7 Cara Meningkatkan Customer Experience dengan Omnichannel

7 Cara Meningkatkan Customer Experience dengan Omnichannel

Cara meningkatkan customer experience dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti mempelajari preferensi pelanggan, memaksimalkan integrasi saluran komunikasi, personalisasi pesan dan sebagainya. Omnichannel sangat berguna untuk meningkatkan pelanggan dengan memberikan pesan sampai treatment yang dipakai oleh bisnis untuk menjangkau pelanggan.  

Kehadiran aplikasi omnichannel sangat berguna untuk memberikan pengalaman kepada pelanggan secara mudah melalui berbagai saluran. Bagi Anda yang memiliki bisnis dan menggunakan aplikasi omnichannel perlu meningkatkan customer experience dengan baik. Nah, di bawah ini beberapa penjelasan selengkapnya tips meningkatkan customer experience melalui omnichannel.  

7 Cara Meningkatkan Customer Experience Paling Jitu 

7 cara atau tips meningkatkan customer experience dengan omnichannel yang paling jitu bagi bisnis Anda adalah: 

1. Mempelajari Preferensi Pelanggan

Mempelajari preferensi dan juga kebiasaan pelanggan merupakan salah satu hal penting dalam meningkatkan customer experience. Anda harus mengetahui saluran komunikasi yang biasanya mereka gunakan dan sukai hingga waktu yang tepat melakukan interaksi dengan pelanggan. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui survei atau riset kepada pelanggan. 

Caranya Anda bisa memanfaatkan aplikasi omnichannel untuk mendukung hal tersebut. Jika Anda mengetahui preferensi pelanggan dengan lengkap, maka Anda bisa mengirimkan pesan sesuai persona pelanggan dan targetnya dengan mudah. Hal ini juga akan membuat pesan yang mereka dapatkan lebih mudah dipahami dan ditangkap.  

2. Memaksimalkan Integrasi Saluran Komunikasi 

Customer experience juga dapat ditingkatkan dengan cara memaksimal integrasi saluran komunikasi yang ada. Anda harus memastikan semua saluran komunikasi yang digunakan sudah terhubung atau terintegrasi menyeluruh. Pelanggan bisa berpindah antar saluran tanpa harus ketinggalan kualitas atau layanan konteks dengan cara ini.  

Selain itu, Anda juga tidak akan kesulitan untuk memilih saluran yang tepat untuk diintegrasikan. Umumnya seluruh saluran komunikasi favorit pelanggan dapat diintegrasikan dengan baik melalui aplikasi omnichannel yang Anda manfaatkan. Pastikan juga Anda memilih layanan omnichannel terbaik dan terpercaya untuk mengembangkan bisnis dengan baik.  

3. Sinkronasi Data Pelanggan

Cara meningkatkan customer experience selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan sinkronasi data pelanggan. Anda perlu melakukan sinkronasi data pelanggan di semua saluran agar memastikan semua informasi yang mereka dapatkan konsisten. Dengan cara ini, akan membuat pelanggan tidak harus mengulangi informasi maupun menjelaskan lagi konteks yang sama ketika beralih ke saluran yang lainnya.  

Cara ini juga akan dibantu dengan integrasi CRM, yang nantinya sinkronasi data tersebut akan dipermudah. Anda bisa melakukan proses lead generetion dan juga memudahkan Anda memperoleh revenue bisnis lebih besar dikemudian hari.  

4. Personalisasi Pesan

Manfaatkan data pelanggan yang sudah Anda dapatkan sebelumnya untuk melakukan personalisasi pesan serta penawaran yang dikirim dengan saluran omnichannel. Pastikan juga Anda memberikan konten yang spesifik serta relevan kepada setiap pelanggan. Selain itu, Anda juga perlu memastikan dengan preferensi serta sejarah mereka.  

Konten maupun pesan secara personal bisa membuat pelanggan jadi memahami nilai yang diberikan oleh bisnis atau brand milik Anda. Apabila nilai yang Anda berikan sesuai apa yang dimiliki pelanggan, maka hubungan pelanggan dengan bisnis bisa terjalin dengan baik dan semakin kuat. Selain itu, Anda juga perlu memastikan layanan pelanggan sudah sesuai.  

Anda bisa memanfaatkan layanan chatbot yang disediakan oleh omnichannel untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan melalui fitur chatbot yang simpel dan dapat disesuaikan dengan lintas saluran yang Anda gunakan.  

5. Automatic Response and Scheduling Pesan

Anda bisa memanfaatkan alat penjadwalan otomatis untuk mengatur serta mengirim pesan di waktu yang tepat. Hal ini juga akan membuat Anda bisa mengirimkan pesan secara relevan di waktu yang tepat, berdasarkan dengan preferensi pelanggan. Anda juga harus memeriksa lagi jam produktif pelanggan agar bisa mengirimkan pesan di waktu yang tepat dan juga mengikuti jam produktif terbaru.  

Anda dapat mengirimkan pesan di jam-jam produktif pelanggan sebab bisa meningkatkan open rate dari pesan yang Anda kirimkan. Cara ini secara tidak langsung bisa mempengaruhi promosi produk yang Anda lakukan.  

6. Responsif

Cara meningkatkan customer experience berikutnya adalah sebagai pebisnis Anda harus bisa menanggapi interaksi dengan pelanggan secara cepat dan konsisten di seluruh saluran komunikasi yang Anda gunakan. Hal ini sangat penting untuk membuat pelanggan Anda merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Otomatis cara yang Anda lakukan akan meningkatkan customer experience di semua saluran.  

Anda juga harus bisa memberikan solusi dan bantuan yang relevan terhadap masalah maupun pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan. Jadi aktif dengan pesan atau pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan akan membuat mereka merasa puas.  

Anda juga dapat membuat respons otomatis menggunakan template message. Hal ini bisa Anda lakukan untuk memberikan respons kepada pelanggan dengan cepat dan mereka tidak merasa diabaikan.  

7. Evaluasi dan Inovasi

Customer experience juga dapat ditingkatkan dengan mengevaluasi dan inovasi. Pastikan Anda selalu melakukan evaluasi dan meningkatkan pengalaman omnichannel sesuai dengan umpan balik dari pelanggan serta tren industri. Carilah cara terbaru untuk meningkatkan kualitas pengalaman dan layanan kepada pelanggan.  

Adanya layanan omnichannel bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk meningkatkan customer experience, sebab di sana banyak produk layanan yang bisa Anda gunakan, seperti CSAT survei. Hasil survei yang Anda peroleh bisa menentukan langkah yang tepat untuk ke depannya melalui bentuk strategi layanan pemasaran, layanan pelanggan sampai inovasi produk.  

Jadi seperti itulah 7 cara meningkatkan customer experience yang harus Anda coba melalui layanan omnichannel. Bagi Anda yang ingin meningkatkan customer experience salah satunya harus menguasai skill digital marketing. Anda bisa mengikuti kursus digital marketing beginner di Coding Studio. 

Related Articles