Cara Buat Game dari Nol untuk Pemula

Siapa yang tidak suka bermain game? Hampir sebagian besar orang pasti suka bermain game, hal ini dikarenakan game memiliki kelebihan dan daya tarik yang kuat sehingga pengguna akan memiliki rasa penasaran dan tertantang untuk mencobanya. Membuat game ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan, bahkan kita bisa membuat game sendiri. nah, disini akan dijelaskan berbagai cara buat game bagi pemula yang dimulai dari nol.

cara buat game

Belajar cara membuat game sederhana mulai dari nol merupakan sebuah proses yang menyenangkan sekaligus dapat membawa manfaat yang berguna. Semakin populernya game yang bisa dimainkan di perangkat smartphone, membuat banyak orang mulai mempelajari cara buat game dengan tipe permainan mereka sendiri dan menjualnya.

Oleh karena itu, saat ini, banyak terdapat game dengan tipe permainan yang sangat beragam di toko aplikasi baik yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar. Pada dasarnya, game – game tersebut dibuat dengan cara yang berbeda namun tetap memiliki konsep yang sama.

buat game

Sebelum belajar tentang bagaimana cara membuat game sesuai dengan tipe permainan dan konsep yang Anda ciptakan sendiri, Anda setidaknya harus belajar dan memahami cara coding menggunakan sedikitnya satu bahasa pemrograman, terutama jika Anda ingin belajar tentang bagaimana cara kustomisasi tampilan dan konsep untuk game yang Anda ciptakan.

Bahasa pemrograman merupakan hal yang sangat penting karena itu adalah hal paling dasar dari pembuatan sebuah game, oleh karena itu, belajar cara buat game sederhana mulai dari nol membutuhkan pemahaman soal coding menggunakan bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman yang Dipakai dalam Buat Game Sederhana

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa bahasa pemrograman merupakan hal yang sangat penting dalam membuat game. Membuat game yang bisa dimainkan di perangkat seluler dapat menggunakan berbagai bahasa pemrograman.

Jika Anda sudah menguasai dan memahami bahkan hanya satu saja bahasa pemrograman, maka Anda sebenarnya sudah memiliki bekal yang cukup untuk membuat sebuah game seluler. Namun, untuk beberapa jenis game yang lebih kompleks untuk dimainkan di perangkat komputer atau console game, Anda akan membutuhkan pengetahuan dan penguasaan bahasa pemrograman yang lebih luas dan lebih rumit.

Berikut ini, beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan, antara lain:

  • JavaScript
buat game

Bahasa pemrograman pertama yang sering digunakan dalam membuat game yaitu JavaScript. Belajar tentang bagaimana cara buat game menggunakan JavaScript sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda dapat membuat game seluler dengan desain dan konsep Anda sendiri secara sederhana dengan menggunakan kombinasi bahasa pemrograman JavaScript, HTML dan CSS.

Saat ini, bahkan sudah banyak orang yang menguasai cara menggunakan bahasa pemrograman JavaScript yang artinya mereka sudah memiliki setidaknya salah satu kemampuan dasar yang dibutuhkan dalam pembuatan game dengan desain dan konsep mereka sendiri.

  • Java

Bahasa pemrograman yang sering digunakan dalam membuat game berikutnya yaitu bahasa pemrograman Java. Java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer untuk membuat game di perangkat seluler dengan sistem operasi Android. Anda dapat menggunakan bahasa pemrograman Java untuk membuat game yang dapat dikustomisasi tampilan dan mekanismenya dengan menggunakan Android Studio.

Sebuah video game yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman Java juga sangat efisien, cepat dan juga mudah dipersonalisasi. Pada dasarnya, Java adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan mudah digunakan.

  • Swift

Berikutnya, yaitu bahasa pemrograman Swift. Jika Java merupakan bahasa pemrograman untuk sistem operasi Android, Swift merupakan bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan aplikasi dan game di perangkat seluler dengan sistem operasi iOS.

