Belajar Android Studio Lengkap untuk Pemula

Saat ini penggunaan teknologi pada smartphone semakin meningkat dan sudah menjadi sebuah kebutuhan primer yang hampir mayoritas orang akan memilikinya. Android juga masih merajai dunia pasar sistem operasi, sehingga tidak ada salahnya jika Anda belajar Android studio.

Terlebih dengan peminatan orang terhadap Android masih sangat tinggi di pasaran, tentunya kita harus berlomba membuat aplikasi yang bisa digunakan pada Android. Dengan perkembangan teknologi inilah, sebagai developer dituntut untuk tidak ketinggalan inovasinya dalam bidang aplikasi-aplikasi terbaru.

belajar android studio lengkap

Android studio yang akan dibahas di sini adalah beberapa hal yang terkait mulai dari definisi, penggunaan, fitur, hingga instalasi program yang bisa digunakan. Cara Belajar Android Studio Lengkap bisa mulai dari download dan dipasang dengan spesifikasi tertentu yang cocok dengan perangkat keras Anda.

Definisi dari Android Studio

Android studio merupakan Integrate Development Environment atau IDE yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia menjadi Lingkungan Pengembangan Terpada yang mendukung proses dalam pembuatan aplikasi yang berbasis mobile.

belajar android studio lengkap

Tugas mereka adalah menyediakan sebuah interface (antarmuka) untuk membuat sebuah aplikasi dan mengelola manajemen file yang nantinya akan terlihat kompleks. Hal yang bisa Anda lakukan di dalamnya adalah menulis, mengedit, dan menyimpang file proyek dengan baik.

Belajar Android Studio Lengkap termasuk salah satu hal yang menguntungkan karena bisa menambah wawasan, terlebih sudah memiliki akses untuk Software Development Kit atau SDK sehingga dapat terintegrasi secara langsung.

Alasan Belajar Android Studio Lengkap

Pasti Anda penasaran kenapa kita belajar Android Studio lengkap dan harus memilih Android studio. Tentunya semua itu terdapat alasan yang mendukung yaitu:

  • Android studio ini mampu membantu untuk mempercepat proses pengembangan aplikasi mobile sesuai dengan kebutuhan deveoper.
  • Adanya tools yang tersedia sangat mudah dipahami dan dipelajari bagi pemula. Terlebih banyak sekali dokumentasi dan juga tutorial yang berkaitan dengan proses development.
  • Terdapat Bahasa pemrograman yang native untuk melakukan penulisan kode program atau coding dari awal hingga akhir sesuai dengan kebutuhan dari developer.
Baca Juga:  Promo Bootcamp Software Engineer by Coding Studio

Dengan alasan tersebut, sudah banyak yang memilih belajar Android studio lengkap asebagai salah satu wadah untuk membuat aplikasi oleh para developer.

Fitur Menarik dari Android Studio

belajar android studio lengkap

Selain mengenal alasan orang belajar Android studio lengkap secara umum, sekarang Anda juga harus mengenal fitur yang dimiliki oleh Android studio. Fitur yang mereka sediakan tentunya bisa mendukung proses pengerjaan suatu aplikasi secara maksimal.

Fitur yang ditawarkan dari Android studio antara lain :

  1. Adanya kebutuhan dari environment yang bisa mempermudah dalam mengembangkan aplikasi Android.
  2. Adanya fitur dukungan atau support yang bisa dikembangkan pada Android TV dan wear.
  3. Adanya fitur refactoring dan build yang sudah berbasis Gradle.
  4. Adanya fitur template yang bisa menentukan tampilan desain dan juga komponen pada Android.
  5. Bisa digunakan antarmuka yang berbasis drag and drop dengan fitur editor layout.
  6. Terdapat dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform yang bisa dilakukan integrase dengan App Engine dan Google Cloud Messaging.
  7. Bisa dapatkan dukungan dari Bahasa pemrograman yaitu C++ dan NDK atau Native Development Kit.
  8. Sudah terintegrasi dengan ProGuard dan mendapat dukungan dengan proses emulator yang sudah cepat.

