Apa Itu Prompt Engineering? Pengertian, Jenis dan Skillnya

Apa Itu Prompt Engineering Pengertian, Jenis dan Skillnya

Belajar mengenai apa itu prompt engineering menjadi hal yang sangat penting karena ini merupakan teknik yang digunakan dalam teknologi AI. Untuk menjalankan tugas secara efektif, maka sistem AI membutuhkan instruksi yang jelas, yang mana kualitas respon AI salah satunya ditentukan oleh faktor prompt engineering. 

Apa Itu Prompt Engineering?

Lalu apa itu prompt engineering? Prompt engineering adalah suatu teknik yang digunakan dalam sistem AI Untuk memberikan instruksi secara jelas sehingga sistem AI dapat menampilkan hasil optimal. Gambaran teknik prompt engineering serupa dengan teknik mesin pencari yang menampilkan hasil sesuai keyword yang dimasukkan. 

Apa Itu Prompt Engineering

Dalam proses AI memberikan respons, di situ melibatkan petunjuk dan pemilihan kata yang tepat untuk mengarahkan dengan benar. Artinya, tidak sekedar memberikan data untuk hasil terbaik tetapi prompt engineering lebih mengoptimasi cara kerja AI dalam memahami dan membuat keputusan sesuai data tersebut. 

Model AI melakukan apa pun yang pengguna katakan, tetapi terkadang hasil yang ditampilkan tidak seperti yang dimaksudkan. Oleh karenanya, prompt engineering memiliki peran yang sangat penting sehingga dapat mengajari AI lebih memahami konteks sehingga menampilkan hasil lebih akurat. 

Peran Penting Prompt Engineering

Apa pentingnya prompt engineering? Teknologi AI memang sangat canggih, tetapi teknologi ini hanya dapat membaca apa yang dikatakan, tidak dapat membaca pikiran penggunanya. Semua itu tergantung prompt yang diterima untuk memberikan respon atau keputusan seperti apa. 

Untuk dapat mempelajari input penggunanya sehingga dapat menampilkan respon alami, beberapa AI misalnya ChatGPT menerapkan algoritma Large Language Model (LLM) dan AI generative. 

Jika prompt yang diterima tidak detail maka AI tidak dapat memberikan hasil sesuai keinginan. Instruksi atau prompt harus jelas dan spesifik sehingga tidak berujung pada kesalahpahaman. 

Baca Juga:  Apa itu NFC? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Cara Menggunakannya

Prompt engineering sangat penting karena hal ini dapat mengoptimalkan cara untuk berkomunikasi dengan teknologi AI. Jadi diharapkan AI tidak sebatas memahami kalimat instruksi yang digunakan, tetapi memahami maksud yang diinginkan. 

Dengan prompt engineering maka kemampuan AI dapat lebih diandalkan untuk menangani berbagai pertanyaan kompleks, mengerjakan berbagai tugas dan memberikan rekomendasi.  

Prompt Engineering merupakan amunisi yang melengkapi AI sebagai tool yang sangat berguna serta asisten yang andal. 

Jenis-jenis Prompt Engineering

Setelah mengetahui apa itu prompt engineering dan peran pentingnya, berikut merupakan beberapa jenis prompt engineering. 

Jenis-jenis Prompt Engineering

Direct Prompt

Jenis prompt ini memberikan instruksi secara langsung yang lebih mengarah untuk memperoleh respon langsung dan konkret tentang informasi yang diminta. Misalnya prompt, “Beri saya informasi terupdate seputar fashion style ootd 2024.” 

Role-playing Prompt

Role-playing Prompt membutuhkan skenario peran dalam meminta respons. Misalnya, “Berikan presentasi sebagai seorang desainer grafis yang memaparkan tentang bagaimana langkah membuat desain dengan aplikasi X.” 

Inverse Prompt

Jenis prompt ini membalik permintaan dengan cara menentukan output yang diminta. Misalnya, “Berilah alasan mengapa pemasaran melalui media cetak tidak sesuai untuk pemasaran produk X.” 

