uji homogenitas

Pelatihan SPSS: Pentingnya Olah Data Menggunakan SPSS

Statistika merupakan bidang ilmu yang berhubungan dengan pengumpulan, pengolahan, hingga penganalisaan data, kemudian ditarik kesimpulan hasil dari analisis tersebut. Salah satu software atau aplikasi yang membantu analisis data statistik adalah SPSS. Sehingga, banyak orang yang membutuhkan pelatihan SPSS untuk menyelesaikan perhitungan data statistik tersebut.

Penggunaan SPSS dalam bidang statistika diterapkan untuk berbagai disiplin ilmu. Mulai dari sosiologi, bisnis, pendidikan, ekonomi, dan sebagainya. Dalam dunia pendidikan, SPSS sering digunakan untuk pengujian data penelitian secara kuantitatif oleh mahasiswa atau dosen.

Apa Itu SPSS?

pelatihan SPSS
Pelatihan SPSS: Pentingnya Olah Data Menggunakan SPSS 5

SPSS merupakan singkatan dari Statistical Program for Social Science, di mana aplikasi ini dapat diinstall di perangkat komputer untuk membantu pengolahan dan analisis data statistik. Berbagai pengujian statistik bisa Anda gunakan antara lain uji F, uji t, uji non-parametris, analisis korelasi, analisis regresi, hingga analisis multivariat dan lain sebagainya.

Sebagai aplikasi statistik yang paling populer yang memiliki alat analisis cukup lengkap, SPSS bisa memproses data statistik dengan cepat dan akurat. Sehingga, berbagai modul pelatihan SPSS dapat Anda temukan dengan mudah secara gratis di internet.

Apa Itu Pelatihan SPSS?

Sesuai dengan namanya, pelatihan SPSS adalah kegiatan yang dilakukan oleh seorang ahli statistik kepada peserta pelatihan untuk menjelaskan serangkaian materi dan cara penggunaan SPSS. Mulai dari cara install, entry data, mengolah data, analisis, melakukan pengujian, hingga mendapatkan output data.

Target dari pelatihan tersebut yaitu:

1. Peserta pelatihan bisa memahami alat dan cara analisis data, kemudian memanfaatkannya untuk mengolah data.

2. Kemampuan peserta pelatihan dalam menganalisis data meningkat dari segi kualitas dan ketrampilan.

Pelatihan SPSS bisa Anda ikuti melalui berbagai platform, seperti pelatihan SPSS online melalui video youtube, forum diskusi, dan bisa juga download materi pelatihan SPSS ppt atau bisa juga membeli buku pelatihan.

Namun, apabila Anda ingin lebih andal dalam penggunaan SPSS karena Anda berkecimpung di bidang statistika, pelatihan SPSS 2022 berupa jasa pelatihan sudah tersedia banyak sekali di internet. Dengan begitu, Anda bisa lebih jelas untuk bertanya cara penggunaan SPSS secara terperinci.

Jasa pelatihan SPSS biasanya akan menyediakan tutor yang akan memberikan pelatihan SPSS ppt yang akan dijelaskan secara jelas pada Anda. Biasanya, pelatihan ini melalui Zoom atau Google Meet. Anda juga akan mendapatkan materi pelatihan untuk dipelajari ulang setelah sesi pelatihan berakhir.

Materi untuk Pelatihan SPSS

pelatihan SPSS
Pelatihan SPSS: Pentingnya Olah Data Menggunakan SPSS 6

Ketika Anda mengikuti pelatihan atau tutorial menggunakan SPSS, ada beberapa materi pelatihan SPSS yang akan disampaikan, seperti:

1.      Cara menginstall

Akan dijelaskan tentang cara menginstall SPSS berdasarkan jenis OS yang digunakan. Anda juga akan tahu bahwa ada beberapa variasi SPSS yang telah dirilis, seperti SPSS versi 16, 17, 18, dan seterusnya sampai SPSS 22.

2.      Topik pelatihan

Berisi tentang penjelasan mengenai beberapa topik statistik yang nantinya akan menggunakan SPSS untuk mengolahnya. Topik statistik tersebut meliputi:

• Statistik Deskriptif: Cross tabulation, Descriptives, Descriptive Ratio Statistics, Explore, dan Frequencies.

• Statistik Inferensi: ANOVA, Correlation, Linear regression, Means, Nonparametric tests, t-test.

3.      Cara Menggunakan SPSS

Agar Anda terbiasa menyelesaikan kasus, Anda biasanya akan diberi tahu cara menggunakan SPSS melalui pelatihan yang Anda ikuti. Anda akan diperkenalkan dengan instrumen yang ada di SPSS, mulai dari istilah di dalam SPSS, fitur SPSS, hingga cara melakukan uji data statistik.