Swift sendiri merupakan salah satu bahasa pemrograman yang tergolong cukup baru dan diciptakan khusus untuk perangkat dengan sistem operasi iOS. Bahasa pemrograman ini pun menjadi favorit di kalangan para programmer pemula yang mempelajari bagaimana cara buat game untuk pertama kali.

  • Bahasa Pemrograman C

Selanjutnya, bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan game adalah bahasa pemrograman C, C#, dan C++. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi atau game yang lebih kompleks dan lebih rumit.

Sebagian besar game yang dimainkan di perangkat komputer atau console game dibuat dengan menggunakan kombinasi bahasa pemrograman C, C#, dan C++. Bahasa pemrograman ini pun sangat kompleks dan cukup sulit untuk dipelajari terutama untuk seorang pemula. Oleh karena itu, jika Anda ingin memulai karier sebagai pembuat aplikasi, software, atau game dengan serius, disarankan untuk mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman ini.

Langkah-langkah dalam Membuat Game Sendiri Dari Nol

buat game

Cara membuat game sendiri dari nol sebenarnya merupakan kegiatan yang menyenangkan dan sangat berguna. Terlebih saat ini popularitas bermain game di android sudah meningkat dan banyak digunakan di seluruh dunia. Anda bisa melakukan menjual dan membuat game Anda sendiri.

Agar bisa membuat sebuah game sederhana dari nol, Anda harus mempelajari dari dasar. Saat pertama kali mempelajari caranya, Anda mungkin akan sedikit terlihat sulit dan sangat menantang, namun, Anda tetap tidak dianjurkan untuk menyerahkan proyek Anda dalam membuat game kepada orang lain yang sudah ahli karena Anda harus benar – benar mempelajari semuanya dari dasar.

Baca Juga:  11 Rekomendasi Game Offline Untuk Android

Selain bahasa pemrograman yang menjadi dasar utama membuat game dengan desain dan konsep Anda sendiri, berikut ini terdapat panduan beberapa langkah – langkah dalam membuat sebuah game sederhana dari nol.

  1. Melakukan riset dan konsep game yang ingin dibuat

Langkah pertama yang bisa kita lakukan ialah dengan melakukan riset terhadap konsep game yang ingin dibuat. Melakukan sebuah riset dan mencari informasi terkait keterampilan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat game menjadi kenyataan. Selain itu, kita juga perlu mengetahui fitur apa saja yang digunakan. Anda perlu memikirkan tentang tipe dan konsep game seperti apa yang ingin Anda buat serta fitur apa yang akan Anda bangun dan ciptakan dalam game. Lakukan riset dan cari tahu mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk menjadikan game Anda menjadi kenyataan.

  1. Membuat sebuah dokumen desain

Setelah Anda memiliki konseptualisasi tentang seperti apa game yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu membuat dokumen desain. Dokumen desain merupakan garis besar sebuah game secara singkat, misalnya konsep, tampilan, dan hal apa yang harus dilakukan untuk membuat game tersebut. Untuk dapat membuat sebuah dokumen desain, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Keterampilan

Keterampilan yang kita miliki merupakan modal yang sangat penting, karena jika kita tidak memiliki keterampilan maka kita perlu membayar mahal untuk mempekerjakan orang mengerjakan dokumen desain ini.

  • Bahasa

Selain keterampilan, kita juga perlu memperhatikan bahasa yang digunakan, maka dengan ini akan membantu kita dalam membuat spesifikasi proses dalam pembuatan game

  • Tampilan dan fitur game

Selanjutnya ialah tampilan dan fitur game, jika kita ingin dapat mengubah berbagai fitur game di masa depan maka kita perlu memperkirakan hal apa saja yang perlu untuk diperhatikan.

3. Menentukan software

Langkah selanjutnya dalam cara buat game dan membuat game yang Anda inginkan terwujud yaitu menentukan software. Untuk game sederhana yang dimainkan di perangkat seluler dengan sistem operasi Android tidak membutuhkan software spesifik. Namun, untuk game yang memiliki tingkat kerumitan yang lebih tinggi, akan membutuhkan software yang lebih spesifik seperti software desain dan software 3D.

