Belajar BackEnd, Tahap Dasar dan Keuntungannya

belajar-backend

Jika Anda tertarik untuk belajar backend, maka tentunya sudah siap dengan segala hal yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, bahasa pemrograman dan lain sebagainya yang berkaitan dengan software maupun database yang diperlukan.

Perlu diketahui bahwa pemrograman back-end merupakan sebuah pemrograman yang memiliki manfaat untuk melakukan pengolahan data yang akan dikirimkan ke tampilan bagian depan maupun pada proses yang terdapat di dalam database. Untuk mempelajarinya, Anda harus bisa menguasai beberapa jenis keahlian untuk menjadi seorang back end developer.

belajar backend

Tahapan Dasar Untuk Belajar BackEnd dengan Mudah dan Cepat

Meski beberapa orang memilih untuk belajar keahlian back end secara otodidak, namun disarankan untuk bisa belajar keahlian yang harus dikuasai untuk profesi back end developer melalui kursus yang secara resmi memberikan bimbingan dan pelatihan terkait profesi tersebut. Sehingga baik untuk tahapan belajar, durasi waktu dan jaminan proses pembelajaran bisa berhasil dengan baik bisa diperoleh dengan mudah. Berikut adalah beberapa tahapan dasar untuk mempelajari keahlian yang harus dikuasai sebelum belajar backend developer.

Pelajari logika dasar pemrograman

Dalam profesi back end atau front end developer, ada jenis keahlian yang berhubungan dengan kecerdasan logika. Untuk pemula, harus terlebih dahulu membiasakan diri dengan logika sederhana yang banyak terdapat di materi pemrograman. Seperti misalnya logika dasar berikut ini, Looping, If Else, Array atau Switch Case yang harus bisa dipahami serta dikuasai dengan baik dan benar.

Memahami materi algoritma

Materi algoritma juga akan banyak ditemui di proses pembelajaran khusus materi pemrograman. Dalam materi algoritma, seseorang yang berprofesi sebagai back end harus bisa menjelaskan alur fungsi yang harus dibuat dalam proses pemrograman. Jika hal itu terjadi maka dipastikan back end developer tak akan bisa melakukan pekerjaannya untuk melakukan proses coding.

Pastikan untuk memiliki keahlian di database

belajar backend

Usahakan untuk mempunyai keahlian tersendiri dalam bidang database. Seperti misalnya untuk menguasai pembuatan struktur database yang baik meliputi penempatan kolom, penamaan kolom, cara membuat table yang benar dan melakukan normalisasi. Mempunyai profesi back end developer harus hafal dengan baik untuk kolom indexing, unique key, foreign key hingga ke primary key.

Kuasai bahasa yang mudah, berkelas dan terjangkau semua kalangan

Dalam belajar backend, Anda harus bisa memahami bahasa pemrograman yang menurut Anda bisa mudah dipahami, terlihat berkelas namun tetap terjangkau semua kalangan pengguna. Adapun beberapa jenis bahasa pemrograman yang dianjurkan untuk kalangan pemula diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Node JS
  • Phyton
  • JavaScript
  • Go Lang
  • Ruby

Beberapa ahli dalam bidang back end merekomendasikan untuk menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Alasannya adalah untuk menggunakan bahasa pemrograman ini terbilang mudah untuk dipahami terutama dengan model bawaan Ruby serta memiliki performa yang hemat penggunaan kode di dalamnya. Hingga saat ini ada banyak sekali perusahaan IT masa kini yang sudah menggunakan back end versi Ruby.

Memahami hosting dan pengaturannya

Dalam belajar backend, perlu diketahui bahwa dalam proses hosting, setidaknya ada dua jenis metode yang akan digunakan diantaranya adalah:

  • Memilih Cloud hosting misalnya seperti Cloudhost, AWS dan lain sebagainya.
  • Untuk menggunakan managed hosting service yaitu Wix, GoDaddy dan lain sebagainya.

Khusus untuk kalangan pemula, dianjurkan untuk menggunakan keduanya dalam melakukan proses hosting. Namun Anda bisa memulai proses belajar backend dari melakukan layanan pengaturan hosting karena untuk mempelajarinya, managed hosting service memiliki tampilan pengguna yang jauh lebih mudah untuk dipahami kalangan pemula. Sehingga dipastikan pengguna pun tak akan merasa bingung jika ingin melakukan navigasi di dalam prosesnya.

