Contoh Penerapan Data Science di Industri 4.0

Di zaman yang serba digital ini, data adalah salah satu komponen penting dalam menggerakkan industri 4.0 di Indonesia. Setiap aktivitas masyarakat Indonesia pun sudah tidak dapat dipisahkan lagi dengan data, mulai dari belajar hingga berbisnis. Meskipun begitu, data tidak bisa secara langsung menyatu dengan aktivitas masyarakat Indonesia, loh! Data harus diolah terlebih dahulu agar dapat menjadi sebuah solusi yang menyatu dengan aktivitas-aktivitas tersebut.

Agar data yang diolah tidak melenceng dari tujuan, ilmu data science penting untuk dipelajari. Data science adalah ilmu khusus yang bertujuan untuk mengolah data-data atau informasi dalam jumlah besar. Nah, hasil olahan inilah yang akan menjadi solusi yang tepat dan menguntungkan dari segi bisnis. Apakah kamu masih penasaran dengan data science? Yuk, cek contoh-contoh penerapan data science di industri 4.0 di bawah!

1. Sistem Deteksi Penipuan

Penerapan Data Science
Photo by integrity-asia.com

Kasus penipuan adalah salah satu kasus kejahatan yang sering kali merugikan berbagai pihak, baik secara personal maupun kelompok. Agar dapat terhindar dari kasus penipuan, perusahaan-perusahaan menggunakan data science untuk mengelompokkan data keuangan berdasarkan pola-pola. Setelah dikelompokkan, nantinya data-data yang ada akan dianalisis untuk mencari pola-pola yang berpotensi menjadi kasus penipuan.

2. Pengemudi Otomatis

Photo by pandaily.com

Dengan adanya kendaraan bermotor, masyarakat Indonesia sudah dapat bepergian dengan waktu tempuh yang relatif lebih singkat. Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang digunakan oleh kendaraan pun terus mengalami peningkatan. Nah, apabila kamu sering mengikuti perkembangan teknologi, kamu pastinya sudah bisa menebak perusahaan teknologi mana yang memiliki produk kendaraan dengan fitur pengemudi otomatis. Asal kamu tahu, penerapan fitur ini berkaitan dengan data science, loh!

3. IOT Manufaktur

Penerapan Data Science
Photo by research.aimultiple.com

Pastinya tidak sedikit perusahaan yang menggunakan data science untuk berinovasi. Dari sekian banyaknya perusahaan, perusahaan manufaktur adalah salah satu perusahaan yang menerapkan ilmu data science. Melalui data science, perusahaan manufaktur dapat terbantu dari sisi waktu pembuatan produk, menekan biaya produksi, dan beradaptasi sesuai dengan data-data yang diterima. Hal ini akan berperan secara langsung dengan meningkatnya efisiensi produksi.

4. E-Commerce

Penerapan Data Science
Photo by smartnewsdaily.com

Apakah kamu suka belanja di toko online? Jika kamu suka, maka selamat! Kamu sudah menggunakan teknologi yang menjadi salah satu penerapan data science. Kamu akan sering menemukan penerapan ini di etalase-etalase penjual, yang mana sistem akan mengolah data-data real-time yang kamu miliki dan mencocokkannya dengan produk yang ada di etalase penjual. Setelah itu, produk penjual yang sesuai akan direkomendasikan kepada dirimu.

5. Algoritma Game

Penerapan Data Science
Photo by analyticsvidhya.com

Bagi kamu yang suka bermain game, pastinya kamu akan merasa cepat bosan dengan game yang kurang menantang. Nah, melalui data science, data-data yang berisikan performa bermainmu akan diproses oleh algoritma. Lalu, tingkat kesulitan game akan disesuaikan berdasarkan hasil proses tersebut. Dengan adanya algoritma ini, pemain akan merasa lebih tertantang untuk bermain. 

Itulah contoh-contoh penerapan data science di industri 4.0. Apakah kamu tertarik untuk mengenal lebih dekat dengan data science? Jika kamu tertarik, maka kebetulan banget nih kamu bisa mulai belajar data science di Coding Studio! Oh iya, masih banyak hal keren lainnya loh yang bisa kamu lakukan di dunia data science. Jadi, jangan lupa untuk selalu update dengan blog Coding Studio ya!