4.      Cara Olah Data SPSS

Agar materi yang diberikan sebelumnya lebih mudah dipahami, setiap topik akan disertai contoh untuk menyelesaikan kasus secara singkat dan jelas. Seperti cara entry data ke dalam aplikasi SPSS, bagaimana SPSS mengolahnya menggunakan prosedur statistik, hingga menganalisis data output SPSS.

Berikut ini gambaran secara singkat cara olah data SPSS, yaitu:

  1. Membuka aplikasi SPSS di desktop atau menu start.
  2. Masuk ke halaman, lalu tekan Analyze.
  3. Klik Descriptive Statistics.
  4. Klik kembali tulisan Descriptives.
  5. Selanjutnya pilih jenis Variabel yang akan dianalisis.
  6. Pindahkan variabel di kolom kiri ke kolom kanan.
  7. Klim tombol Option.
  8. Tentukan jenis analisis untuk melakukan penghitungan.
  9. Tekan OK.
  10. Tunggu hasil analisis muncul di halaman Output.
  11. Simak lagi langkah analisis, sudah benar atau belum.
  12. Jika sudah sesuai, copy hasil dan pindah ke MS Word.

Pentingnya Olah Data Menggunakan SPSS

pelatihan SPSS
Pelatihan SPSS: Pentingnya Olah Data Menggunakan SPSS 7

Software untuk mengolah data statistik ada banyak jenisnya. Mengolah data statistik membutuhkan bantuan aplikasi, karena tidak mungkin melakukan penghitungan data yang begitu banyak dengan cara manual. Tidak jarang seseorang akan mengalami kesalahan hitung karena data-data tersebut sangat banyak.

Namun, ada alasan tersendiri yang menjadikan SPSS salah satu software yang wajib digunakan untuk olah data. Sehingga banyak orang mencari cara untuk memahami cara penggunaan SPSS melalui pelatihan SPSS.

Berikut ini alasan mengapa Anda harus menggunakan SPSS untuk olah data.

1.      Dapat Mengolah Berbagai Jenia Format Data

Alasan utama seseorang menjadikan SPSS untuk pengolahan data yaitu karena SPSS mampu membaca dan mengolah berbagai jenis format data. Kemampuan inilah yang membuat aplikasi SPSS bisa sangat membantu peneliti melakukan penghitungan data sehingga cepat selesai. Sehingga tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan untuk membaca suatu format data.

2.      Informasi Data yang Ditampilkan Lebih Kompleks

SPSS mampu menampilkan informasi lebih detail ketika peneliti membutuhkan keseluruhan nilai dari hasil yang didapatkan. Misalnya, informasi tersebut berupa fitur kode yang bisa memberi tanda bahwa data tersebut berasal dari perempuan atau laki-laki. Dengan adanya kode ini, peneliti bisa lebih mudah membaca hasil analisis data.

3.      Hasil Olah Data yang Akurat

Aplikasi SPSS sangat tepat digunakan untuk penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Hasil yang ditampilkan sangat akurat dan tepat.

Apabila ada missing data, SPSS akan memberi kode berisi penjelasan sebab terjadinya missing data. Sehingga, hasil yang didapatkan tidak hanya angka, melainkan kode yang menjelaskan hasil tersebut.

4.      Analisis Data yang Berbeda Bisa Dilakukan Dalam Sekali Klik

Alasan yang satu ini menjadi fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh para peneliti. Meskipun jenis datanya berbeda, SPSS bisa menganalisisnya dengan sekali klik. Sehingga mempercepat hasil output yang keluar dan secara bersamaan bisa menampilkan hasil yang sesuai dengan masing-masing pengamatan dari kelompok yang berbeda.

5.      Olah Data Menggunakan Tabel Multidimensi

Olah data bisa dengan mudah dibaca dan dipahami apabila berbentuk tabel. SPSS mampu mengolah data menggunakan tabel multidimensi sehingga bisa dengan mudah diubah sesuai keinginan, memudahkan peneliti mengeksplorasi data di lapangan.

Nah itu dia sekilas tentang pelatihan SPSS agar bisa menguasai aplikasi tersebut untuk olah data. Pelatihan menggunakan SPSS bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai platform. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi kesulitan mengolah data statistik setelah mengikuti pelatihan tersebut. Semoga bermanfaat!

Tertarik mengikuti kursus SPSS, cek promonya di codingstudio.id

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promo terbesar Bulan Ramadhan, Diskon spesial hingga 90%an!

X