Kalian semua tentunya sudah mengenal apa itu web. Namun diantara kalian pasti ada yang belum mengerti seperti apa langkah membuat web tersebut. Lalu apa saja yang harus dipelajari mengenai cara menjadi web developer dan bagaimana untuk hidup dari profesi web developer.

Pengembangan web atau web development adalah salah satu sektor terkait website yang akan memberi gaji dengan nilai tinggi. Kalian yang berkecimpung dan bekerja di dalamnya, maka akan mendapat sebutan sebagai seorang web developer. 

Kalian bisa membuat website untuk tujuan pribadi maupun ingin memberi sumbangsih di dunia web sebagai web developer. Salah satu tempat terbaik untuk belajar menjadi web developer adalah platform belajar online.   

Platform ini menawarkan beragam kursus soal web development. Dalam memulai belajar, putuskan terlebih dahulu apa back-end ataupun front-end yang akan kalian pelajari.

Bagaimana Cara Menjadi Web Developer yang Handal?

Cara menjadi web developer tentunya tidaklah mudah, karena ada beberapa hal yang harus kalian pelajari. Hal ini karena web developer merupakan bidang yang sangat luas, sehingga kalian harus mempunyai gambaran umumnya terlebih dahulu. 

Jika kalian tertarik untuk menjadi web developer, jangan hanya tergiur dengan gajinya saja. Karena ada beberapa tugas yang harus kalian pahami sebelumnya.

Tak dapat dipungkiri semakin berkembangnya internet, profesi web developer juga semakin berkembang dan menjadi salah satu profesi dengan prospek cerah. Bagi kalian yang ingin menekuni profesi ini, berikut beberapa hal yang harus kalian pelajari mengenai cara menjadi web developer.

1. Pelajari Metode Pengembangan Web yang Baik

Cara menjadi web developer yang profesional, kalian harus mempelajari cara pengembangan web. Misalnya seperti USDP, Agile, dan RUP, tapi pada dasarnya memfokuskan pada analisa, perancangan, pengembangan, dan pengujian. 

Kalian bisa mengembangkan aplikasi dengan tahapan tersebut. Lakukan analisa apa yang diperlukan oleh aplikasi, selanjutnya rancang aplikasi kalian sebelum melakukan coding.

Untuk selanjutnya lakukan pengembangan atau coding serta uji coba terlebih dahulu sebelum dirilis atau dikirim. Kalian bisa kembali ke tahap sebelumnya jika diperlukan. Namun hal yang paling penting ketika menjadi web developer adalah menentukan sendiri metode yang baik dan sesuai dengan diri kalian.

2. Belajar Mengolah Gambar

Cara ini perlu kalian lakukan ketika ingin menjadi web developer. Karena dengan gambar kalian bisa memberikan informasi yang lebih cepat dan efektif daripada mendeskripsikan dalam text yang panjang. 

Kalian bisa mempelajari software yang paling umum untuk keperluan gambar web, misalnya Adobe Photoshop atau Adobe Firework.

Pelajarilah bagaimana cara membuat gambar seperti pattern, background, icon, dan gambar lainnya. Meskipun hal ini bukan keharusan, karena menciptakan gambar adalah pekerjaan web designer. Namun jika kalian bisa membuat gambar untuk web, hal ini lebih baik lagi.

3. Pelajari Manajemen Proyek

Suatu pengembangan aplikasi adalah sebuah proyek yang perlu diatur, direncanakan, serta dilakukan secara baik. Dengan mempelajari manajemen proyek, maka kalian bisa melakukan kolaborasi dengan yang lain dalam mengembangkan aplikasi. 

Kalian juga bisa memperoleh efektifitas dan efisiensi waktu dalam menyelesaikan suatu proyek. Cara ini sangat membantu perkembangan ilmu dan wawasan kalian dalam menjadi web developer.


Baca Juga: Apa Itu CSS dan Fungsinya dalam Website


4. Optimalkan Aplikasi

Agar aplikasi kalian bisa berjalan lebih cepat serta responsif, kalian harus melakukan tuning ataupun optimalisasi. Pelajari teknik program web yang baik. 

