Spyware Pegasus: Pengertian, Cara Kerja dan Cara Menghindarinya

Spyware Pegasus Pengertian, Cara Kerja dan Cara Menghindarinya

Informasi terkait apa itu spyware pegasus memang ramai diperbincangkan di Indonesia akhir-akhir ini. Keberadaan aplikasi penyusup ini secara diam-diam mengumpulkan informasi tanpa menyentuh apa pun cukup membuat semua orang khawatir.

Pengertian Spyware Pegasus

Dilihat dari pengertiannya, Spyware pegasus adalah aplikasi penyusup yang digunakan untuk memantau kegiatan perangkat pada saat digunakan, mengecek pesan masuk dan email hingga mengakses mikrofon dan kamera melalui gadget. Aplikasi ini dinilai cukup canggih karena tanpa membujuk seseorang untuk mengklik tautan, dapat melihat data-data secara detail pada perangkatnya.

Pengertian Spyware Pegasus

Dikembangkan oleh NSO group, fungsi dari spyware pegasus adalah dapat digunakan dalam mengumpulkan informasi dari perangkat yang terinfeksi. Informasi tersebut diantaranya adalah media, dokumen, daftar kontak, lokasi pengguna hingga data penting lainnya.

Apa Ciri-ciri Spyware Pegasus?

Pada awalnya, untuk memperoleh informasi data secara keseluruhan, calon korban harus klik surel yang dikirimkan oleh penyusup. Namun, seiring dengan waktu perkembangan aplikasi ini sangat signifikan.

NSO group menyematkan fitur zero-click pada aplikasi spyware pegasus. Melalui fitur tersebut, spyware pegasus bisa aktif dan menginfeksi ponsel tanpa perlu izin dari pengguna perangkat.

Nah, untuk mengetahui perangkat ponsel Anda terkena spyware atau tidak, kenali ciri spyware pegasus berikut:

  1. Baterai ponsel terkuras lebih cepat.
  1. Ponsel ter-reset dan shutdown secara acak.
  1. Muncul notifikasi yang tidak biasa.
  1. Terdapat panggilan masuk dari sumber yang tidak dikenal.
  1. Proses reboot yang lama.
  1. Penggunaan ruang penyimpanan meningkat.
  1. Performa ponsel makin melambat.
  1. Layar ponsel tiba-tiba menyala padahal ponsel pada keadaan mode tidur.
  1. Muncul file dengan extension yang tidak biasa.
  1. Muncul aplikasi yang meragukan dan tidak pernah dipasang oleh pemilik ponsel.
Baca Juga:  Ethical Hacking Adalah? Pengertian, Peran dan Skill yang Dibutuhkannya

Mengenal ciri dari spyware pegasus adalah langkah awal dalam melindungi dan mengamankan data yang bersifat sensitif. Selain itu, Anda juga dapat mencegah sebelum merambah ke perangkat Anda.

Bagaimana Cara Kerja Spyware Pegasus

Bagaimana Cara Kerja Spyware Pegasus?

Dikenal sebagai aplikasi penyusup, cara kerja Spyware Pegasus dapat melalui 2 mekanisme. Mekanisme tersebut adalah:

1. Pesan Singkat (Imessage)

Spyware pegasus membagikan tautan ke situs webnya melalui pesan singkat. Apabila Anda mengklik tautan tersebut maka spyware pegasus akan menjebol perangkat secara keseluruhan dan mengambil data penting.

2. Serangan Click Zero

Serangan click zero menjadi serangan spyware pegasus yang paling menyeramkan. Dengan memanfaatkan celah pada imessage, penyusup masuk melalui kiriman pesan.

Tanpa membutuhkan interaksi atau persetujuan pengguna. Tujuan dari cara spyware pegasus adalah untuk mengambil data secara penuh atas sistem operasi perangkat baik dengan menggunakan rooting dan jailbreaking.