  1. Memulai pemrograman

Setelah Anda menentukan software yang akan Anda gunakan, langkah berikutnya yaitu memulai coding. Beberapa game dengan tipe permainan dan desain yang kompleks akan membutuhkan aplikasi pembuat game, namun, beberapa game seluler sederhana tidak membutuhkannya. Anda hanya perlu menentukan bahasa pemrograman yang digunakan dan selanjutnya Anda bisa mulai membuat game yang sudah Anda rancang.

  1. Mengetes game dan mulai pemasaran

Langkah terakhir, Anda perlu melakukan pengujian atau tes untuk game yang sudah Anda buat. Melakukan pengujian atau tes ini bertujuan untuk memeriksa dan menyingkirkan bug. Proses ini memakan waktu cukup lama, oleh sebab itu, Anda harus bersedia meluangkan banyak waktu untuk melakukan pengujian atau tes.

Setelah Anda cukup yakin dengan game yang Anda buat, saatnya memasarkan. Itulah pembahasan mengenai cara buat game sederhana yang bisa Anda lakukan mulai dari nol. Proses marketing atau penjualan juga tidak terlalu sulit, dimana kita bisa menyewa seorang konsultan pemasaran untuk menangani hal ini.

Skill yang Harus Dimiliki untuk Membuat Game

cara buat game

Membuat sebuah game merupakan kegiatan yang gampang-gampang susah, sehingga kita perlu memiliki skill dasar yang harus dikuasai. Adapun beberapa skill yang harus dimiliki untuk cara buat game, diantaranya ialah:

  • Bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman merupakan skill yang harus dimiliki, kita bisa memilih bahasa pemrograman yang paling sederhana untuk pemula.

  • Software

Software yang akan digunakan untuk cara buat game juga perlu diperhatikan. Setelah menentukan software yang akan digunakan maka kita bisa mempelajari cara kerja software secara otodidak di internet, karena saat ini sudah bayak tersedia berbagai tutorial nya. Kita bisa mencontohkan proses pembuatan dengan menggunakan software yang dipilih untuk dapat mempermudah dalam hal praktek.

  • Framework

Framework merupakan suatu perangkat yang digunakan untuk membantu dalam hal menulis baris kode, dengan menggunakan bantuan dari framework maka kita bisa menuliskan kode jauh lebih cepat, mudah, serta dapat terstruktur dengan rapi.

  • Memiliki problem solving yang baik

Dalam proses cara buat game bukanlah suatu proses yang mudah, kita biasanya akan menemukan kendala dan kesulitan yang cukup rumit. Oleh karena itu pembuat game perlu memiliki kemampuan dalam mengatasi masalah yang ada dengan baik dan penuh dengan solusi, dengan memiliki problem solving baik maka kita bisa meminimalisir masalah yang ada dengan baik serta bijak.

Hanya saja setiap game membutuhkan keterampilan dan juga pengetahuan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya tergantung dengan jenis game nya. Hal yang paling penting ialah kita perlu sebuah skill yang diasah dengan baik. Jika kita memiliki skill yang mumpuni maka masalah sebesar apapun akan dicarikan solusi terbaik nya

Cara Membuat Game: Apa Saja Hal yang Harus Diperhatikan?

cara membuat game

Untuk mewujudkan keinginan Anda dalam membuat game, mulailah dari belajar cara membuat gamesederhana terlebih dahulu, sehingga Anda dapat terus berkembang untuk membuat game yang lebih rumit. Jika Anda tertarik untuk membuat game mobile Anda sendiri, berikut ini beberapa hal yang bisa dijadikan panduan sebelum memulai membuat game.

  • Menentukan ide

Hal pertama yang perlu Anda pikirkan sebelum membuat game yaitu menentukan ide. Ide tersebut meliputi genre yang ingin Anda usung dalam game yang Anda buat. Genre dalam game sangatlah beragam, mulai dari game dengan konsep VR, action, FPS (first person shooter), 2D platformer, battle royale, RPG, dan masih banyak genre lainnya.