Contextual Prompt

Contextual Prompt memberikan instruksi dengan melibatkan informasi sebelumnya yang telah diberikan dengan mempertimbangkan situasi tertentu. Misalnya, “Berikan strategi marketing yang dapat diaplikasikan oleh UMKM dalam industri kerajinan tangan.” 

Multi-Turn Prompt

Multi-turn prompt melibatkan pertukaran tanggapan yang meliputi beberapa langkah sehingga membangun interaksi yang kompleks. Misalnya, “Buatlah deskripsi proses memulai bisnis dari ide awal sampai pemasaran dan jelaskan peran tim produksi dalam setiap langkah.” 

Contoh Pemanfaatan Prompt Engineering

Berikut ini merupakan beberapa contoh pemanfaatan prompt engineering di kehidupan modern. 

Pekerjaan Menggunakan AI

Ada berbagai jenis pekerjaan, terutama freelancer yang memanfaatkan prompt engineering AI dalam mengoptimalkan kinerja mereka. Beberapa di antaranya yaitu pelatihan skateboard, validasi pengenalan gambar, anotasi data dan transkripsi audio. 

Pengolahan Gambar Video

Prompt engineering sangat membantu AI dalam penyempurnaan pengolahan gambar dan video yang hasilnya lebih relevan dan akurat. Misalnya di bidang kesehatan, prompt engineering dapat mengoptimalkan diagnostik pembuatan citra medis, dalam hal keamanan dapat digunakan untuk sistem pengenalan gambar atau wajah. 

Baca Juga:  Google Space: Pengertian, Manfaat dan Kelebihannya

Rekomendasi Personalisasi

Prom engineering sangat berperan dalam penyesuaian sistem AI dengan perilaku dan preferensi pengguna, khususnya untuk penyajian konten yang di personalisasi. Dengan begitu dapat meningkatkan pengalaman user saat menggunakan layanan e-commerce, streaming dan platform online lainnya. 

Tips Menjalankan Karier di Bidang Prompt Engineering

Tips Menjalankan Karier di Bidang Prompt Engineering

Ada beberapa tips menjadi prompt engineering yang harus diperhatikan, terutama terkait skill teknis dan non teknis. Untuk itu, akan dibahas secara singkat terkait dengan skill prompt engineering, serta apa saja kelebihan dan kekurangan di bidang prompt engineering. 

Skill Teknis

  • Bahasa Pemrograman: setidaknya perlu menguasai bahasa pemrograman dasar seperti piton untuk membantu scripting model AI. 
  • NLP: Belajar NLP sangat penting untuk memahami konteks dan bahasa prompt engineering dengan lebih baik. 
  • Pemahaman Machine Learning: Prinsip-prinsip machine learning sangat dibutuhkan dalam pembuatan produk secara efektif sehingga dapat mengoptimalkan respons AI. 
  • Tool & Framework AI: beberapa tool seperti PyTorch dan TensorFlow sangat baik untuk mengoptimalkan dan mengembangkan model AI. 

Non-Teknis

  • Skill komunikasi 
  • Kreativitas dan Berpikir Kritis 
  • Kemauan untuk Terus Belajar 

Kelebihan dan Kekurangan Karier Prompt Engineering

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan prompt engineering, antara lain sebagai berikut. 

Kelebihan:

  • Inovasi di bidang AI 
  • Prospek kerja tinggi 
  • Kontribusi besar terhadap kemajuan AI 

Kekurangan:

  • Pertimbangan etika 
  • Banyak hal baru yang perlu dipelajari 
  • Harus mengikuti perkembangan IPTEK dan budaya masyarakat 

Itulah penjelasan mulai dari apa itu prompt engineering hingga kelebihan dan kekurangan berkarier di bidang prompt engineering. Coding Studio merupakan platform belajar IT terbaik yang membantu Anda dalam mendapatkan karier gemilang di bidang IT. Bagi Anda yang ingin mengikuti kursus IT terbaik, silakan bergabung menjadi bagian dari peserta kursus di Coding Studio. Segera daftarkan diri Anda dan mulailah belajar dari nol hingga mahir!

Related Articles