Flowchart Adalah: Tujuan, Simbol, dan Manfaatnya

Beberapa dari kalian tentunya sering mendengar istilah Flowchart atau diagram alir terutama ketika akan menulis program. Diagram alir mewakili sebuah algoritma, alur kerja, dan proses yang memperlihatkan langkah-langkah pada suatu kegiatan.

Hal ini proses yang dimaksud adalah proses dari proyek yang tengah dikerjakan. Pemakaian software nyatanya bisa menjadi sebuah solusi untuk memudahkan banyak jenis proses operasional dalam pekerjaan.

flowchart

Solusi tadi tentunya akan memberikan manfaat di dalam pengerjaan pekerjaan kalian. Sehingga pekerjaan yang tadinya terasa rumit dengan hadirnya software yang membantu untuk menyelesaikannya.

Jadi untuk informasi lebih lanjut terkait fungsi, simbol, dan contohnya maka simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Flowchart/Diagram Alir

flowchart

Flowchart/Diagram Alir adalah ilustrasi visual yang dapat menggambarkan alur kerja ataupun proses serta solusi akan sebuah kajian maupun suatu permasalahan dari masalah.

Diagram alir merupakan alat bisnis yang berguna untuk menunjukkan suatu proses linier di dalam suatu pekerjaan.

Kebanyakan orang akan menggunakan diagram tersebut sebagai alat menjelaskan proses proyek, konsekuensi logis, dan aliran otoritas pada suatu organisasi.

Untuk dapat menjelaskan mengenai suatu alur kerja kepada publik, maka penggunaan diagram alir adalah pilihan yang sangat tepat dan tentunya ringkas.

Tujuan

Flowchart atau diagram alir ini memiliki tujuan untuk memberi gambaran suatu tahapan penyelesaian pada suatu masalah dengan sederhana, jelas, rapi, dan tentunya terurai dan bisa menggunakan berbagai simbol-simbol standar.

Sehingga masalah yang tadinya rumit menjadi lebih mudah untuk dipahami dan dicari solusinya dengan penjelasan yang sederhana memaki diagram alir.

Simbol Flowchart

simbol flowchart

Sebenarnya untuk perancangan diagram alir ini tidak ada sebuah ketentuan mutlak yang harus untuk dipenuhi. Hal tersebut dikarenakan pembuatan diagram / chart ini berdasarkan pemikiran guna menganalisa permasalahan dalam usaha.

Masing-masing simbol dari diagram alir mempunyai jenis serta fungsi yang berbeda. Terdapat simbol yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara satu simbol dengan lainnya semacam flow direction symbols atau simbol flow.

Baca Juga:  Software Coding untuk Belajar Coding?

Processing symbols yang berguna untuk menyatakan simbol dan berkaitan dengan rangkaian proses berjalan. Simbol terakhir yang dipelajari yaitu symbol I/O ataupun input-output symbol yang erat kaitannya bersama masukan serta keluaran.

Contoh Flowchart

gambar flowchart
gambar flowchart

Sebagai contoh disini diagram alir menggambarkan sebuah sistem login ke media sosial dan bagaimana sistem merespons ketika terjadi permasalahan.

Penggambaran tersebut berupa bentuk seperti oval, persegi panjang, belah ketupat dan lainnya. Perbedaan tersebut akan membantu menunjukkan masing-masing proses yang ada sehingga lebih mudah dipahami.

Salah satu contohnya diagram alir ini memberikan gambaran mengenai adanya sistem login pada salah satu media sosial. Nantinya akan ada terminal yang menyerupai bentuk Oval dan itu menggambarkan rangkaian proses Start dan Finish untuk penggambaran akhir dari suatu program.

Nantinya ada bentuk lain berupa persegi panjang yang merupakan perintah untuk login. Setelah melakukan perintah kalian akan “masuk ke halaman media sosial” hal tersebut merupakan penggambaran mengenai apa yang sedang dilakukan pada suatu program.

Selanjutnya berupa bentuk belah ketupat yang merupakan “pemeriksaan password” ini menunjukkan terdapat keputusan yang akan diambil pada suatu program.

Umumnya kalian akan bisa melihat keputusan yang nantinya akan muncul dan akan ada dua jawaban berupa “ya” serta “tidak”.

Nantinya jika password benar maka kalian bisa ke dalam halaman sosial media dan login telah selesai dilakukan.

Akan tetapi jika password ternyata tidak sesuai maka muncul peringatan berupa “masukan lagi password”. Tentunya kalian harus memasukkannya sampai benar-benar betul sehingga kalian bisa masuk ke dalam media sosial.