Cara Download dan Install Android Studio pada Windows

Jika Anda ingin menggunakan belajar Android studio lengkap secara langsung, maka Anda perlu download dan pasang pada perangkat Anda. Tutorial yang satu ini akan berlaku untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows. Dimana mereka harus mempunyai spesifikasi khusus yaitu :

  • Sudah gunakan Microsoft Windows 7 atau 8 atau 10
  • Mempunyai RAM minimal 2GB dan rekomendasi RAM 8GB
  • Adanya minimum space yang harus disediakan sebesar 2GB namun disarankan 4GB
  • Sudah mendukung penggunaan Java Development Kit atau JDK 8
  • Sudah mempunyai resolusi minimalnya 1280×800

Setelah itu, Anda bisa mulai untuk download Android studio dengan cara berikut ini :

  • Kunjungi situs resmi dari Android
  • Kemudian dapatkan SDKnya
  • Lakukan proses running aplikasi, dis ini Anda membutuhkan JDK pada situs web resminya
  • Saat proses download, pastikan penyimpanan komputer atau laptop Anda tercukupi agar prosesnya berjalan baik tanpa adanya kendala.
Baca Juga:  Mengenal Teori Gestalt Dalam Design UI serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jika sudah didapatkan aplikasi dari Android studio, maka Anda perlu melakukan install pada laptop atau komputer Anda dengan langkah berikut ini :

  • Buka Installer dari Android studio yang telah Anda download sebelumnya, kemudian tekan tombol Next.
  • Selanjutnya, Anda bisa lakukan pemilihan komponen apa saja yang memang ingin Anda install. Jika Anda pemula, disarankan untuk pilih semua atau default dan kemudian tekan Next.
  • Kemudian akan muncul tampilan License Agreement, di sini Anda perlu memilih Agree. Kemudian Anda tentukan lokasi dari penyimpanan aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika sudah selesai, tekan Next dan tunggu proses selesai dengan tanda tulisan Welcome lalu klik Next.
  • Pilih opsi standard dan dilanjutkan dengan proses install SDK. Lakukan hingga selesai dan akan muncul tampilan window dari Android Studio.

Selesai sudah proses pemasangannya pada sistem operasi yang menggunakan Windows dan Anda sudah bisa memulai untuk belajar Android Studio lengkap.

Android Studio masih bisa dipasang pada sistem operasi yang lain seperti Linux dan iOS. Tentunya setiap sistem operasi ini mempunyai spesifikasi tertentu yang harus diikuti agar Android Studio bisa terpasang pada perangkat Anda.

Panduan Belajar Android Studio Lengkap

Setiap tutorial dalam pembuatan aplikasi yang berbasis Android pasti akan diusahakan menggunakan IDE Android Studio dengan versi yang terbaru. Untuk Anda yang pemula dalam Android Studio dan ingin mempelajarinya, maka Anda bisa siapkan basic pada diri Anda terlebih dahulu seperti :

  1. Menguasai pemrograman OS atau operating system dari Android
  2. Sudah mengenal dan mengetahui cara penggunaan Intent dan Activity pada Android Studio
  3. Sudah mengenal dan memahami macam-macam layout yang sering digunakan pada aplikasi yang ada di Android.
  4. Sudah mengenal dan mengetahui penggunaan widget-widget yang ada di Android Studio
  5. Sudah mengenal dan menerapkan Material Design yang ada di Android

Dasar tersebut yang harus Anda kuasai saat memulai membuat aplikasi terbaru untuk Android dengan menggunakan Android Studio.

Setelah menguasai beberapa hal di atas maka Anda bisa mencoba praktek membuat aplikasi-aplikasi yang sederhana dengan menggunakan Android studio. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengikuti kursus yang memang membahas bagaimana langkah pembuatan aplikasi dengan belajar Android Studio lengkap.

Baca Juga:  Apa itu ASP? Pengertian, Fungsi dan Cara Belajarnya

Jika Anda ingin belajar Android Studio lengkap secara otodidak, maka Anda bisa menemukan banyak sekali tutorial dalam membuat aplikasi secara online yaitu melalui video YouTube atau media online lainnya. Untuk lebih mahir, Anda perlu langsung mempraktekkannya langsung.

Jangan cepat menyerah untuk belajar Android Studio, memang akan terkesan sulit, membingungkan, banyak rintangan, hingga kegagalan. Namun itu semua bisa menjadi bahan pelajaran untuk diri Anda untuk bisa menciptakan aplikasi yang benar-benar bisa digunakan untuk Android.

Semoga informasi ini bisa membantu Anda yang masih awam dunia Android Studio, cek link ini untuk dapatkan kursus online terbaik belajar Android Studio.

Related Articles