Misalnya pemecahan masalah pemrograman yang efektif, tuning dan optimalisasi database, serta optimasi web server. Karena cara menjadi web developer profesional, kalian memanglah harus pandai dalam memecahkan berbagai persoalan pemrograman.

5. Ikuti Perkembangan Teknologi Web Terbaru

Kalian yang ingin menjadi web developer handal, salah satu cara yang bisa kalian lakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi web. Teknologi web selalu berkembang seperti munculnya teknologi PODCasting, RSS, dan teknologi lainnya. 

Kalian harus mempelajari bagaimana membuat dan menggunakan teknologi tersebut pada aplikasi kalian. Bukan tanpa alasan, karena aplikasi yang ketinggalan zaman akan dengan mudah ditinggalkan penggunanya.

6. Pelajari Web Server

Cara menjadi web developer yang profesional, kalian bisa melakukan cara dengan mempelajari web server. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui bagaimana menjalankan aplikasi di web server. Atau seperti apa cara mengoptimalkan aplikasi web server. 

Misalnya saja penggunaan module caching seperti APC, eAccelerator, dan lainnya. Selain itu, kalian juga bisa mempelajari penggunaan file .htaccess untuk menciptakan URL yang lebih enak dibaca. Dengan mempelajari web server, kalian bisa menambahkan feature aplikasi kalian di server.


Baca Juga: Bahasa Pemrograman Web: Mana yang Sesuai Untukmu?


7. Belajar Bahasa Pemrograman Web

  • HTML, merupakan bahasa pemrograman web yang paling dasar dan wajib untuk dikuasai. HTML membangun struktur tampilan pada web seperti header, menu, footer, content, dan sebagainya.
  • CSS, bahasa inilah yang berfungsi sebagai pelengkap HTML. Tanpa adanya CSS kalian tidak akan bisa menciptakan tampilan yang indah. Hal ini karena CSS merupakan bahasa yang mengatur layout dan tampilan dari web tersebut.
    Misalnya saja tulisan, background, ukuran, font, dan lainnya. Dengan kombinasi HTML dan CSS, kalian bisa menciptakan tampilan yang baik dan indah.
  • Bahasa Scripting web seperti ASP, PHP, Python, ColdFusion, dan lainnya. Dengan menggunakan bahasa ini  bisa menghubungkan aplikasi web dengan database dan mengolah input output dari aplikasi.
  • SQL, merupakan bahasa scripting database. Database adalah aplikasi pengolah data yang menyimpan data untuk digunakan bersama aplikasi web kalian. Macam-macam database, seperti SQLite, SQL Server, MySQL, Oracle, PostgreSQL, dan lainnya.

8. Pelajari Penggunaan Control Panel Hosting

Ketika kalian ingin menjadi web developer, mempelajari penggunaan control panel hosting merupakan salah satu cara yang bisa dicoba. Karena nantinya kalian akan banyak berhubungan dengan control panel saat menyewa hosting untuk web kalian. 

Control panel yang sering digunakan adalah Plesk, Cpanel, ISPConfig, dan sebagainya. Dengan memahami penggunaan control panel, kalian bisa mengoptimalkan aplikasi di provider hosting kalian.

9. Ikuti Kursus Online

Tidak bisa dipungkiri, cara menjadi web developer yang handal memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Terlebih sebagai pemula dan harus belajar sendiri tentunya kalian akan merasa bingung jika mendapat halangan dalam belajar. Untuk itu, kalian perlu mengambil langkah sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Salah satu cara yang bisa kalian ambil adalah dengan mengikuti kursus online. Misalnya dengan bergabung bersama Coding Studio. Kalian bisa mendapat materi teruptodate lengkap dengan studi kasus dan soal latihan. 

Terlebih lagi kursus ini dilatih oleh pengajar berpengalaman. Tentunya akan menambah ilmu yang sangat membantu kalian yang ingin menjadi web developer profesional. Dengan mengikuti kursus online dari Coding Studio, kalian akan mendapatkan materi cara menjadi web developer dalam bentuk bahasa Indonesia. Sehingga sangat mudah untuk dipelajari dan memahami materi yang disampaikan. Tentu kalian tidak ingin melewatkan kesempatan ini bukan? Segera daftarkan diri kalian melalui Coding Studio.