Baca Juga:  6 Keuntungan Mempelajari Game Development

Setelah menentukan ide tentang genre yang akan Anda usung dalam game Anda buat, Anda perlu memikirkan tentang keunggulan dan daya tarik dari game yang Anda buat. Hal teknis dalam game seperti efek suara, konsep visual dan penggunaan musik dalam game buatan Anda pun juga harus dipikirkan dengan baik.

  • Tools yang digunakan

Hal berikutnya yang perlu Anda lakukan sebelum membuat game yang bisa dimainkan di perangkat smartphone Android adalah menentukan serta menginstall tools atau alat dasar yang diperlukan karena dalam cara membuat game di perangkat Android perlu menggunakan tools dasar.

Tools dasar yang sering digunakan dalam membuat game di perangkat Android yaitu Android SDK (Soft Development Kit)dan IDE (Integrated Development Environment) Android Studio yang merupakan tools resmi untuk pengembangan aplikasi dan game di Android.

Kedua tools tersebut sangat memiliki fungsi yang sangat penting, namun dalam penggunaannya, diperlukan pemahaman tentang bahasa pemrograman Java. Tools tersebut juga memiliki keunggulan yaitu menyediakan akses ke akselerasi perangkat keras dengan standar API OpenGL atau Vulkan.

  • Pemilihan Engine Grafik
cara membuat game

Dalam membuat game baik yang sederhana maupun rumit, dapat lebih dipermudah dengan menggabungkan IDE dengan engine grafik. Engine grafik tersebut adalah Unity dan Unreal yang populer di kalangan pengembang karena menawarkan antar muka yang mudah bagi seorang pemula yang baru belajar mengembangkan game.

Perbedaan antara keduanya yaitu Unity menggunakan bahasa pemrograman C# yang cocok untuk pengembangan game jenis 2D yang cukup sederhana. Game yang dihasilkan dengan engine grafik Unity ini pun tidak terlalu boros penggunaan sumber dayanya, sehingga game yang dihasilkan dapat dimainkan di perangkat smartphone dengan sistem operasi Android.

Sementara Unreal lebih cocok untuk digunakan dalam pengembangan game dengan jenis grafik 3D yang memiliki detail grafis yang cukup rumit. Unreal menggunakan bahasa pemrograman C++ sehingga game yang dihasilkan dapat dimainkan di perangkat komputer atau PC dan juga konsol game.

Unreal karena menawarkan grafis yang canggih dan juga rumit, membutuhkan penggunaan sumber daya yang lebih besar yang jika ingin dimainkan menggunakan perangkat smartphone, membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

  • Mulai mengembangkan game

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan dalam pembuatan game Android adalah mulai mengembangkan game yang Anda buat dengan desain dan konsep yang Anda miliki dan berbagai tools yang sudah Anda persiapkan. Proses pengembangan game ini akan membutuhkan pemahaman dalam menggunakan bahasa pemrograman dan juga pemahaman algoritma yang baik. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan sumber daya lain seperti lagu tema atau theme song, efek suara, logo, dan sebagainya.

Dari penjelasan di atas, mungkin cara membuat game terdengar rumit karena harus memahami bahasa pemrograman, coding, dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak menguasai tentang coding maupun bahasa pemrograman yang baik karena Anda tetap bisa membuat game Anda sendiri tanpa penguasaan coding maupun bahasa pemrograman.

Berikut ini, contoh dari aplikasi atau situs web yang bisa Anda gunakan untuk membuat game.

  • AppsGeyser

AppsGeyser adalah sebuah situs web yang memungkinkan Anda untuk membuat game sendiri tanpa menggunakan coding dan menawarkan fitur menu yang cukup sederhana sehingga mudah dipahami dan Anda pun dapat membuat sebuah game Anda sendiri melalui situs ini dengan cepat. Cara membuat game dengan menggunakan AppsGeyser dapat Anda lakukan dengan mengunjungi situs web AppsGeyser melalui browser komputer Anda.

