Backend Developer: Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkannya

Backend Developer Pengertian, Tugas, Skill yang Dibutuhkannya

Backend developer adalah profesi yang paling banyak dibutuhkan perusahaan saat ini. Seperti yang diketahui saat ini sudah banyak sekali profesi baru di bidang IT. Pengembang backend ini biasanya akan bekerja pada lingkup pembuatan website khususnya pada sisi pengelolaan servernya.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai apa itu backend developer, tugas dan skill yang harus Anda miliki. Yuk simak ulasan berikut ini.

Pengertian Backed Developer

Backend developer adalah sebuah profesi yang bertanggung jawab untuk melakukan pengembangan serta pemeriharaan server dan database. Tujuan dari perlakukan ini yaitu supaya performa web menjadi lebih optimal. Sesuai dengan namanya backend cenderung bertugas untuk melakukan pengelolaan di sisi back atau maksudnya di bagian belakang yang tak terlihat. 

Pengertian Backend Developer

Backend developer juga dapat disebut sebagai server side maupun backend engineer. Developer ini mempunyai peranan penting pada sebuah web di mana mereka lebih banyak bekerja di balik layar. Apabila sebuah web di bagian backend bermasalah maka bagian front end maupun UI UX web akan langsung terkena imbasnya. 

Tugas Backend Developer

Tugas Backend Developer

– Merancang database

Pengembang backend perlu merancang database sedemikian rupa hingga tidak memberatkan server dan membuatnya tetap aman. Jadi tugas dari pengembang ini yaitu membuat kode yang bisa membantu mengomunikasikan informasi database pada browser.

– Memastikan server berjalan optimal

Pekerjaan backend developer juga harus memastikan bahwa server harus berjalan secara optimal. Seperti yang diketahui dalam membuat website maupun aplikasi kerap kali terjadi error yang dapat disebabkan oleh server. 

Baca Juga:  Ingin Berkarir Sebagai Web Developer? Ini Jurusan Kuliahnya!

Hal tersebut bisa terjadi saat aplikasi maupun web diakses oleh banyak pengguna sekaligus sehingga server akan berpotensi mengalami error atau downtime. Di sinilah tugas seorang backend berperan mengatasi error tersebut.

– Merancang alur website

Tugas selanjutnya yaitu merancang alur website yang bisa membuat pengguna merasakan pengalaman yang baik saat menggunakan aplikasi atau website tersebut. Perancangan alur ini tidak dapat disepelekan sebab nantinya perlu diterapkan skill coding serta logika program yang tinggi. 

– Mengatur keamanan website

Mengingat saat ini sudah banyak cyber crime yang terjadi menyerang website. Oleh karena itu backend harus bisa memastikan bila software yang dikembangkan ini mempunyai keamanan yang baik. 

– Melakukan testing dan coding

Tugas backend selanjutnya yaitu menyusun kode program atau coding. Setelah proses ini selesai maka backend harus melakukan testing atau pengujian untuk memastikan bahwa program yang berjalan tidak error dan lancar. 

Skill yang Dibutuhkan Backend Developer

– Bahasa pemrograman backend

Backend penting sekali menguasai bahasa pemrograman. Seperti yang diketahui saat ii terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang populer. Bahasa pemrograman yang wajib dikuasai backend yaitu python, php, ruby, JS, go lang atau NodeJS. 

– Manajemen database

Skill selanjutnya yaitu harus bisa memanage databsase mulai dari pembuatan sampai input data, edit dan kueri lainnya. Perlu diketahui bahwa database terbagi menjadi dua jenis yang bisa dipelajari yaitu NoSQL dan SQL. 

– Framework back end 

Kini terdapat berbagai framework yang bisa memudahkan para pengembang dalam membuat coding secara berulang. Jadi Anda tidak perlu menyusun coding mulai dari awal. Beberapa framework yang harus dikuasai seorang backend yaitu Laravel, Django, Codeigniter dan framework lainnya. 

– Pemahaman API dan penggunaannya 

API digunakan software supaya bisa saling berkomunikasi. API atau application programming interface ini harus dipahami seorang backend supaya software yang dibuat bisa terintegrasi dengan berbagai software lainnya. 

Baca Juga: API: Manfaat, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

Bagaimana Cara Menjadi Backend Developer

Bagaimana Cara Menjadi Backend Developer?

Berikut beberapa cara untuk menjadi backend developer:

Baca Juga:  8 Kriteria Database yang Baik, Apa Saja Ya?

– Mengikuti kursus yang disarankan

Untuk bisa menjadi backend developer adalah Anda harus mengikuti beberapa kursus yang disarankan. Salah satunya Anda bisa belajar menjadi backend developer dengan mengikuti kursus online dari Coding Studio.

Pada kursus ini Anda akan mempelajari berbagai bahasa pemrograman yang biasa digunakan oleh backend developer. Tidak hanya sekedar kursus namun biasanya jika Anda telah lolos selesai mengikuti kursus ini Anda akan mendapat sertifikat yang bisa digunakan sebagai modal memperoleh pekerjaan backend developer. 

– Memiliki pengalaman kerja yang relevan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjadi backend developer yaitu dengan memiliki pengalaman kerja relevan sebelumnya. Tidak melulu menjadi seorang pengembang sesungguhnya, jika Anda pernah menjadi asisten yang membantu pengembang backend, ini juga bisa menjadi nilai plus atau batu loncatan bagi Anda untuk memperoleh pekerjaan tersebut. 

Tidak hanya menjadi asisten, jika Anda pernah mengikuti program internship atau magang juga bisa Anda pakai. Oleh karena itu jika Anda sangat menginginkan pekerjaan ini Anda bisa mengikuti berbagai proyek yang relevan. 

Perbedaan Front End dan Backend Developer

Jika berbicara tentang backend developer mungkin Anda juga memikirkan front end developer. Keduanya memiliki tugas yang berbeda namun saling terkait satu sama lain. Front end developer mempunyai peran dalam membangun tampilan sebuah situs melalui HTML, CSS ataupun JS.

Baca Juga: Front-End Developer: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerja

Sementara back end developer akan memastikan supaya website yang dimiliki dapat berfungsi sesuai dengan konsep awalnya. Secara sederhana backend bisa diartikan sebagai juru masak pada sebuah restoran sedangkan frontend bisa diartikan sebagai waiters yang menyajikan pesanan di depan.

Hubungan keduanya dilihat dari peran penting yang dimiliki backend developer. Backend developer adalah seorang yang bertugas untuk mengelola website di sisi sever. Apabila tugas yang dilakukan mengalami masalah maka pekerjaan front end akan otomatis berimbas.

Jadi menjadi backend developer ini harus dipelajari dengan benar. Itulah beberapa penjelasan lengkap tentang profesi backend developer beserta tugas dan skill yang harus dimiliki.

Related Articles