– Rooting

Istilah rooting digunakan untuk aplikasi android dalam mengunduh aplikasi game yang tidak resmi. Selain itu, rooting juga digunakan untuk mengaktifkan kembali fungsi-fungsi yang dinonaktifkan oleh setelan pabrik.

– Jailbreaking

Sedangkan Jailbreaking dapat digunakan bagi pengguna IOS untuk mengunduh aplikasi yang tidak terdapat pada apps store. Selain itu juga sering digunakan untuk membuka kunci agar perangkat tersambung pada jaringan seluler alternatif.

Anda tidak perlu khawatir kesulitan dalam menggunakan jailbreaking. Ada banyak cara dalam menjalankannya dimana membutuhkan ponsel yang terhubung dengan komputer setiap kali dihidupkan.

Rooting dan jailbreaking berfungsi untuk menghapus kontrol keamanan yang terdapat pada perangkat baik iPhone atau android. Kedua cara tersebut melibatkan perubahan konfigurasi dan peretasan dari setiap sistem operasi dalam menjalankan kode yang berhasil dimodifikasi.

Dalam spyware pegasus, ketika peretas berhasil membuka kunci perangkat maka akan menyebarkan software lebih lanjut dan mengamankan penggunaan akses jarak jauh.

Hal ini tentu membuat pengguna perangkat tidak sadar. Namun, jika proses tersebut gagal, biasanya spyware pegasus akan meminta izin pada pengguna sehingga dapat melakukannya secara efektif.

Bagaimana Cara Menghindari Spyware Pegasus

Bagaimana Cara Menghindari Spyware Pegasus?

Berikut cara menghindari spyware pegasus yang paling tepat adalah:

Baca Juga:  Search Generative Experience (SGE) Google: Fitur Baru Google

Hindari Tautan dari Sumber Tidak Terpercaya

Pada perangkat Apple, spyware pegasus disebarkan melalui link imessage. Meskipun demikian, pastikan Anda mengenali sumber dari tautan tersebut.

Hindari mengklik tautan melalui sumber yang tidak terpercaya. Biasanya, dalam penipuan di jaringan internet, penipu akan mengirimkan malware atau virus melalui link-link yang disebarluaskan melalui email atau aplikasi komunikasi lainnya.

Perbarui Perangkat Secara Berkala

Pastikan Anda memperbarui perangkat menggunakan patch dan peningkatan yang relevan. Anda juga tidak boleh mengandalkan pembaruan sistem dari notifikasi yang masuk pada perangkat.

Anda dapat memeriksa sendiri pembaruan sistem yang ditawarkan apalagi jika pabrikan perangkat Anda tidak menyediakan pembaruan. Dengan begitu, tingkat keamanan pun akan semakin meningkat.

Batasi Akses Fisik pada Perangkat

Anda dapat membatasi akses fisik pada perangkat Anda termasuk ponsel. Anda dapat menjaga kerahasiaan pin, sidik jari dan penguncian wajah pada perangkat ponsel yang dimiliki.

Hindari Layanan Publik Wifi Gratis

Adanya wifi gratis mungkin menjadi kesempatan bagi Anda dalam menjelajah jaringan internet hingga sosial media dengan menyenangkan. Namun, hal ini ternyata dapat mengakses informasi bersifat sensitif pada perangkat Anda. Penggunaan VPN adalah solusi terbaik apabila Anda menggunakan jaringan seperti itu.

Enkripsi dan Aktifkan Fitur Penghapus Jarak Jauh

Fitur penghapus jarak jauh sangat bermanfaat apabila terjadi hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Pada saat perangkat hilang atau dicuri, Anda akan memperoleh kepastian bahwa data yang ada dalam perangkat tersebut tetap aman.

Spyware pegasus adalah ancaman yang perlu dihindari. Oleh karena itu, Coding Studio hadir sebagai tempat belajar dunia IT secara luas dengan mentor bertaraf internasional. Jadi bagian dari kelas eksklusif Coding Studio sekarang dan siap mengikuti perkembangan dunia digital.

Related Articles