  • Quickappninja

Quickappninja merupakan salah satu situs yang cukup populer di kalangan para pembuat game tanpa harus menggunakan coding dan bahasa pemrograman. Adapun cara membuat game menggunakan Quickappninja, yang pertama harus Anda lakukan adalah mendaftar pada situs Quickappninja terlebih dahulu, kemudian pilih opsi menu Create Game Now, memilih tipe game, kemudian melakukan editing pada game yang sudah Anda pilih tadi, dan terakhir yaitu melakukan setting pada game yang sudah Anda buat tadi.

  • Draw Your Game

Membuat game dengan Draw Your Game ini terbilang cukup unik. Anda bisa menggunakan gambar yang Anda buat sendiri di kertas dan kemudian ditempatkan ke dalam game yang ingin Anda buat. Jadi, cara membuat game menggunakan Draw Your Game ini Anda membutuhkan beberapa bahan, antara lain gambar dari game yang ingin Anda buat di kertas aplikasi Draw Your Game yang Anda unduh melalui perangkat Android. Itulah sedikit pembahasan mengenai cara membuat game android untuk pemula yang bisa Anda coba untuk membuat game dengan tipe dan konsep yang Anda inginkan.

Demikianlah beberapa informasi terkait cara buat game yang mudah bagi para pemula, dengan artikel ini diharapkan untuk para pembaca bisa lebih kreatif lagi dalam mengasah skill agar impian bisa membuat sebuah game bukanlah suatu hal yang mustahil. Selamat mencoba semoga berhasil!

Cara Bikin Game dengan Stencyl

Saat ini Anda sudah mengetahui langkah cara bikin game sendiri itu menyenangkan dan mendalam dengan memanipulasi objek dan logika. Bisa dikatakan Anda tidak akan menyentuh garis code sama sekali. Untuk cara bikin game dengan menggunakan Stencyl, maka Anda perlu siapkan berikut ini:

Baca Juga:  Algoritma Adalah: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Rencanakan game

  • Mulai tulis deskripsi dasar, Anda perlu memiliki garis dasar tentang apa yang akan Anda lakukan dengan game milik Anda secara tertulis, sehingga Anda bisa melihat dengan menyambi mengerjakannya.
  • Buat gambar beberapa sketsa, Buatlah gambar rancangan dasar layar yang Anda inginkan. Tidak diharuskan detail, namun ide yang dimiliki memang dari berbagai elemen dan berguna.
  • Lakukan pemilihan metode untuk membuat game, Anda perlu melakukan pemilihan metode yang akan Anda gunakan untuk membuat game. Salah satunya adalah dengan menggunakan Stencyl, dimana alat ini bisa membangun game dengan script objek.

Langkah gunakan Stencyl

cara bikin game
  • Instalasi Stencyl pada perangkat Anda. Stencyl merupakan sebuah program dalam pembuatan game yang tidak membutuhkan coding atau apapun itu. Anda nantinya akan menggunakan berbagai peralatan logika guna memanipulasi objek yang ada di game.
  • Stencyl bisa digunakan dengan bebas biaya dengan ketentuan Anda memang ingin menerbitkan game secara online. Sama dengan yang lain, versi gratis akan terdapat logo dari Stencyl yang muncul di awal.
  • Mulai buat game baru. Saat pertama membuka Stencyl maka Anda akan diperlihatkan beberapa game yang direkomendasi untuk Anda. Game ini bisa Anda gunakan sebagai contoh dan Anda bisa melihat cara kerjanya.
  • Saat memulai membuat game maka Anda bisa mulai dengan klik kotak dengan garis pada titik berlabel “Click here to create new game”.
  • Lanjut dengan pemilihan Kit. Kit yang disediakan sudah mengandung aset dan objek yang memang siap untuk bisa membantu Anda membangun dan menjalankan game lebih cepat dan mudah.

Cara bikin game dengan pemilihan kit, maka Anda bisa pilih “Blank Game”. Di sini Anda bisa mencontoh kit yang sudah dibuat oleh pengguna yang lainnya.

