Technical Skill Adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Mengembangkannya

Tidak dapat dipungkiri bahwa seiring berkembangnya waktu mendapatkan pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit pasalnya persaingannya yang semakin ketat. Tidak hanya berlaku bagi kandidat saja namun perekrut juga saling berebut untuk memperoleh kandidat terbaik bagi perusahaannya. 

Dalam hal ini technical skill wajib dimiliki, technical skill adalah sebuah kemampuan teknis yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas tertentu. Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu technical skill yuk simak penjelasan berikut. 

Pengertian Technical Skill

Technical skill adalah suatu kemampuan teknis yang dapat diterapkan secara spesifik pada suatu pekerjaan. Kemampuan tersebut diperlukan dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan yang memerlukan pemahaman mendetail serta tingkat kemampuan tertentu. Dalam hal ini technical skill masuk ke dalam hard skill sebab dapat dipelajari seiring dengan berjalannya waktu melalui pelatihan ataupun pengalaman kerja. 

Pengertian Technical Skill

Perlu diketahui bahwa industri yang memerlukan skill yang satu ini yaitu di bidang IT baik itu kemampuan dalam hal programming, data science ataupun web designing. Tidak hanya di bidang digital saja namun kemampuan ini ternyata juga banyak dimanfaatkan di sektor non-digital contohnya perawat dalam membaca data kesehatan pasien maupun saat memeriksa tanda-tanda vital. 

Contoh Technical Skill

Anda mungkin cukup penasaran apa saja contoh skill yang termasuk pada kemampuan teknis ini.  

Contoh Technical Skill

Software development

Seperti yang diketahui sekarang ini sudah banyak bisnis yang memiliki pelayanan secara online. Oleh sebab itu, kemampuan software development ini diperlukan. Skill yang satu ini lebih fokus terhadap pengetahuan mengenai bahasa pemrograman yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak untuk keperluan tertentu. 

Data science

Hampir semua industri menggunakan data dalam berbisnis baik data statistik mengenai tren pasar maupun analisis produk. Walaupun data dapat diakses dengan muda namun tetap saja sebuah perusahaan akan memerlukan karyawan yang memiliki skill ini dalam mengumpulkan maupun mengorganisir serta membaca data. Selain itu kemampuan data mining maupun analisis statistik serta predictive modelling juga sangat diperlukan pada bidang ini. 

Cloud computing

Cloud computing memungkinkan para pengguna dalam mengakses perangkat lunak ataupun penyimpanan data melalui internet. Jadi sistem ini tidak lagi melalui penyimpanan tradisional atau manual yang dilakukan di mesin penyimpanan seperti server. 

Pada beberapa tahun belakangan ini banyak perusahaan yang sudah memanfaatkan sistem cloud yang dinilai dapat mengurangi biaya dalam hal tempat fisik penyimpanan. Jadi perekrut sekarang ini banyak yang mencari profesional yang ahli terhadap cloud computing. 

Manfaat Technical Skill

Manfaat yang dimiliki technical skill cukup banyak sekali, berikut ini adalah penjelasannya. 

Membuat Anda lebih produktif

Manfaat dengan dimiliki technical skill adalah membuat Anda lebih produktif. Produktivitas menjadi poin penting bagi suatu individu ketika bekerja. 

Dengan memiliki produktivitas yang baik maka pihak perusahaan akan semakin percaya terhadap hasil kerja yang Anda lakukan. Bonusnya Anda juga dapat memperoleh kenaikan jabatan sampai kenaikan gaji. 

Mudah mendapatkan pekerjaan

Dengan memiliki kemampuan teknis ini Anda akan mendapatkan nilai jual yang tinggi sehingga Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan kemampuan yang dimiliki ini Anda akan terlihat sebagai kandidat terkuat dan berharga karena memiliki peluang yang besar untuk diterima kerja pada perusahaan tersebut. 

Seberapa Penting Technical Skill?

Perlu diketahui bahwa apa pun industri maupun bidang yang Anda jalani, mempunyai technical skill adalah kunci keberhasilan karier serta kesuksesan sebuah bisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kemampuan teknis ini penting dimiliki dalam berkarier. 

Menjaga karier masa depan

Dengan memiliki kemampuan teknis ini, karier Anda akan terjamin di masa depan. Seperti yang diketahui saat ini hampir semua pekerjaan serta bisnis bergantung pada teknologi. Jadi dengan skill yang berkaitan dengan teknologi ini yang Anda miliki akan membuat karier Anda cemerlang di masa depan. 

Membuat Anda semakin percaya diri

Kemampuan teknis juga akan membuat Anda semakin percaya diri dalam menjalani pekerjaan Anda. Apabila Anda bekerja di bidang teknologi, perusahaan tentu akan berekspektasi terhadap performa yang Anda miliki. Oleh karena itu dengan memahami teknologi dan kemampuan teknis yang dimiliki akan membuat Anda yakin menjalani pekerjaan tersebut. 

Bekerja lebih efisien

Dengan keterampilan yang dimiliki serta rasa percaya diri akan membuat Anda bekerja lebih efisien dan kompeten. Jadi Anda akan terhindar dari perasaan-perasaan khawatir terhadap ketidapahaman akan teknologi. 

Cara Mengembangkan Technical Skill

Cara Mengembangkan Technical Skill

Berdasarkan penjelasan di atas Anda tentu semakin mengetahui pentingnya memiliki kemampuan teknis ini. Lalu bagaimana cara mengasah skill yang satu ini supaya lebih meningkat? Yuk simak penjelasan berikut. 

Mengikuti program pelatihan dari perusahaan

Cara pertama Anda bisa mengikuti berbagai program pelatihan yang disediakan khusus oleh perusahaan. Biasanya banyak perusahaan yang menyediakan program pelatihan khusus bagi karyawannya. Jadi Anda tak boleh bosan-bosan mengikuti program pelatihan yang diadakan oleh masing-masing perusahaan. 

Mengikuti pelatihan online

Cara selanjutnya Anda juga bisa mengikuti berbagai pelatihan online di luar perusahaan. Salah satunya dari Coding Studio, kursus online yang satu ini menyediakan berbagai paket kelas untuk upgrade skill IT Anda supaya mahir teknologi. Jadi bagi Anda yang ingin mengembangkan technical skill Anda bisa mengikuti kelas di Coding Studio ya. 

Demikian penjelasan lengkap mengenai technical skill. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa technical skill adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pekerja berupa kemampuan teknis yang fokus terhadap kemampuan serta pengetahuan yang diperlukan individu.