Rumus Vlookup: Pengertian, Contoh dan Cara Penggunaannya
Rumus Vlookup merupakan salah satu rumus dasar yang ada di Excel dan termasuk dalam lookup dan reference yang sering dibutuhkan saat penggunaan Microsoft Office Excel. Rumus Excel ini fungsinya adalah untuk mengambil nilai dari tabel lainnya sesuai dengan kata kunci tertentu. Fitur ini terbilang cukup basic sehingga tidak heran pada saat Anda melamar pekerjaan akan berhubungan dengan data.
Rumus Excel ini digunakan untuk mencari suatu nilai tertentu di kolom lain dengan kata kunci vertikal atau di kolom horizontal maupun dari sumber yang lainnya. Bagi Anda yang ingin tahu lebih jelasnya mengenai rumus Excel yang satu ini, simak penjelasannya di bawah ini.
Pengertian Rumus Vlookup Excel
Fungsi atau rumus vlookup adalah salah satu fungsi Office Excel yang dipakai untuk mencari data di kolom pertama pada sebuah tabel data Excel. Pengambilan nilainya dari sel mana saja di baris yang sama di tabel data yang ada di Excel tersebut. Dengan menggunakan rumus Excel ini, kita bisa mengisi data di sebuah tabel sesuai dengan tabel referensi lainnya dengan memakai sebuah nilai kunci secara khusus dan lebih spesifik.
Contoh penggunaan rumus dengan vlookup ini adalah mengkonversi rentang nilai angka ke huruf di Excel. Awalan huruf V di rumus ini artinya adalah vertical yang merupakan merujuk pada bentuk tabel referensi yang dipakai, dimana judul tabel di bagian atas dan field data tersusun ke bagian bawah secara vertical.
Fungsi rumus Excel ini dapat ditemukan di seluruh versi Microsoft Excel, seperti versi Excel 2010, Excel 2013, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2016 hingga Excel 2000.
Cara Penggunaan Rumus Vlookup Excel
Cara penggunaan vlookup Excel adalah:
- TableArray adalah tabel referensi data yang terdiri atas 2 kolom maupun lebih. Tabel referensi juga data yang diambil dan nilai pencariannya harus terdapat di kolom pertama, jadi rumus tersebut dapat berfungsi dengan baik.
- LookupValue adalah nilai yang dicari di kolom pertama pada sebuah tabel atau kolom yang paling kanan.
- ColIndexNum adalah nomor kolom yang akan diambil nilainya.
- RangeLookup adalah bagian yang diisi dengan nilai Booelan TRUE atau False. Nilai ini menunjukkan tipe pencariannya dan nilai logika dipakai untuk acuan menerapkan apakah Anda ingin vlookup menemukan hasil yang sama atau mendekati.
Penjelasan mengenai nilai Booelan TRUE dan FALSE adalah:
- TRUE jika rumus tersebut menemukan LookupValue di TableArray yang sama maupun hampir mendekati.
- FALSE jika rumus tersebut menemukan LookupValue di TableArray yang sama. Apabila nilai tersebut tidak ditemukan, maka muncul error #NA!
Contoh Penggunaan Rumus Vlookup
Contoh-contoh rumus vlookup adalah:
1. Rumus atau fungsi Vlookup Sederhana
Contoh rumus vlookup kali ini adalah untuk mengisi jumlah gaji setiap karyawan sesuai dengan golongannya. Ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan saat mencari jumlah atau besaran gaji karyawan otomatis memakai rumus Excel ini. Nah, inilah contoh dan langkah-langkahnya secara lengkap.
- Tulis =Vlookup (di kolom gaji pada tabel B)
- Klik di kolom Golongan karyawan yang nanti akan diisikan dengan jumlah gajinya dan tambah tanda ;. Sehingga pada kolom H2 terlihat rumus vlookup excel =Vlookup(G2;
- Blok semua data yang ada di tabel A
- Masukkan tanda $ di angka dan juga nomor supaya bisa di drag sampai ke bawah dan berikan tanda ;. Rumusnya akan terlihat jadi =Vlookup(G2;,$A$2:$C$4;.
- Tambah angka 2 dan tanda : dua rumus dan akan jadi Vlookup(G2;$A$2:$C$4;2
- Tambah FALSE dan tutup rumusnya menggunakan tanda ), kemudian tekan ENTER. Rumus akhirnya akan jadi =Vlookup(G2;$A$2:$C$4;2;FALSE)
2. Rumus atau fungsi Vlookup dengan Nilai yang Mendekati
Contoh fungsi vlookup kedua adalah untuk mencari nilai yang mendekati dengan rumus Excel tersebut. Umumnya hal semacam ini dapat dipakai untuk menentukan kelompok pada nilai sesuai dengan besaran angka tertentu. Contoh dan penjelasannya adalah:
- Tulis =Vlookup ( di kolom nilai pada tabel B
- Klik jumlah poin yang diperoleh siswa tersebut dan tambah tanda ;. Rumus Excel vlookup yang terlihat akan jadi =VLOOKUP(G2;.
- Masukkan tanda $ pada huruf dan angka supaya dapat di drag sampai ke bawah. Tambah tanda ;. Rumus yang terlihat akan jadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;
- Tambah angka 2 dan masukkan tanda ; di dalam rumusnya. Hal ini karena nilai di kolom ke 2. Rumus yang terlihat akan jadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2.
- Tambah TRUE dan tutup rumusnya dengan ). Rumus akhirnya akan jadi =VLOOKUP(G2;$A$2:$B$5;2;TRUE).
Di Excel secara otomatis akan melakukan pembulatan pada kelompok nilai yang terdekat atau mendekati dan juga menentukan nilai yang sesuai. Pastikan juga rentang nilai di tabel pembandingnya ditulis mulai dari terkecil ke besar, sebab vlookup rumus ini mencarinya nilai yang sesuai dari atas ke bawah bukan sebaliknya.
3. Rumus Vlookup di Sheet yang Berbeda
Contoh yang rumus yang ketiga adalah jika lokasi sheet di Excel berbeda. Contoh dan caranya adalah:
- Buka Microsoft Excel dan buka buku sheet yang sudah ada
- Di sheet pertama, Anda membuat tabel Rekap Nilai Rapor dengan 6 kolom, seperti berikut:
- Di sheet kedua, Anda deklarasikan nama tabelnya. Cara adalah dengan menyeleksi data pada tabel dan klik kanan dan memilih menu Define New Name seperti ini:
- Masukkan vlookup dengan rumus =VLOOKUP(A4;MTK;2;FALSE) dan akan menjadi:
Nah, jadi seperti itulah penjelasan mengenai vlookup, cara menggunakan dan contoh rumusnya di Excel. Cek link ini untuk dapatkan informasi lebih lengkap!