  • Masukan atau input informasi game. Sebelum masuk ke dalam pembuatan game, maka Anda perlu memasukkan beberapa informasi seperti:
  • Nama : Nama dari game yang Anda buat
  • Ukuran layar: ukuran layar yang akan mempengaruhi seni. Jika bingung, coba gunakan ukuran lebar 640 px dan tinggi 480 px.
  • Kenali dahulu tata letak. Anda perlu mengenali tata letak yang ditampilkan dari Stencyl. Pada bagian Dashboard akan ditampilkan game yang bisa Anda akses sumbernya. Disini Anda juga bisa mengubah pengaturan dari game. Pengaturan yang bisa dilakukan, yaitu:
  • Scene atau adegan : di sini akan menunjukkan game sebenarnya dengan semua aset.
  • Resources atau sumber : daftar dari semua objek dan aset ada di sini. Anda bisa temukan aktor, latar belakang, font, adegan, logika, bunyi, dan tileset.
  • Settings atau pengaturan : Anda diperbolehkan untuk menyesuaikan bagaimana game bisa bekerja, mulai dari kontrol, gravitasi, tabrakan, layar, dan lain sebagainya.
  • Ciptakan aktor. Setiap permainan pasti akan membutuhkan sebuah aktor, dimana aktor merupakan objek yang bisa bergerak atau bisa diajak berinteraksi di dalam game. Anda pasti akan membutuhkan aktor untuk setiap objek yang ada di dalam game.

Saat membuat aktor, maka Anda bisa klik opsi “Actor Types” pada menu Resources. Kemudian pilih aktor yang Anda inginkan. Ada beberapa opsi pilihan saat membuat aktor, antara lain:

  1. Buat aktor pemain dan musuh: Anda perlu membuka Actor Editor > Tab Properties > Pilih group
  2. Pilih tingkah laku (berjalan, lompat, menginjak) : Klik Tab Behaviors > Klik Add Behavior > Pilih Kelakuan > Choose.
  3. Lakukan pengaturan kontrol: gunakan menu untuk memilih kunci yang akan menggerakkan aktor ke kanan dan kiri.
  4. Cara bikin game dengan buat sebuah adegan. Adegan merupakan sebuah peristiwa yang akan dilihat oleh pemain saat memainkan game tersebut. Pada bagian ini akan terlihat latar belakang, objek, dan aktor.

Jika Anda ingin membuat adegan baru, maka Anda bisa klik Scenes pada Resources > Klik Kotak Bergaris > masukan adegan baru. Jika Anda ingin mengganti beberapa komponen, maka Anda bisa mulai dengan tools ini, yaitu:

  1. Background atau latar belakang: klik Create
  2. Tile atau ubin: Klik dan geser dengan menggunakan mouse untuk meletakkan ubin.
  3. Letakkan aktor: Klik Tab Actors dan beralih ke aktor yang tersedia.
  4. Tambahkan gravitasi : Klik Tab Physics pada jendela > masuk ke dalam kotak Gravity > input 85 untuk mensimulasi gravitasi bumi nampak nyata.
  5. Lakukan pengujian game: Jangan langsung puas dan melakukan penyebarluasan. Alangkah lebih baik Anda mencoba game yang sudah Anda buat. Untuk bisa menguji game maka Anda bisa gunakan tombol Test Game pada layar atas untuk mencoba.
  6. Tambahkan kelebihan: jangan terlalu sama dengan game sebelumnya, sehingga Anda bisa coba tambahkan seperti tingkat tantangan, waktu dan hal lainnya.
  7. Buat Site Lock: unggah game yang sudah Anda buat dan gunakan site lock untuk mencegah game dimainkan saat tidak berada di situs yang tidak diperbolehkan. Anda bisa klik pada bagian Game Settings > Loader > Site Lock.

Mudah sekali bukan untuk membuat game secara online yang tidak membutuhkan pengetahuan mendalam tentang dunia coding. Masih ada cara bikin game yang mudah dengan menggunakan Stencyl yang bisa diakses secara gratis. Tunggu apalagi? Ciptakan game sesuai kreativitas Anda sekarang juga.

Tertarik belajar cara buat game dari nol? Dapatkan promonya segera!

Related Articles