9 Manfaat Flowchart

Diagram alir umumnya digunakan untuk melakukan identifikasi aliran yang sesungguhnya ada, dibandingkan aliran yang seharusnya. Adapun manfaat dari diagram alir sebagai berikut ini.

  1. Membantu untuk memperjelas proses yang kompleks
  2. Mengidentifikasikan perilaku yang tidak membuat penambahan nilai untuk pelanggan internal maupun eksternal seperti pekerjaan yang tidak perlu, transportasi, biaya tambahan, duplikasi, dan gangguan komunikasi.
  3. Membantu anggota tim untuk memperoleh pemahaman umum akan proses dan menggunakan pengetahuan tersebut guna mengumpulkan data, pengidentifikasian masalah, fokus akan diskusi serta mengidentifikasi sumber.
  4. Gambaran diagram alir memiliki fungsi untuk dasar perancangan proses baru
  5. Menjelaskan hubungan antara langkah-langkah pada proses yang berbeda
  6. Mengumpulkan data mengenai proses tertentu
  7. Mendukung keputusan pengukuran pada proses kinerja
  8. Menjelaskan mengenai struktur prosesnya
  9. Memberikan fasilitas pelacakan pada kesalahan aliran proses
Baca Juga:  Kursus Software Engineering Academy di Coding Studio

Jenis-Jenis Flowchart/Diagram Alir

Berbagai jenis dari diagram alir yang bisa kalian ketahui sebagai berikut ini.

  • System

Diagram menggunakan sistem ini adalah bagan yang menunjukkan perihal alur kerja ataupun mengenai apa yang tengah berjalan pada sistem secara keseluruhan serta menjelaskan mengenai urutan mengenai berbagai prosedur dalam sistem.

Jadi dengan kata lain diagram jenis ini adalah deskripsi dengan cara grafik untuk urutan beberapa prosedur terkombinasi dalam membentuk suatu sistem.

Sistem ini terdiri atas data yang mengalir melewati sistem serta proses yang telah mentransformasikan data tersebut. Data serta proses di dalam sistem tadi bisa digambarkan dengan cara online maupun offline.

  • Document

Bagan alir dokumen juga dikenal dengan bagan alir formulir maupun juga paperwork Flowchart yang merupakan bagan untuk menunjukkan arus pada laporan dan formulir termasuk juga tembusan-tembusannya.

Diagram jenis ini memakai simbol-simbol yang serupa dengan apa yang kalian pakai pada diagram alir sistem.

  • Schematic

Bagan alir skematik adalah bagan alir yang serupa dengan bagan alir sistem yakni untuk menggambarkan sebuah prosedur dalam sistem.

Terdapat satu perbedaan yakni diagram jenis ini tidak hanya memakai simbol-simbol dari bagan alir sistem juga memakai gambar-gambar komputer serta peralatan lainnya.

  • Program

Bagan alir program adalah bagan yang menjelaskan dengan terperinci langkah-langkah pada proses program. Bagan ini memiliki dua macam atau jenis yakni bagan alir logika program serta program komputer terinci.

  • Process

Diagram alir proses adalah teknik penggambaran untuk rekayasa industrial yang memecah serta menganalisis langkah-langkah yang selanjutnya pada suatu prosedur maupun sistem.

Jadi setelah mengetahui informasi seputar pengertian, tujuan, simbol, dan contohnya. Tentu saja bisa diambil kesimpulan bahwa diagram alir ini berguna untuk menjelaskan suatu proses berjalannya program dengan lebih mudah.

Hal itu karena fungsi diagram tersebut guna menjabarkan proses-proses yang tengah berjalan memakai sebuah simbol seperti yang sudah dijelaskan diatas tentunya.

Diagram alir ini juga membantu menerjemahkan untuk proses berjalan akan sebuah program supaya lebih mudah dipahami. Diagram alir ini juga berguna membantu untuk memutuskan suatu langkah pada proyek pembuatan di sebuah program.

Baca Juga:  DOM: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Kerjanya

Selain itu, Flowchart ini dipergunakan untuk sebagai penghubung antara kebutuhan non teknis dan teknis. Jadi dengan kata lain keberadaan diagram alir ini dalam sebuah pemrograman yang memang tergolong penting.

Itu saja pembahasan mengenai Flowchart atau Diagram Alir, semoga dapat membantu Anda yang masih belum mengerti tentang materi ini. Anda dapat belajar lebih lengkap mengenai Flowchart di kursus online Coding Studio yaa!

Related Articles