasa cinta pada game

Hal penting bagi seorang pembuat game ialah memiliki kecintaan pada game, dengan begitu maka kita bisa lebih mudah dalam mengasah kreativitas dalam pembuatan sebuah game baru.

  1. Mampu manajemen waktu dengan baik

Memiliki kemampuan dalam mengatur waktu dengan baik juga sangat diperlukan, karena pembuatan game yang berkaitan dengan video game ini merupakan suatu produk yang cukup kompleks dimana biasanya terdiri dari banyak bagian. Maka untuk dapat menyelesaikan proyek tersebut kita harus mampu tahan banting, kerja di bawah tekanan, bekerja sama dengan tim, dan yang paling utama ialah memiliki manajemen waktu yang baik untuk bisa memenuhi proyek dengan tepat waktu.

  1. Mampu mengikuti perkembangan industri

Skill yang juga harus dimiliki oleh pembuat game ialah mampu mengikuti perkembangan zaman dan dunia industri, dengan begitu maka kita akan dengan mudah memperbaharui diri mengenai sesuatu yang dibutuhkan oleh pengguna game. Selain itu, dengan mengetahui perkembangan kita akan bisa memperbaiki desain serta meningkatkan ide game.

  1. Memiliki kebiasaan belajar
Baca Juga:  Cara Asyik Kuasai Skill Fullstack Developer

Memiliki kemauan untuk belajar menjadi poin plus, karena dengan belajar kita bisa lebih mengupgrade menjadi lebih baik dari sebelumnya serta bisa belajar menangani masalah dari pengalaman yang sudah berlalu. Jika kita memiliki kemauan untuk terus belajar meskipun level kita sudah tinggi maka kesuksesan senantiasa mengikuti kita.

Prospek Kerja dari Game Developer

tugas game developer

Setelah melihat skill yang dimiliki dan tugas game developer, maka seorang perancang game bisa memiliki prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan. Adapun beberapa posisi yang bisa dipilih sesuai skill yang dimiliki oleh game developer diantaranya ialah:

  • Game artist

Tugas game developer atau profesi yang pertama adalah Game artist. Bertugas untuk menciptakan gambar 2D dan 3D yang bisa digunakan sebagai grafik dalam sebuah game.

  • Game designer

Tugas game developer atau profesi yang kedua adalah Game designer. Memiliki tugas berupa mengonsep karakter dari game, melakukan setting, alur cerita, serta gameplay. Selain itu, game designer ini biasanya akan bekerja bersama dengan pemrogram dan pengembang game untuk dapat menerjemahkan ide-ide yang ada menjadi sebuah kode.

  • Animator

Prospek kerja lainnya ialah sebagai animator dalam game. Animator sendiri memiliki tugas membuat karakter, melakukan setting, alat peraga, serta objek lainnya yang menggunakan software khusus. Profesi ini cukup membutuhkan ketelitian dan daya kreativitas yang tinggi, oleh karena itu kita perlu sering mengasah skill tersebut dengan rajin belajar.

  • Sound engineer

Sound engineer merupakan salah satu prospek kerja yang bertugas mengedit serta mengkombinasikan soundtrack pada game yang biasa digunakan untuk menyertakan musik latar, rekaman suara, serta efek suara.

  • Game tester

Game tester ini memiliki tugas untuk mengidentifikasikan sebuah bug serta melaporkan hasil pemeriksaan yang didapatkan pada developer. Pekerjaan ini cukup kompleks sehingga hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman dan profesional.

  • Game programmer

Salah satu prospek kerja yang bisa dilakukan oleh seorang yang memiliki skill diatas ialah sebagai game programmer yang mana memiliki tugas untuk mentransfer rancangan game yang telah dibuat oleh designer dan tim lainnya ke dalam bahasa komputer.

Baca Juga:  6 Pekerjaan Coding yang Populer dan Gaji Yang Didapatkan

Nah, dari berbagai informasi diatas apakah ada yang tertarik dengan profesi sebagai game developer? Semoga dengan artikel ini bisa memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat mengenai tugas game developer sehingga memacu kita untuk mengasah daya kreativitas kita agar lebih baik lagi agar bisa menekuni profesi sebagai pembuat game, dimana bayaran yang diterima untuk profesi ini cukup besar dan menjanjikan. Selamat belajar untuk menjadi seorang Game Developer!

Related Articles