Kemudian langkah berikutnya setelah sudah terampil dalam melakukan pengaturan hosting, barulah Anda bisa memulai untuk belajar backend cloud hosting yang mana akan menjadikan Anda bisa mempelajari lebih banyak hal serta bisa mengasah keahlian jauh lebih baik ke depannya.

Tekun berlatih

Bahwa untuk mempelajari bahasa pemrograman yang baru mulai dikenal, Anda harus belajar dan terbiasa untuk menggunakan bahasa pemrograman tersebut. Hal yang sama ketika Anda sedang belajar bahasa asing, berlatih dan terus berlatih untuk mengasah keahlian adalah kuncinya. Sehingga ke depannya, Anda diharapkan bisa memahami bahasa pemrograman yang baru dengan lebih mudah dan cepat.

Selain itu, Anda juga harus bisa praktek langsung tentang semua hal yang sudah dipelajari dalam bidang back end developer. Dalam hal ini, melakukan praktek secara langsung akan membuat Anda memiliki portofolio yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan saat melamar kerja kelak. Portofolio bisa menjadi satu bukti bahwa Anda sudah memiliki keahlian dalam bidang tersebut dan mempunyai pengalaman saat praktek sehingga pihak perusahaan yang ingin merekrut Anda pun sudah yakin dengan kemampuan yang dimiliki.

Keuntungan yang Diperoleh Saat Belajar BackEnd

belajar backend

Jika Anda sudah berhasil mempelajari keahlian yang harus dikuasai untuk menjadi seorang back end developer, maka ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh di masa yang akan datang. Seorang back end developer akan memiliki keahlian untuk menganalisa database, mengoperasikan, menampilkan sisi estetika dari tampilan interface sebuah website pada seluruh pengguna. Keuntungan yang bisa didapatkan jika sudah berhasil menempuh proses belajar backend diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai peluang kerja yang lebih luas

Bahwa setelah menguasai keahlian seorang back end developer, terutama jika menguasai semua hal yang ada dalam bidang teknologi informasi maka kinerjanya akan sangat dibutuhkan dalam dunia digital masa kini. Hal itu sudah terbukti dengan banyaknya generasi muda yang ikut berperan serta dalam berdirinya perusahaan start-up yang sudah menggunakan sistem informasi komunikasi terkini untuk mengembangkan bisnis.

Hingga saat ini, peluang kerja di bidang digital terus terbuka lebar diantaranya untuk menjadi seorang programmer, system operator, pengembang website hingga tenaga ahli di bidang teknologi dan informasi. Maka dari itu, untuk mendapatkan peluang kerja yang mudah dan cepat disarankan untuk belajar aplikasi pembelajaran dasar piranti lunak dan melakukan praktik khusus bidang pemrograman yang bisa lebih efektif untuk menguasai keahlian yang dibutuhkan dalam menjadi seorang back end developer.

  • Membuka akses belajar di aplikasi maupun website sesuai kebutuhan

Setelah berhasil menguasai keahlian yang perlu dimiliki seorang back end developer, Anda juga akan bisa membuka akses belajar via aplikasi atau website dengan harapan bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat yang ingin belajar backend developer dengan mudah. Ini juga bisa menjadi peluang bisnis tersendiri sehingga Anda bisa memanfaatkan keahlian untuk pekerjaan sendiri sekaligus menularkan ilmu yang dimiliki pada orang lain.

  • Lingkup kerja yang lebih beragam dan luas

Bahwa pekerjaan seorang developer akan terhitung sangat banyak jika Kita membahas perihal framework dalam proses pemrograman. Namun seorang ahli dalam bidang pemrograman harus bisa berfokus pada banyak hal, bukan hanya pada software saja. Namun juga harus bisa memiliki fokus pada bidang yang berhubungan dengan edukasi atau maintenance program.

Kebanyakan orang akan menghubungkan metode belajar back end dan front end akan terbatas hanya pada bidang software serta bahasa pemrograman. Padahal, jika Anda melakukan penelusuran akan ada banyak sekali ruang lingkup dalam proses belajar backend yang harus dikuasai terutama dalam hal frameworknya. Bahwa keahlian ini harus Anda kuasai sehingga bisa bertahan di tengah era digitalisasi yang ada di masa kini. Bagi Anda yang mempunyai ketertarikan untuk mempelajari back end maupun Laravel lebih lanjut, yuk belajar backend hanya di Codingstudio.id dan dapatkan kemudahan serta jaminan untuk berhasil belajar untuk mendapatkan profesi yang Anda impikan. Segera daftar dan mulai proses belajar Anda sekarang juga.

Related Articles